Apa manfaat dan keutamaan membaca surat al waqiah ?

al_quran

(anon56287618) #1

image

Disebut Al-Waqiah lantaran kata ini yang merupakan sifat dan nama hari kiamat disebutkan pada awal surah. Pada surah ini tercantum klasifikasi masyarakat menjadi dua bagian pada hari kiamat dan mendeskripsikan para hamba menjadi tiga kelompok, Sabiqun, Ashhab al-Yamin dan Ashahab al-Syimal. Kemudian menjelaskan kondisi merek di hari kiamat demikian juga nikmat-nikmat dan azab-azab yang mereka peroleh.

Apa manfaat dan keutamaan membaca surat al waqiah ?


(Pandu Damar Priambodo) #2

Al-waqiah adalah surat ke 56 yang berada di dalam jus ke 27. Di dalam surat al-waqiah terdapat 96 ayat. Dinamakan sebagai surat al-waqiah sesuai dengan ayat pertama yang ada di dalamnya yaitu al-waqiah atau yang berarti hari kiamat. Isi dari suat al-waqiah ini adalah menceritakan bagaimana hari kiamat akan terjadi dan balasannya bagi orang-orang mukmin dan bagi orang-orang kafir. Selain itu di dalamnya juga diterangkan bagaimana penciptaan manusia, api dan tumbuh-tumbuha guna menerangkan adanya kekuasaan Allah dan bahwa adanya hari kebangkitan itu memang benar adanya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw:

Barang siapa yang membaca surat al-waqiah setiap harinya maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran

Siapa yang membaca surat al-waqiah setiap malam, maka dirinya akan dijauhkan dari kesusahan dan kemiskinan selama-lamanya. Hal ini diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Mas’ud ra.

Ajarkanlah surat al-waqiah kepada istri-istrimu karena sesungguhnya surah al-waqiah adalah surat kekayaan.

Barang siapa yang membaca surat al-waqiah setiap malamnya maka dia tidak akan mendapatkan kekafiran dan kemiskinan selamanya. Surat al-waqiah adalah surat kekayaan maka ajarkan pada istri dan anak-anakmu.

Surat al-waqiah adalah amalan terbaik bagi wanita dan gadis sebagai pelindung diri dari segala kemudaratan di dunia ini dan juga terhindar dari kemiskinan.

Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah dimana saat itu sedang berbicara kepada Abdullah yang sedang sakit tenat. “ini untuk anak-anak perempuan kamu selepas kamu meninggalkan mereka. Lalu Abdullah bertanya: apakah setelah aku tiada anak-anakku akan menjadi miskin?. Sesungguhnya bacalah surat al-waqiah setiap malam. Barang siapa yang membaca surat al-waqiah setiap malam akan terhindar dari kemiskinan selama-lamanya.”

Bagi siapa saja yang membaca surat al-waqiah sebagai doa wirid maka akan diberikan kesenangan dan kemudahan selama-lamanya oleh Allah swt.

Barang siapa yang membaca surah ini sebagai kebiasaan dan membacanya pada satu malam maka dirinya akan dihindarkan dari kemiskinan.

Dengan membaca surat al-waqiah di samping mayat atau orang yang sedang mengalami sakaratul maut maka akan membantu ruh keluar dari jasad lebih cepat. Jika dibacakan di samping orang yang sedang sakit maka niscaya akan segera diberikan kesembuhan dan bila dibacakan di samping orang yang sedang bersalin atau melahirkan maka akan segera diberi kemudahan oleh Allah swt.

Barang siapa yang membaca surah al-waqiah selama 40 hari dan 40 malam maka selama itu pula rejeki akan megalir deras dari berbagai penjuru.

Untuk mendapatkan rejeki yang sangat banyak dari Allah swt maka bisa dengan melakukan amalan berpuasa selama seminggu yang dimulai dari hari jumat. Setiap selesai melakasanakan sholat fardhu bacalah 25 kali surat al-waqiah hingga hari jumat berikutnya. Pada malam jumat berikutnya setelah menunaikan solat magrib bacalah 25 kali surat al-waqiah, dan setelah selesai solat isya untuk membaca surat al-waqiah sebanyak 125 kali dilanjutkan dengan membaca solawat nabi sebanyak 1000 kali. Kemudian perbanyaklah sedekah dan tetap membaca al-waqiah setiap pagi dan malam hari. Dengan melakukan amalan tersebut niscaya rezeki akan datang dengan derasnya bak air bah bagi anda.

Amalan lain yang bisa anda lakukan adalah dengan berpuasa selama seminggu dimulai pada hari jumat dan berakhir pada hari kamis. Puasa yang dilakukan adalah dengan puasa yang tidak memakan makhluk bernyawa seperti binatang melainkan hanya makan sayur, buah dan biji-bijian saja. pada saat melakukan puasa juga setelah melakukan solat fardhu dianjurkan untuk membaca surat al-waqiah selama 25 kali dan solawat nabi sebanyak 1000 kali. Dengan amalan ini in sya allah anda akan terhindarikan dari kemiskinan seumur hidup anda.

Bagi orang yang senantiasa membaca surat al-waqiah ini setiap malam maka akan dihindarkan dari kemiskinan. Dan bila orang membaca surat al-waqiah sebanyak 14 kali setelah melaksanakan solat isya maka akan diberikan kekayaan yang melimpah ruah. Dan jika orang membaca al-waqiah sebanyak 41 kali maka senantiasa akan dikabulkan semua keinginannya dalam bentuk rezeki.

Bacalah surat al-waqiah jika sedang menemani orang yang sedang mengalami sakaratul maut karena akan memudahkan ruh keluar dari tubuh sehingga orang tersebut tidak akan merasakan sakaratul maut lebih lama. Dan jika terdapat masalah pada proses bersalin atau melahirkan juga bacalah surat al-waqiah sehingga proses bersalin akan dipermudah dan memberikan keselamatan bagi anak dan ibunya.

Bagi orang yang membaca surat al-waqiah sebanyak 3 kali setelah solat subuh dan 3 kali setelah solat isya maka in sya allah, allah akan memberikan rezekinya yang melimpah dan menjadikan anda kaya namun tetap dermawan.

Menurut fatwa dari beberapa ulama mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al-waqiah sebanyak 40 kali selama 40 hari maka senantiasa rezekinya akan terus mengalir tanpa perlu kesukaran dan rezeki yang didapatkannya akan menjadi berkah bagi orang tersebut dan orang disekitarnya juga.