Apa Manfaat Buah Jamblang?

Jamblang

Diabetes atau kencing manis adalah suatu keadaan diamana tubuh kelebihan kadar gula dalam darah, akibatnya proses penyembuhan luka cenderung lama.

Estimasi terakhir menurut IDF (International Diabetes Federation) teradapat 382 juta orang di dunia menderita diabetes di tahun 2013 dan akan meningkat menjadi 592 juta orang di tahun 2035. Salah satu cara agar penderita diabetes tidak meningkat adalah dengan cara mencegahnya. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang mampu mencegah penyakit diabetes. Terdapat satu tanaman yang mampu mencegah diabetes, tanaman tersebut adalah Jamblang.

Jamblang banyak terdapat di daerah tropis termasuk Indonesia jamblang memiliki nama latin Syzygium cumini. Buah ini banyak terdapat di Indonesia. Di beberapa daerah buah ini memiliki nama yang berbeda-beda misalnya juwet atau duwet (Jawa), jambu kalang (Minang), jambe kleng (Aceh), Jamblang (Betawi dan Sunda), dhuwak (Madura), raporapo jawa (Makasar), klayu (Sasak), alicopeng (Bugis), jambulan (Flores), jambula (Ternate)(3). Buah jamblang memiliki bentuk sedikit lonjong, berwarna ungu saat matang, memiliki biji dan memiliki rasa sepat, asam, dan sedikit manis.

Dibalik rasa yang kurang digemari, ternyata buah ini mengandung banyak nutrisi. Menurut Paul dan Shaha (2004) dalam 100 gram buah jamblang mengandung 85,9 gram air, 0,6 gram serat , 16 gram karobohidrat, 1,4 gram protein, 0,6 gram lemak, 50 miligram ß-karoten, 0,12 gram tiamin, 30 miligran asam asorbik, 21,5 miligram kalsium, 49,8 miligram magnesium, 3,5 miligram natrium, 18,5 miligram pottasium, 130 miligram kalium, 0,15 miligram zat besi, dan 0,28 miligram zink.Selain kaya nutrisi, jamblang ternyata dapat berperan sebagai antidiabetes. Biji jamblang mengandung glucocyde yang merupakan agent antidiabetes(5). Penelitian Ravi dkk (2004) menunjukkan bahwa ekstrak biji buah jamblang secara signifikan mampu menurunkan kadar gula darah, urea dalam darah, dan kolesterol.

Meskipun buah jamblang merupakan salah satu tanaman tropis dan seharusnya banyak terdapat di Indonesia, namun sekarang buah jamblang yang kaya manfaat ini mulai susah dijumpai. Hal tersebut disebabkan banyak masyarakat yang tidak tahu manfaat dari buah jamblang. Selain enggan menanam, ketidaktauan khasiat buah jamblang membuat masyarakat cenderung tidak memperhitungkan buah jamblang dan enggan mengkonsumsinya.

Sumber: