Apa manfaat dari buah plum ?

Memiliki banyak warna yang berbeda-beda buah ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis namun enak, buah yang tekstur dagingnya mirip dengan sawo ini apa benar memiliki manfaat bagi kesehatan ?

Buah plum ada yang berwarna merah atau ungu. Buah yang dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, atau yang dikeringkan, ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Vitamin (vit.C, berbagai jenis vit. B, vit. K), mineral (kalsium, zat besi, magnesium, fluoride), phenols, dan antioksidan (beta-carotene, vit. A, E, lutein) adalah beberapa contoh kandungan yang jumlahnya tinggi pada buah plum dan olahannya.

Buah plum sendiri memiliki kandungan anthocyanins yang tinggi, yaitu salah satu senyawa phenols yang membuat nutrisi plum bisa diserap dengan mudah oleh usus kecil dan usus besar, dan kemudian mengalir dalam serum dan urine. Anthocyanins sendiri memiliki efek antioksidan alami yang sangat baik. Selain pada buah plum, senyawa ini juga terdapat pada beri, ceri, anggur, dan buah-buahan berwarna gelap lainnya.

Efek antioksidan dari anthocyanins seringkali dipercaya berhubungan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti: memiliki efek anti-radang, mencegah penyakit kardiovaskular, dan juga dapat membantu mencegah diabetes dan obesitas. Meskipun begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian terhadap manfaat antioksidan pada buah plum bagi kesehatan.

Selain manfaat dari anthocyanins, manfaat lain dari buah plum yang sudah terbukti terdapat pada kandungan vitamin dan mineral dalam buah itu sendiri.

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam plum dipercaya berperan untuk menjaga sistem pertahanan tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu vitamin A merupakan pilihan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin E juga merupakan bagian penting dari buah plum yang dipercaya berguna bagi kesehatan kulit. Selain itu, vitamin E juga berperan melindungi membran sel pertahanan tubuh.

Sumber : Manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh - alodokter.com