Apa manfaat dari penggunaan desain algoritma dalam menyelesaikan suatu masalah ?

Algoritma

Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi. Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong), instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan “keluaran” dan berhenti di kondisi akhir.

Apa manfaat dari penggunaan desain algoritma dalam menyelesaikan suatu masalah ?

Algorithm Design adalah metode khusus untuk menciptakan proses matematis dalam proses pemecahan masalah, Jelas dari sini bahwa setiap kita mencari jawaban dari suatu masalah menggunakan pola pikir Algorithm design, jawaban yang kita peroleh akan menjadi semakin mutlak. Dengan terus-menerus berlatih menggunakan metode Algorithm design, kita akan menjadi semakin terbiasa dalam berfikir kritis untuk memecahkan suatu masalah.

Di samping itu, Algorithm design merupakan salah satu aspek dari computational thinking dimana kita perlu berlatih untuk bisa memiliki pola pikir seperti itu. Dengan mempelajari metode algorithm design, kemampuan kita untuk berfikir secara komputasi akan semakin berkembang. Tentunya setiap permasalahan yang kita temui akan dapat kita pecahkan dengan mudah. Tidak hanya masalahnya saja yang terselesaikan, namun kita juga bisa mendapatkan bonus langkah perbaikan apa yang dapat kita lakukan agar permasalahan tersebut tidak terulang lagi.

Algorithm design merupakan sebuah proses menyelesaikan masalah secara sistematis dan efektif. Jika kita sudah terbiasa melakukan algorithm design, kita dapat memiliki pengetahuan untuk memilih algoritma yang tepat sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Kemampuan untuk memodelkan masalah dengan benar juga dapat kita pelajari secara rinci dalam algorithm design. Selain itu, kita dapat memodelkan masalah dengan benar. Hal ini sangat penting bagi kemampuan kita dalam computatonal thinking karena dapat membantu kita memilih algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Algoritma yang baik memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

  1. Benar
  2. Efisien
  3. Mudah diimplementasikan

Maka, dengan melakukan algorithm design untuk memecahkan sebuah masalah, kita akan terbiasa untuk membuat solusi yang benar, efisien, serta mudah diimplementasikan.