Apa manfaat lidah buaya untuk rambut?

Aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk perawatan tubuh, termasuk pada rambut. Ada lebih dari 75 nutrisi serta manfaat lidah buaya untuk rambut lebih sehat.

Jika kamu bermimpi untuk memiliki rambut sehat berkilau, lidah buaya bisa menjadi salah satu solusinya. Manfaat lidah buaya untuk rambut tak perlu lagi diragukan. Apa manfaat lidah buaya untuk rambut?

image

1. Membuat Rambut Berkilau
Rambut kusam bisa dialami oleh orang yang sering terpapar sinar matahari dan polusi. Jika kamu ingin memiliki rambut berkilau, kamu bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya. Sebab, manfaat lidah buaya untuk rambut salah satunya yaitu membuat rambut lebih berkilau alami.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Jika kamu menderita rambut rontok, maka lidah buaya menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk mengatasinya. Manfaat lidah buaya untuk rambut rontok parah terbukti dari kandungan enzim proteolitik di dalam lidah buaya yang secara alami merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, lidah buaya juga bisa memperkuat akar rambut, sehingga rambut rontok pun berkurang.

3. Melindungi Rambut dari Polusi Lingkungan
Partikel-partikel di dalam polusi akan merusak rambut. Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut yakni membentuk lapisan pelindung di rambut dan membuatnya aman dari bahaya polusi. Lidah buaya juga membuat rambut terhidrasi secara konsisten.

4. Hilangkan Gatal dan Iritasi Kulit Kepala
Saat kulit kepala gatal, kamu pasti akan langsung menggaruknya agar gatal itu hilang. Namun jika kamu menggaruk terlalu kuat, alhasil kulit kepalamu justru akan terluka dan iritasi. Nah, manfaat lidah buaya juga tak hanya untuk rambut, tapi juga bisa untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi kulit kepala karena lidah buaya mengandung sifat anti-pruritik yang kuat.

5. Hilangkan Ketombe
Ketombe bisa muncul karena berbagai hal, bisa karena makanan, rambut yang jarang dibersihkan, atau karena salah memilih shampo. Ketombe juga kerap membuat kepercayaan diri menurun. Nah, salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut yakni dapat mengurangi bahkan menghilangkan ketombe. Sebab, lidah buaya memiliki sifat anti-jamur yang kuat.

6. Kurangi Kulit Kemerahan Setelah Cukur Rambut
Lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Sifat ini bisa mengurangi kemerahan dan peradangan setelah mencukur rambut.

7. Kembalikan Keseimbangan pH Rambut
Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya yakni mengembalikan keseimbangan pH rambut. Diketahui bahwa tingkat pH yang ada di dalam lidah buaya berada di kisaran yang sama dengan yang dibutuhkan oleh rambut.

8. Melembapkan Rambut
Orang yang pernah melakukan smoothing, rebonding atau pernah terpapar zat kimia biasanya akan cenderung kering. Manfaat lidah buaya untuk rambut smoothing yakni sebagai kondisioner dan juga sebagai pelembap rambut. Kamu bisa mencampurkan lidah buaya dengan almond oil untuk hasil yang lebih baik.

Lidah buaya memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Kebaikan ini muncul berkat aloe vera yang mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc .

Tak heran apabila banyak manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa didapatkan. Mulai dari mengatasi rasa gatal, menguatkan helai rambut, hingga menambah kilauan rambut. Mari simak penjelasannya:

1. Mengurangi gatal di area kulit kepala

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa didapatkan adalah mengurangi gatal di area kulit kepala. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh dermatitis seboroik atau yang lebih dikenal dengan ketombe.

Dermatitis seboroik adalah suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala meradang dan mengelupas. Akibatnya, muncullah ketombe.

Peradangan tersebut bisa dikurangi dengan penggunaan lidah buaya. Pasalnya, tanaman ini memiliki kandungan asam lemak yang bersifat antiradang, sehingga dapat membuat kondisi kulit kepala terasa lebih baik.

2. Memperbaiki rambut rusak

Rambut rusak umumnya ditandai dengan dengan kondisi rambut yang kering, kasar, dan bercabang. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang tak tepat, hingga terlalu sering menata rambut.

Untuk mengurangi kondisi rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi di dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki kerusakan rambut.

3. Mengatasi rambut berminyak

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut berminyak. Kondisi ini bisa muncul akibat produksi minyak berlebih di kulit kepala serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang biasa digunakan.

Dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut, produksi minyak berlebih pada rambut dapat dikendalikan. Rambut pun menjadi lebih sehat dan lembut.

4. Memperkuat helaian rambut

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam lidah buaya berperan dalam memperkuat sel-sel rambut. Selain membuat rambut tampak berkilau, helai-helainya pun tidak mudah patah.

5. Mengurangi kerontokan rambut

Lidah buaya yang mengandung vitamin B12 dan asam folat. Kedua nutrisi ini berfungsi mengurangi kerontokan rambut

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang terkenal adalah merangsang proses tumbuhnya rambut. Ketika mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, aliran darah pada kulit kepala akan meningkat. Inilah yang membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

7. Membuat rambut tampak sehat berkilau

Di samping menutrisi rambut, lidah buaya juga akan membantu dalam mempertahankan kesehatan rambut.

Jus lidah buaya menawarkan banyak manfaat untuk rambut alami. Pertumbuhan rambut yang sehat mungkin merupakan salah satu manfaat terbaik dari semuanya. Lidah buaya mengandung polisakarida alami yang membantu memperkuat dan menebalkan rambut, dan Anda bahkan dapat meminumnya untuk tambahan nutrisi rambut.

Berikut ini adalah rincian beberapa manfaat rambut yang paling bermanfaat:

  1. Menghaluskan Kutikula Rambut
    Lidah buaya membantu untuk menutup kutikula, yang mengarah ke peningkatan kilau dan mengurangi gesekan antar ikal. Lidah buaya memiliki sifat penyegelan yang efektif yang memberikan penampilan rambut Anda sehat. Menghaluskan rambut Anda bisa sangat bermanfaat bagi alami karena dapat membantu rambut ikal meluncur melewati satu sama lain alih-alih kusut dan kusut.

  2. Menembus dan Menghidrasi Poros Rambut
    Lidah menyimpan sejumlah besar air di dalam daunnya. Bahkan, jika Anda melihat label beberapa shampo paling alami, mereka terkadang mencantumkan buaya sebagai pengganti air sebagai bahan pertama. Aloe menyembuhkan, seperti air, dan dapat menembus helai rambut dan memberikan poros nutrisi yang dibutuhkannya.

  3. Pertumbuhan Rambut
    Kemampuan untuk menyembuhkan kulit kepala dan memperbaiki folikel rambut mengarah ke rambut yang lebih tebal, dan Anda akan melihat kecambah pertumbuhan baru dalam beberapa minggu setelah menggunakan tanaman. Lidah buaya menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengatur lingkungan untuk pertumbuhan rambut yang fantastis.

  4. Menutrisi Kulit Kepala
    Lidah buaya adalah salah satu hal pertama yang disarankan untuk menyembuhkan luka bakar kulit, dan untuk alasan yang baik. Ini bertindak cepat untuk menembus keratin pada kulit dan rambut dan mengirimkan nutrisi yang memperbaiki dan menyembuhkan kerusakan. Itu sama dengan kulit kepala Anda. Apakah Anda memiliki bintik-bintik gatal atau sakit di kulit kepala Anda? Oleskan lidah buaya untuk memperbaiki dan mengembalikan kulit. Ini anti-inflamasi dan memberikan bantuan segera.

  5. Menghilangkan Ketombe
    Banyak wanita menderita ketombe akibat kulit kepala kering atau pertumbuhan berlebih ragi Malassezia. Menyemprotkan jus lidah buaya ke kulit kepala akan membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit dan melawan ketombe. Bahkan, menambahkan lidah buaya ke resep DIY Anda akan membantu menyeimbangkan pH campuran. Seperti yang mungkin Anda ketahui, memiliki pH 4,5-5,5 adalah kunci untuk mencegah pertumbuhan berlebih Malassezia dan ketombe.

  6. Frizz berkurang
    Semua wanita keriting menjadikannya prioritas untuk memerangi keriting, dan lidah buaya dapat membantu. Asam amino dalam lidah buaya membantu mengontrol rambut yang tersesat dan menghaluskannya menjadi pola keriting yang lebih jelas. Faktor hidrasi juga membantu menenangkan rambut kusut dan membantu rambut Anda terlihat lebih berkilau.

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini mudah ditemui di kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya memang seperti kaktus, namun isi dari daunnya sendiri sangat berlendir. Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Daripada memakai lidah buaya secara langsung, tentu Anda lebih sering menggunakan lidah buaya dalam bentuk produk kecantikan yang tentu saja sudah melalui proses kimiawi. Nah daripada Anda harus memakai sudah dalam bentuk kemasan yang tentu saja akan mengurangi khasiat dan manfaat dari lidah buaya itu sendiri, lebih baik Anda menggunakan manfaat lidah buaya secara langsung atau dengan cara tradisional. Apa saja sih manfaat lidah buaya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak di bawah ini.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Sudah lama tanaman lidah buaya digunakan untuk rambut. Namun, sebagian orang tak begitu paham manfaat spesifiknya. Padahal, tanaman lidah buaya ini memiliki segudang manfaat bagi rambut seperti berikut ini:

  • Lidah buaya untuk menghitamkan rambut**
  • Lidah buaya untuk membuat rambut berkilau**
  • Lidah buaya untuk mencegah rambut rontok**
  • Lidah buaya untuk menguatkan akar rambut**
  • Lidah buaya untuk menghilangkan ketombe**

Selain dengan dipakai secara langsung atau tradisional, manfaat lidah buaya untuk rambut juga dapat Anda dapatkan dengan cara lain. Salah satunya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kebaikan alami lidah buaya yang juga diformulasikan dengan sea kelp dan antioksidan seperti shampo dan kondisioner dari HERBAL ESSENCES BIO: RENEW. Produk shampo dan kondisioner dengan 0% Paraben, Pewarna, dan Gluten ini juga memiliki pH seimbang sehingga aman untuk rambut yang diwarnai.

Tidak hanya itu, untuk Anda yang mengidamkan rambut yang halus dan berkilau, HERBAL ESSENCES BIO: RENEW Golden Moringa Shampoo & Conditioner patut untuk Anda coba. Sedangkan untuk memperoleh rambut yang bersih dan lebih bervolume, varian HERBAL ESSENCES BIO: RENEW White Strawberry & Sweet Mint Shampoo & Conditioner cocok untuk menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan rambut Anda.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

  • Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Dan juga kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

  • Lidah buaya untuk mengatasi iritasi

Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya.

  • Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

  • Lidah buaya untuk membasmi plak gigi

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

  • Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

  • Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

  • Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

  • Lidah buaya untuk menjaga kesehatan kardiovaskular

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

  • Lidah buaya sebagai sumber asam amino

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino Anda.

  • Lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu dengan mengkonsumsi lidah buaya, maka kebutuhan vitamin dan mineral kita akan terpenuhi.

Manfaat lidah buaya untuk wajah

  • Lidah buaya untuk membasmi jerawat
  • Lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat
  • Lidah buaya untuk mencerahkan kulit wajah
  • Lidah buaya untuk menghilangkan komedo
  • Lidah buaya untuk mengecilkan pori-pori wajah
  • Lidah buaya untuk menghaluskan wajah

Ke-enam manfaat lidah buaya untuk wajah di atas tentu sangat menggiurkan. Kenapa menggiurkan? Karena Anda bisa mendapatkan wajah yang bersih, halus, dan cerah tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan.

Caranya mudah saja :

  1. Belah lidah buaya menjadi 2 bagian
  2. Ambil bagian tengah dari lidah buaya
  3. Tempelkan atau usapkan keseluruh wajah
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bilas hingga bersih

Manfaat lidah buaya untuk kulit tubuh

  • Lidah buaya sebagai tabir surya alami
  • Lidah buaya untuk mengobati sengatan matahari pada kulit
  • Lidah buaya untuk melembapkan kulit
  • Lidah buaya untuk mencerahkan kulit
  • Lidah buaya untuk menghilangkan di kulit

Selain menggunakan untuk wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan lidah buaya pada seluruh kulit Anda untuk mendapatkan ke-lima manfaat di atas.

Manfaat lidah buaya untuk bibir

  • Lidah buaya untuk menghaluskan bibir
  • Lidah buaya untuk membuat bibir merah alami
  • Lidah buaya untuk melembapkan bibir
  • Lidah buaya untuk kulit bibir pecah-pecah

Dapatkan bibir merah merona dengan mengoleskan lidah buaya setiap hari pada bibir Anda.

Sumber

https://www.merdeka.com/sehat/30-manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-kln.html