Apa manfaat lens hood untuk kamera?

Lens hood adalah sebuah bulatan yang ada pada bagian depan optik yang dapat dilepas. Lens hood memiliki banyak manfaat apabila digunakan pada kamera. Penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar dan akan menghasilkan foto yang tentunya akan lebih sempurna.

Lens hood umumnya memiliki dua kegunaan. Pertama adalah sebagai naungan atau untuk menghindari cahaya yang terlalu kuat, sedangkan yang kedua adalah perlindungan lensa. Mari kita lihat fungsi utama penggunaan lens hood adalah memotong cahaya berlebih yang masuk melalui lensa dan melindungi lensa saat terjatuh ataupun terbentur benda keras.

Lens hood memiliki tiga bentuk yang umum. Masing-masing bentuk akan memengaruhi kemampuan lens hood dalam merintangi cahaya masuk.

Lens hood berbentuk kelopak bunga untuk jenis lensa dengan fokus zoom

Lens hood berbentuk kelopak bunga untuk jenis lensa dengan fokus zoom

Bentuk lens hood jenis kelopak disebut “ lens hood bunga”. Cukup banyak lens hood yang memiliki bentuk seperti ini. Jenis ini dapat memotong empat sudut “ lens hood bundar” yang akan diperkenalkan selanjutnya. Fungsi dari lekukan para tepi lens hood ini adalah untuk menangkap cahaya yang diperlukan dari empat sudut foto.

Alasan bahwa ada banyak lens hood bunga terkait dengan fakta bahwa ada banyak lensa zoom . Sudut pandang (rentang yang ditunjukkan dalam foto) cukup bervariasi tergantung pada panjang fokus lensa zoom . Jika lens hood bundar digunakan, bayangan lens hood akan tercermin pada beberapa panjang fokus. Dengan membuat lekukan menyerupai bunga di setiap sudutnya, lekukan itu dapat mencegah adanya pantulan dari bayangan ini.

Karena itu, sebagian lens hood untuk lensa zoom adalah lens hood berbentuk bunga. Selain itu, masing-masing produsen pembuat lens hood bunga memang sebagian besar untuk lensa zoom . Hal itu tidak akan menjadi masalah jika Anda menggunakannya.

Lens hood bundar untuk jenis lensa tunggal (lensa fix)

Lens hood bundar untuk jenis lensa tunggal (lensa fix)

Berbeda dengan lens hood berbentuk bunga, lens hood bundar ini memiliki bentuk yang cukup sederhana. Lens hood ini biasa dipasang pada lensa yang memiliki panjang fokal tunggal dan tidak memiliki fungsi zoom . Jenis lensa ini dikenal juga dengan nama lensa fix, s eperti lensa 35 mm, 50 mm, 55 mm, dan sebagainya.

Namun, lensa jenis ini memiliki lebih banyak pilihan lens hood dibanding dengan lensa zoom . Selain itu, kelebihan saat menggunakan lensa tunggal ( fix ) adalah Anda juga dapat memasang lens hood jenis apa pun selama bayangan lens hood -nya tidak muncul dan mengganggu objek gambar. Dalam kasus lens hood bundar, akan semakin menarik jika Anda bereksperimen dengan mencoba berbagai bahan.

Lens hood kubah untuk jenis lensa tunggal

Lens hood kubah untuk jenis lensa tunggal

Biasanya, karena lens hood terpasang pada ujung lensa, sepertinya panjang keseluruhan lensa akan bertambah. Lens hood jenis kubah ditandai dengan bentuk tutup yang menutupi ujung lensa.

Lens hood tipe kubah adalah jenis yang sering digunakan untuk lensa fokus tunggal yang tipis dan padat. Lens hood juga didesain sepadat mungkin supaya tidak menggangu portabilitas lensa yang ringkas. Karena itu, bagi Anda yang tidak menyukai penggunaan lens hood bundar dan bunga karena ingin terlihat lebih ringkas, Anda dapat menggunakan jenis kubah. Namun, pastikan Anda telah memeriksa apakah bayangan pada lens hood tidak masuk saat Anda menggunakannya.

Referensi

10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2023) | mybest

Manfaat Lens Hood Untuk Kamera:

  • Lensa suar
    Tujuan utama tudung lensa adalah untuk mencegah suar lensa merusak pemotretan Anda. Suar lensa adalah pantulan dari sinar matahari atau sumber cahaya yang kuat saat menyentuh bagian depan lensa Anda dan menciptakan pantulan yang menyerupai cakram mengkilap atau ‘piring terbang’ yang mengotori foto yang Anda ambil. Meskipun dalam beberapa kasus efek suar lensa kadang-kadang meningkatkan gambar, sebagian besar waktu suar lensa tidak diinginkan. Efek ini sering terjadi setiap kali Anda memotret subjek dan sumber cahaya berada di bingkai foto atau di dekat pinggiran layar jendela bidik Anda. Jadi memiliki tudung lensa menaungi lensa depan Anda dan membantu ketika ada sumber cahaya yang kuat di belakang subjek adegan yang Anda potret.

  • Peningkatan kontras
    Menggunakan tudung lensa memberi Anda peluang lebih besar untuk mempertahankan kontras gambar yang Anda ambil. Memiliki sumber cahaya yang kuat di depan kamera memungkinkan beberapa cahaya yang membentuk gambar atau cahaya menyimpang memantul dari elemen lensa depan. Jika mungkin tidak menyebabkan lensa suar tetapi dapat membuat silau. Ini mengganggu cahaya pembentuk gambar yang berasal dari subjek Anda dan memengaruhi kontras gambar. Hasilnya adalah gambar dengan rentang kecerahan yang dangkal, yang dapat terlihat kusam dan datar.

  • Perlindungan lensa
    Dengan memiliki naungan plastik panjang di depan lensa Anda, alat ini dapat memblokir benda-benda besar yang mungkin secara tidak sengaja menghalangi dan merusak lensa Anda. Seringkali, kita menggunakan penutup atau tutup lensa untuk melindungi lensa kita saat tidak digunakan. Dengan menggunakan tudung lensa sebagai pengganti tutup, kamera akan selalu berada dalam posisi siap segera setelah Anda menggunakannya untuk memotret. Ini dimainkan dengan sangat baik ketika Anda dalam keadaan siaga sambil mengantisipasi momen candid atau peluang acak yang mungkin muncul secara tiba-tiba.

Sumber:
https://www.digital-photo-secrets.com/tip/4770/important-lens-hood/