Apa manfaat kemangi bagi kecantikan?

Biasanya daun kemangi disajikan sebagai lalapan untuk teman sambal dari masakan pecel ayam, pecel lele, pepes, bebek goreng, dan beberapa jenis makanan lainnya. Namun, ternyata kemangi memiliki manfaat lain. Apa manfaat kemangi bagi kecantikan?

1. Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit wajah yang pertama adalah untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami oleh semua orang. Nah, kamu bisa memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasinya. Daun kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat.

Daun kemangi bekerja sebagai pembersih kulit alami yang dapat membantu menghilangkan kotoran, debu dan minyak berlebih pada wajah. Kamu hanya cukup mengambil beberapa lembar daun kemangi, kemudian tumbuk sampai halus. Lalu, peras untuk diambil ekstraknya kemudian tambahkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit.

Langkah selanjutnya adalah campurkan kedua bahan sampai rata, lalu terapkan masker daun kemangi ini pada seluru kulit wajah. Setelah masker daun kemangi kering dan nutrisinya meresap ke dalam kulit bilaslah dengan air hingga bersih.

2. Menjadikan Kulit Sehat dan Bercahaya

Kandungan antioksidan dalam daun kemangi dapat membantu kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya. Cara membuatnya cukup mudah, sama seperti untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat diatas. Kamu cukup ambil beberapa lembar daun kemangi lalu tumbuk sampai mengeluarkan air sari daun kemangi. Kemudian peras untuk diambil ekstrak jusnya.

Setelah itu kamu campurkan dengan 1 sendok makan gliserin. Campurkan kedua bahan tadi sampai merata. Lalu aplikasikan pada wajah sambil dipijat perlahan dengan arah rotasi selama 15 menit. Setelah itu diamkan selama 5-10 menit, kemudian cuci menggunakan air hangat sampai bersih. Ulangi proses ini dua sampai tiga kali sehari.

3. Membantu Menyamarkan Bekas Luka

Kamu merasa tidak percaya diri karena ada bekas luka di wajah yang tidak mau hilang? Coba lah menggunakan kemangi, karena manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit wajah yang selanjutnya adalah untuk menyamarkan bekas luka.

Daun kemangi merupakan salah satu bahan yang dapat menyamarkan bekas jerawat maupun bekas luka pada kulit wajah. Selain produk-produk untuk menghilangkan bekas luka yang sudah banyak dipasaran, tidak ada salahnya kamu mencoba membuat sendiri dari bahan-bahan alami yang harganya lebih bersahabat.

Ambilah beberapa lembar daun kemangi kemudian hancurkan. Peras untuk diambil ekstraknya. Lalu tambahkan satu sendok makan madu, satu sendok makan air perasan lemon kemudian aduk sampai rata sehingga terbentuk seperti pasta. Oleskan masker ini pada kulit wajah, diamkan sampai kering, lalu bilas denga air sampai bersih.

Sumber : https://bacaterus.com/manfaat-daun-kemangi-untuk-kecantikan-kulit-wajah/