Apa manfaat kaktus untuk kecantikan?

Identik sebagai tumbuhan yang gersang, ternyata kaktus memiliki berbagai manfaat yang berguna untuk kecantikan. Apa manfaat kaktus untuk kecantikan?

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata kaktus? Secara sepintas, pikiran kamu mungkin akan langsung tertuju pada tanaman berduri yang tumbuh di gurun pasir. Meskipun identik dengan kondisi gersang dan iklim tropis, tanaman yang mampu menahan volume air ini rupanya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit.

Mencegah Penuaan Dini
Berkat kandungan anti-oksidannya yang berlimpah, kaktus mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Salah satu jenis anti-oksidan yang dapat kamu temui pada kaktus adalah betalains, yakni anti-oksidan super yang dapat mengurangi pembentukan garis halus dan keriput. Kaktus juga kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit.

Mengikat Cairan pada Kulit
Salah satu penyebab menurunnya kesehatan kulit adalah kurangnya kadar kelembapan. Hal ini dapat disebabkan banyak hal, mulai dari dehidrasi, hingga terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari. Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah ini, coba gunakan produk yang memiliki kandungan kaktus, deh! Berkat kemampuannya menyimpan volume air, tanaman berduri yang satu ini secara efektif dapat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Saat digunakan pada skin care, kaktus bahkan dapat mencegah evaporasi pada epidermis sekaligus bertindak sebagai pelembap.

sumber: