Apa manfaat jaringan Komputer?

Jaringan komputer merupakan ( computer network) atau sering disebut jaringan merupakan dua buah simpul ( umumnya berupa simpul ) atau lebih ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagai kekuatan pemrosesan.Nah , Apa manfaat jaringan komputer ?

image

Jaringan Komputer pada dasarnya adalah untuk berbagi / sharing, entah berbagi data maupun berbagi perangkat.

Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu untuk :

  • Kebutuhan perusahaan
  • Jaringan untuk umum

1. Manfaat dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan
image
Manfaat dari jaringan komputer yang pertama berasal dari sebuah perusahaan, organisasi dan juga instansi. Tentu saja jaringan komputer bagi sebuah organisasi, perusahaan dan juga instansi akan memberikan bayak sekali manfaat bagi kelangsungan hidup dari organisasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer bagi sebuah perusahaan, organisasi dan juga instansi :

  • Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.

  • Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer

  • High reliability (kehandalan tinggi): Sistem Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.

2. Manfaat jaringan komputer untuk umum:
image

Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang mejadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:

  • Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya up to date)

  • Komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video conferene dll).

  • Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu, dll).

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat kegunaan jaringan komputer:

a. Berbagai perangkat keras
Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, Drive,dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya.

b. Berbagai program atau data
Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sbuah komputer yang bertindak sebagai server ( yang melayani omputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringak komputer, komunikasi dapat dilakukanlebih cepat. Pra pemakai komputer dapat mengairim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat berkomunikasi secara lansung melalui tulisan ( chating ) ataupun telekonferasi.

d. Memudahkan pengaksesan imformasi
Jaringan komputer memuadahakan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringan yang terbesar didunia, memungkinkan segala informasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.

Hasilnya, Jaringan Komputer membuat bisnis menjadi lebih murah (lebih sedikit perangkat), dan lebih efisien (lebih mudah mengakses data).

SUMBER :sunny:

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi digital yang memungkinkan node untuk saling berbagi data.
dengan manfaat dari jaringan itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Perusahaan / Organisasi
  2. Masyarakat Umum

Manfaat jaringan disebuah Perusahaan / Organisasi

  1. Arus informasi menjadi cepat
    Jaringan komputer membuat arus informasi dalam sebuah perusahaan atau organisasi menjadi cepat dan tidak dibatasi oleh ruang dan tempat. Informasi antara divisi atau cabang mengalir melalui jaringan komputer tersebut tanpa perlu si karyawan / staf berpindah dari tempat ke tempat yang lain hanya untuk mendapatkan sebuah informasi.
  2. Media komunikasi
    Jaringan komputer menjadi media komunikasi antara karyawan atau staf yang ada dalam perusahaan / organisasi tersebut.dengan jaringan komputer yang berupa email, chat, Video Conference dan VoIP.
  3. Keamanan data
    Jaringan komputer bisa menjamin hak akses setiap pengguna dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Sebagai contoh misalnya pimpinan bisa mengakses data yang menjadi haknya untuk diakses tetapi tidak bisa di akses oleh orang lain.
  4. Integrasi data
    Dengan adanya jaringan data yang ada didalam sebuah perusahaan atau organisasi bisa saling terintegrasi satu sama lain seperti data penjualan, data pembelian, stok gudang, keuangan dan data lainnya.
  5. Efisiensi dan penghematan
    Perusahaan atau organisasi bisa menghemat anggaran seperti transport dengan angggaran yang sifatnya bisa digantikan oleh jaringan komputer. Supaya hasil yang didapat menjadi maksimal karena adanya Efisiensi waktu dan sumber daya.

Manfaat jaringan untuk masyarakat umum

  1. Email
    Digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Setiap orang harus memiliki alamat email untuk dapat mengirim dan menerima email ke atau dari orang lain.
  2. Social media
    Merupakan komunikasi yang akhir-akhir lagi tren di dunia maya. Contoh social media yang sering digunakan adalah Facebook, twitter, Linked in dan lain-lain.
  3. Forum
    Digunakan untuk berdiskusi melalui web forum dengan berbagai macam topik dan berbagai macam orang dari berbagai negara.
  4. Video Conference
    Digunakan untuk kita agar bisa saling bertatap muka dan berinteraksi secara real time dengan rekan yang berjauhan serta bisa melakukan meeting dengan beberapa tempat.
  5. VoIP
    Digunakan untuk mentransfer suara lewat internet atau dengan kata lain VoIP sebagai solusi untuk menelpon seseorang hanya menggunakan internet tanpa pulsa.

SUMBER :

Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih dan saling terhubung. Tujuan utama dibuatnya jaringan komputer yaitu untuk saling berbagi, entah itu data ataupun perangkat. Jaringan komputer juga memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Jika bicara tentang manfaat sebuah jaringan komputer tentunya ada banyak sekali, antara lain :

  1. Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses banyak file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, misalnya jaringan internet.
  2. Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  3. Jaringan komputer membantu seseorang berkomunikasi dengan orang lain mulai dari yang domestik hingga internasional.
  4. Kita juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  5. Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  6. Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file,dan program-program.
  7. Sistem jaringan komputer juga bisa memberikan keamanan bagi penggunannya. Karena ada pemberian dan peraturan hak akses pada penggunanya.

Sumber :



Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer-komputer untuk saling berkomunikasi atau menukar data. Atau bisa diartikan sebagai kekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program–program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Jaringan komputer memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia untuk mempermudah pekerjaan setiap harinya. Berikut adalah manfaat dari jaringan komputer:

-Mempermudah Proses Berbagi Data
Dengan menggunakan jaringan komputer proses untuk berbagi data atau sharing data akan lebih cepat. Khusunya untuk perusahaan ataupun lembaga-lembaga yang membutuhkan media untuk sharing data. Mereka tidak perlu untuk menukar data secara manual tetapi bisa menggunakan jaringan komputer karena komputer mereka sudah saling terhubung. Dengan sekali klik, data dapat disebarkan dengan sangat mudah.

-Keamanan Data
Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk. Dengan menggunakan jaringan, terutama jaringan lokal, atau LAN, maka hanya komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu saja yang bisa membuka dan juga mengakses data. Oleh karena itu, sehingga dapat dikatakan data mendapatkan perlindungan yang ketat. Dengan perlindungan yang bisa dikatakan ketat, maka dapat menghindari kejadian tidak bertanggung jawab, seperti hacking dan peretasan data, yang dapat merugikan institusi organisasi atau perusahaan.

- Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date
Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Semua komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan komputer dan juga komputer server, akan memilki fitur data yang sudah terintegrasi. Hal ini tentu saja dapat membantu seluruh data yang sudah ada dan juga tersimpan akan menjadi lebih up to date, karena jika data terdapat pembaruan maka akan diketahui oleh seluruh pemakai dengan cepat.

-Dapat Mengehemat Biaya
Jaringan komputer jika sudah diterapkan dengan benar, akan menambah keuntungan termasuk dalam menghemat biaya operasional. Meskipun biaya untuk membangun jaringan komputer tidaklah murah, tetapi biaya tersebut sebanding dengan apa yang akan didapat oleh organisasi yang menerapkan jaringan komputer itu sendiri. Misalnya untuk bertukar data atau informasi biasanya manual menggunakan transportasi, tentu saja akan menmabah biaya trasnportasi. Tetapi dengan menggunakan jaringan komputer, biaya transportasi akan terpotong sangat besar dari sebelum memberlakukan jaringan komputer.

- Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan yang berada di perusahaan atau lembaga dapat dilakukan dengan mudah dapat dapat menghemat biaya. Contohnya saja seperti printer, printer merupakan salah satu elemen yang penting juga untuk dimiliki oleh sebuah lembaga. Dengan menggunakan jaringan komputer, lembaga tidak harus membeli banyak printer untuk dipakai di setiap komputer. Hal itu dapat terjadi karena dengan membeli satu printer dapat digunakan secara bersama-sama. Selain tujuan itu, tujuan lainnya dari jaringan komputer adalah dapat memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.

- Mempermudah Akses Data ke Dalam Server
Server merupakan pusat dari semua kegiatan yang ada, dan menjadi satu elemen penting di jaringan komputer. Data-data di perusahaan atau organisasi dapat diakses dengan mudah di server, karena semua data sudah tersimpan di server pusat. Jadi jika ada yang membutuhkan data penting tersebut, dapat lebih mudah untuk didapatkan atau diakses.

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer https://arigetzyu24.wordpress.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-manfaatnya/
https://dosenit.com/jaringan-komputer/manfaat-jaringan-komputer
https://arigetzyu24.wordpress.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-manfaatnya/
https://1nuy4s4.wordpress.com/pengertian-jaringan-komputer/

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih sistem komputer yang melaksanakan tugasnya dan saling berhubungan satu sama lainnya. Hubungan yang dibentuk bisa dalam bentuk hubungan komunikasi seperti pesan instan, berbagi sumber daya (resource) seperti data, CPU dan hardware (CD-Rom, printer), dan akses terhadap informasi seperti web. Misalnya koneksi antara dua komputer, sehingga keduanya dapat bertukar informasi satu sama lain. Bentuk koneksi tersebut dapat melalui serat optik, kawat tembaga, gelombang mikro, dan satelit komunikasi (radio, satelit).

Tujuan daripada jaringan komputer ini adalah setiap komputer yang termasuk kedalam sistem dapat menerima dan memberikan layanan (service). Pihak yang menerima layanan disebut dengan klien (client), dan yang memberikan layanan disebut dengan peladen (server). Sehingga sistem yang terbentuk dari layanan ini disebut dengan sistem client-server, bahkan sistem ini digunakan pada hampir seluruh aplikasi pada jaringan komputer.

FUNGSI JARINGAN KOMPUTER

1. Keamanan
Jaringan komputer yang termasuk kedalam sistem memberikan sebuah layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain, sehingga terlindungi dari pengambilan hak cipta

2. Biaya
Sumber daya hardware dapat di hemat karena dapat antara hardware dan komputer dapat berbagi. Membangun jaringan dengan komputer kecil juga lebih murah daripada menggunakan mainframe. Terutama dengan menggunakan sistem client-server

3. Kehandalan tinggi
Sumber alternatif dapat tersedia kapan saja ketika dibutuhkan. Contohnya seperti aplikasi pada sebuah bank, yang mana ketika satu mesin saja tidak bekerja, maka kinerja lainnya dapat terganggu karena sumber mesin satu dengan lainnya adalah sama

4. Kecepatan
Jaringan komputer akan membuat kerjaan menjadi lebih cepat melalui fasilitas sharing nya yang memungkinkan dan memudahkan perpindahan (transfer) data antara dua komputer atau lebih

5. Manajemen pemusatan aplikasi
Pada sebuah jaringan komputer, dapat dilakukan pemusatan program aplikasi, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga untuk menginstalasi program pada masing-masing komputer. Karena semua aplikasi yang hendak diinstal dapat di programkan melalui pusat (central)nya.

6. Skalabilitas
Kinerja dapat ditingkatkan dengan cara menambah komputer server maupun client dengan mudah dan tanpa mengganggu kinerja komputer server atau client yang sudah ada lebih dulu

7. Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan kerjasama antara orang-orang yang terpisah dengan jarak. Baik untuk berkomunikasi, bahkan bertukar data.

8. Akses informasi
Informasi yang dapat diakses lebih luas, bahkan informasi bisa diakses dan didapatkan dari jarak yang jauh sekalipun.

9. Berbagi sumber
Berbagi sumber disebut juga dengan resource sharing, yaitu seluruh program, peralatan dan data yang digunakan oleh setiap orang yang termasuk kedalam sistem tanpa dipengaruhi oleh lokasi client dan servernya

10. Hiburan interaktif
Jaringan komputer juga memungkinkan orang-orang dapat mendapatkan hiburan

Source :

https://technology.blurtit.com/1274992/what-is-the-function-of-computer-network