© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa manfaat Cocoa Butter untuk kulit dan bibir ?

lemak kakao

Cocoa butter (lemak kakao) merupakan sejenis lemak yang berasal dari biji kakao atau cokelat. Cara mengolah biji kakao menjadi cocoa butter adalah dengan menggiling biji kakao kemudian dipanaskan untuk memisahkan lemak dari padatan kakao. Selain untuk membuat kue atau tambahan produk makanan lain, cocoa butter juga sering dijadikan bahan pokok produk perawatan kulit.

Apa manfaat Cocoa Butter untuk kulit dan bibir ?

Beragam manfaat cocoa butter bagi kulit dan bibir, antara lain :

  1. Menjaga kulit tetap lembap dan halus
    Cocoa butter mengandung asam lemak tinggi yang dapat melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit sehingga dapat meningkatkan kekenyalan kulit. Lemak dalam cocoa butter membentuk pelindung untuk menahan kelembapan. Kandungan vitamin A, C, dan E juga dapat menjaga kelembapan kulit yang dibutuhkan saat kulit kering.

  2. Mengatasi bibir pecah-pecah
    Tak hanya melembapkan kulit, cocoa butter juga dapat melembapkan bibir Anda sehingga mampu membantu mengobati bibir pecah-pecah. Terutama karena bibir kering. Namun, pastikan produk yang Anda pilih memang dijamin aman untuk dioleskan ke bibir.

  3. Krim untuk cukuran
    Kelembapan yang diberikan oleh cocoa butter membuat krim ini dapat dijadikan sebagai pengganti untuk mencukur rambut di kaki. Menggunakan cocoa butter sebagai krim cukur rambut dapat melembutkan kulit Anda, memudahkan proses bercukur serta tidak meninggalkan iritasi.

  4. Menunda penuaan
    Cocoa butter juga kaya akan senyawa tumbuhan alami yang disebut phytochemicals. Senyawa ini dapat memperbaiki aliran darah ke kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sehingga mampu memperlambat penuaan kulit. Kandungan senyawa polifenol juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan degenerasi kulit.

  5. Mengurangi gejala-gejala masalah kulit
    Selain itu, senyawa tersebut dapat menenangkan kulit sensitif yang memiliki dermatitis atau ruam. Kandungan senyawa ini juga menjaga kekenyalan kulit, menjaga produksi kolagen, dan menjaga keseimbangan cairan kulit.
    Cocoa butter dapat mendinginkan dan memperbaiki bekas luka bakar. Selain itu, juga bisa membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari.

  6. Membantu memudarkan stretch mark
    Banyak wanita juga percaya bahwa menggunakan krim cocoa butter dapat digunakan selama dan setelah kehamilan dapat mencegah dan meminimalisir munculnya stretch mark. Meskipun masih perlu dilakukan penelitian lanjut untuk membuktikan manfaat ini, tapi salah satu penelitian telah menunjukkan bahwa krim cocoa butter bekerja lebih baik daripada krim plasebo (obat kosong, tanpa kandungan apa pun) untuk mengatasi stretch mark.

Sumber:

Berperan sebagai Antioxidant
Cocoa butter dipenuhi dengan antioxidant yang bermanfaat menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari lingkungan, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Karena radikal bebas bisa menyebabkan kulit menjadi kering, maka cocoa butter dapat melembabkan kulit dengan sangat efektif hingga lapisan terdalam kulit. Anda bisa menggunakan cocoa butter dalam bentuk minyak, cream, maupun losion.

Melembabkan Bibir
Karena cocoa butter memiliki manfaat melembabkan, maka bibir kering pun dapat diatasi dengan cocoa butter ini. Setiap saat bibir Anda terasa kering dan pecah-pecah, cukup oleskan cocoa butter pada bibir.

Cocoa butter adalah lemak sehat, termasuk lemak jenuh seperti minyak kelapa. Jumlah lemak jenuh yang dikandungnya (sebagai lawan dari lemak tidak jenuh) adalah antara 57 hingga 64 persen dari total kandungan lemak, tergantung pada jenis yang tepat.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan lemak coklat (cocoa butter) untuk keindahan kulit dan bibir anda,

Mencegah Kulit Kering dan Mengelupas

Cocoa butter dapat dijadikan sebagai pelembap kulit yang sangat baik. Cocoa butter juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit kering dari dalam. Cocoa butter adalah sumber antioksidan alami yang ditemukan dalam biji kakao (jenis yang sama yang ditemukan dalam cokelat hitam nyata yang terkait dengan manfaat seperti kesehatan jantung dan peningkatan fungsi kognitif). Lemak jenuh sangat bermanfaat untuk menyembuhkan kulit yang kering dan pecah-pecah karena mudah diserap dan tetap berada di kulit selama berjam-jam.

Ketika anda ingin menggunakan cocoa butter pada kulit Anda untuk mengobati atau mencegah kekeringan dan kulit terkelupas, cobalah mencampurnya dengan produk bermanfaat lainnya seperti minyak esensial atau argan, minyak jarak atau minyak jojoba.

Jika lemak kakao Anda menjadi padat karena disimpan di tempat yang dingin, coba gabungkan dengan sedikit air panas untuk membuatnya meleleh. Anda dapat merebus air lalu menuangkan segenggam cocoa butter diatasnya. Beberapa orang menemukan bahwa lemak kakao hitam adalah yang paling lembut dan terbaik menyebar ke kulit tanpa perlu banyak dipanaskan.

Menyembuhkan Bibir Pecah-Pecah

Salah satu cara paling populer untuk menggunakan lemak cocoa adalah pada bibir, terutama ketika anda membuat lipbalm sendiri. Hal ini dapat digunakan dengan minyak esensial seperti minyak jeruk, vanili, jeruk atau peppermint untuk membuat aroma pada bibir anda yang juga berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Cocoa butter adalah emolien, yang berarti ketika anda menambahkan lapisan lemak kokoa ke bibir Anda, maka akan berguna untuk memblokir efek suhu yang sangat dingin, kerusakan akibat sinar matahari atau panas dalam ruangan, yang dapat membuat bibir Anda kering.

Melawan Penuaan

Cocoa butter mengandung senyawa yang disebut cocoa mass polyphenol, yang menurut penelitian Gasser P, dengan judul Cocoa polyphenols and their influence on parameters involved in ex vivo skin restructuring. dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, plus menyejukkan kulit sensitif yang menderita dermatitis atau ruam. Polifenol adalah jenis antioksidan yang mampun meningkatkan kesehatan kulit baik secara internal saat dimakan atau ketika digunakan secara topikal pada kulit. Polifenol Cocoa telah ditemukan untuk melawan berbagai penyakit kronis, degenerasi kulit, kepekaan dan bahkan mutasi sel.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa polifenol memiliki beberapa indikator positif untuk kesehatan kulit, termasuk peningkatan elastisitas dan warna kulit, retensi / produksi kolagen yang lebih baik, dan hidrasi yang lebih baik. Ketika membandingkan cocoa butter dengan produk yang tersedia secara komersial, keduanya menunjukkan hasil yang positif, tetapi hanya cocoa butter yang bebas dari bahan yang berpotensi membahayakan atau dapat mengiritasi kulit anda.

Mengatasi Luka Bakar, Ruam dan Infeksi

Gosokkan sedikit cocoa butter murni pada kulit yang terbakar untuk membantu memperbaiki kulit anda. Pastikan bahwa cocoa butter yang anda gunakan adalah murni dan tidak mengandung alkohol, wewangian / parfum, atau bahan tambahan lainnya yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih meradang dan sensitif.

Cocoa butter bahkan cukup lembut untuk digunakan sebagai pengobatan alami untuk eksim atau dermatitis. Ini juga merupakan obat alami untuk masalah ruam kulit. Gel lidah buaya atau minyak esensial tea tree adalah dua tambahan yang bagus untuk diterapkan pada kulit yang terbakar atau sensitif.