Apa manfaat dan kerugian penggunaan aplikasi youtube bagi user nya?

Youtube merupakan salah satu media sosial yang cukup populer dan digandrungi masyarakat. Media satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses video maupun membaginya pada orang lain. Hal inilah yang membuatnya begitu populer sebab Youtube bisa melayani pengguna dengan berbagai kepentingan dan keperluan yang berbeda. Ada yang mengaksesnya untuk mendapat informasi seputar bisnis, hiburan, hobi, gaya hidup dan lain-lain. lalu apa manfaat dan mudarat bagi user ?


Beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak.

blokir-youtube
Namun tidak sedikit juga kekurangan yang dapat membahayakan penggunanya. Contohnya seperti banyaknya informasi yang menyesatkan. Sebaiknya anda sangat berhati-hati. Dilihat dulu apakah sumbernya sudah jelas dan sebaiknya dibaca dulu bagaimana komentar-komentar pengguna youtube yang lain tentang video tersebut. Kekurangan selanjutnya adalah bagi mereka yang memiliki koneksi internet kurang baik. Gambar akan tersendat-sendat dan membutuhkan waktu lama untuk meloading keseluruhan videonya.

Beberapa kelebihan atau manfaat yang dirasakan user Youtube adalah :

  1. Menambah Pengetahuan dan Wawasan
    Di Youtube banyak sekali beredar video edukasi yang amat bermanfaat. Bayanyak video tutorial yang dapat ditonton sehingga menambah pengetahuan. Ada juga beberapa video mengenai berbegai fakta yang belum pernah kita ketahui sehingga menambah wawasan kita.

  2. Gudangnya Entertainment
    Beragam tayangan music, komedi, drama, horor ada di youtube. Ini merupakan aplikasi yang sangat bagus untuk melepaskan sejenak penat karena pekerjaan dan tugas dan merelax kan diri dengan beragam hiburan di Youtube. Mungkin waktu anda aka habis ahnya untuk melihat bagaimana banyaknya konten hiburan di Youtube!

  3. Senantiasa Up-To-Date
    Adanya fitur Trending memungkinkan user senantiasa up date dengan beragam peristiwa yang terjadi. Dengan begitu user tidak perlu kuatir akan ketinggalan tren terbaru jika terus menerus mengunjungi Youtube. Kalau senantiasa up to date kan keren!

  4. Sarana Menyampaikan Ide, Gagasan dan Berekspresi.
    Menyampaikan beragam ide, gagasan, unek-unek, kritikan, pujian tidak hanya bisa dilakukan dengan menuliskannya di blog atau media lainnya. Dengan menjadi content creator di Youtube, menyampaikan segala isi pikiran dan berekspresi menjadi semakin mudah.

  5. Memacu user sebagi content creator untuk selalu berinovasi dan kreatif.
    Dengan berafgam usia viewers, membuat content semenarik mungkin menjadi sesuatu yang wajib… Dan kretifitas menjadi barang yang sangat amat penting dalam hal tersebut. Semakin kreatif seorang cretaor, semakin suskses pula nantinya cahnnel yang mereka kembangkan. Menarik bukan?

Beberapa Kerugian yang dirasakan user adalah :

  1. Sarana Wasting Time.
    Dengan berlama-lama didepan layar monitor menikmati beragam sajian hiburan di Youtube merupakan suatu keasyikan yang hakiki. Namun bila hal itu dilakukan terus menerus akan membuang-buang waktu saja. Kita bisa mengerjakan tugas, bekerja dan bercanda dengan keluarga. Terlalu lama menonton youtube sangat tidak baik.

  2. Terkena Video Hoax
    Dengan adanya berbagai macam video di Youtube, membuat kita bisa dengan bebas menonton video dari siapa saja. Tidak terkecuali dari orang kurang bertanggung jawab yang dengan sengaja menyebarkan berita hoax, hal ini sangat berbahaya. Hendaknya selalu melakukan cross check pada berita yang kita terima sebelum menghakiminya.

Itu dia bebagai kelebihan dan kekurangan yang dirasakan user Youtube. Selamat Malam Youtubers!