Apa manfaat dari sifat tasamuh ?

Tasamuh berasal dari bahasa Arab, semakna dengan kata ikhtimal. Dalam istilah umum biasa disebut dengan ”toleransi”, yaitu sikap tenggang rasa, menghargai, dan menghormati orang lain dalam kehidupan bermasyarakat. Lalu, apa manfaat dari sifat tasamuh ?

Menurut bahasa, Tasamuh artinya toleransi. Menurut istilah saling menghargai antara sesama manusia. Tasamuh atau toleransi ini sendiri merupakan salah satu pilar dalam ajaran Islam. Agama Islam cinta damai dan mengajarkan kedamaian. Bangsa Arab yang dulunya merupakan bangsa yang suka bertikai antarkelompok, antarkabilah, dan antarsuku, dengan kedatangan Islam mereka menjadi bangsa yang damai.

Kunci dari perdamaian itu adalah adanya kesadaran bertoleransi antarkelompok dan antarindividu. Dengan demikian, umat Islam yang benar-benar memahami ajarannya, tentu harus bersikap toleran, baik kepada saudara-saudaranya sesama Islam maupun kepada orang yang beragama selain Islam.

" Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (QS Al-Hujurat 11)

Manfaat dari Tasamuh :

  1. Menjalin ukhuwah persatuan dan kesatuan
  2. Menciptakan keharmonisan dalam hidup
  3. Mewujudkan kerukunan
  4. Menciptakan rasa aman,damai,aman dan tentram.
  5. Menimbulkan sikap saling menghormati
  6. Menghilangkan fitnah dan kebencian.

Referensi :

Hikmah tasāmuh dalam kehidupan, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat, antara lain:

  • Mendapatkan Rahmat (Kasih Sayang) Allah SWT
    Menyayangi sesama umat manusia merupakan bentuk pengamalan dari perbuatan Allah SWT dan Rosul-Nya.

  • Meneladani Sikap yang Dilakukan Rasulullah saw
    Contohnya, beliau menetapkan Piagam Madinah yang melindungi orang yang berbeda keyakinan selama tidak memusuhi atau memerangi

  • Memperkuat Hubungan Kerabat
    Tasāmuh dapat memudahkan seseorang saling mengenal dan memahami satu dengan yang lainnya.

  • Menghilangkan Perselisihan dan Permusuhan
    Tasāmuḥ akan menciptakan suasana saling menghargai di masyarakat. Perilaku tasāmuh diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Jika seluruh anggota masyarakat telah memiliki perilaku tasāmuh, ketentraman dan keharmonisan masyarakat akan tercipta. Terapkan prinsip hormatilah orang lain jika ingin dihormati. Menghormati dan menghargai orang lain merupakan perwujudan perilaku tasāmuh dalam kehidupan bermasyarakat. Menghormati dan menghargai harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jika ada tetangga yang sedang berduka jangan membuat kegaduhan atau membunyikan tape dengan kencang. Hormati dan hargailah hak orang lain agar kerukunan dan kedamaian dapat tercapai.