Apa manfaat dan khasiat Ikan Lele ?

Ikan lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar. Ikan lele termasuk ikan jenis catfish atau kata lain ikan yang memiliki kumis. Ciri dari ikan lele yaitu bentuk tubuh memanjang dan agak bulat, pada sirip dada terdapat duri yang keras dan runcing/tajam (patil), warna tubuh belang dengan kepala pipih dan terdapat kumis serta licin karena tidak memiliki sisik.

Apa manfaat dan khasiat Ikan Lele ?

Selain daging dari ikan lele yang memiliki rasa gurih dan enak, tentunya ikan ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini karena daging ikan lele banyak mengandung sumber Protein dan Gizi seperti Zat besi, Vitamin B1, dan Vitamin B2.

Adapun manfaat yang ada di ikan lele ini, yaitu:

1. Bermanfaat bagi sumber protein

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki sumber protein hewani yang cukup tinggi sekitar 20%. Khasiat atau keistimewaan sumber protein yang cukup tinggi pada ikan lele ini tidak hanya untuk menambah kadar protein pada tubuh kita, namun juga dapat di jadikan sebagai pelengkap mutu protein dalam menu makanan kita.

2. Bermanfaat akan rendah lemak

Kandungan lemak yang terkandung pada ikan lele terbilang sangat rendah dan bersifat sederhana yaitu netral atau trigliserida. Daging ikan lele yang rendah akan lemak ini terdapat pada bagian perut atau bagian tubuh paling bawah dan pada bagian hati ikan lele tersebut. Pada ikan lele ini juga terdapat kandungan lemak yang bersifat komplek, dengan demikian maka secara tidak langsung kolestrol akan ikut tertekan.

3. Bermafaat akan kandungan Omega 3

Kandungan omega 3 yang terkandung pada ikan lele ini berfungsi untuk membantu dalam proses perkembangan otak janin, dan ini snagat baik untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan omega 3 ini sangat berfungsi untuk perkembangan saraf serta penglihatan bayi.

4. Bermanfaat sebagai sumber protein pendek

Mengkonsumsi daging ikan lele sangat mudah untuk di cerna dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi ikan lele ini sangat aman bagi sistem pencernaan tubuh.

5. Bermanfaat kaya akan kandungan pospor

Sebanyak 100 gram daging ikan lele mengandung kandungan phospor mencapi 168 mg, dan lebih tinggi jika di bandingkan dengan 100 mg telur. Kandungan phosphor ini berfungsi untuk memberi energi dan kekuatan pada metabolisme pati dan lemak, membantu dalam penyerapan kalsium, membantu dalam sistesis, serta menjadi penunjang bagi kesehatan gigi dan gusi.

6. Bermanfaat untuk mempercepat proses dalam penyembuhan luka

Dengan mengkonsumsi ikan lele secara tidak langsung dapat menyembuhkan bekas luka yang terdapat pada tubuh kita atau saat pasca operasi. Bisa mengkonsumsi ikan lele ini secara rutin dan teratur saat pasca operasi namun jangan terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

7. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem syaraf

Manfaat mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dalam tubuh.

8. Bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung

Dalam menjaga kesehatan otak dan jantung ini sangatlah penting bagi kita baik untuk anak maupun orang tua. Untuk menjaga kesehatan otak dan jantung ini maka di sarankan untuk mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur, sehingga cara kerja otak dan jantung akan berjalan dengan baik.

9. Bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Masalah kesehatan pada tekanan darah yang naik turun ini di sebut hipertensi. Bisa mengoptimalkan dan menurunkannya dengan mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur. Karena salah satu manfaat mengkonsumsi ikan lele ini yaitu dapat menurunkan tekanan darah yang tidak stabil, sehingga tekanan darah akan terjaga dan stabil dengan baik.

10. Bermanfaat untuk membantu kesehatan kardiovaskuler

Salah satu penyakit yang bebahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh yaitu penyakit karbdiovaskuler. Maka penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari masalah kardiovaskuler dengan mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur.

Sumber :
https://manfaat.co/manfaat-ikan-lele.html