Apa manfaat belajar IPTEK (ilmu pengetahuan teknologi) untuk dunia akhirat?

Iptek

Apa manfaat belajar IPTEK (ilmu pengetahuan teknologi) untuk dunia akhirat?

Agama Islam menilai belajar dan menuntut ilmu pengetahuan adalah salah satu faktor yang dapat membuat manusia berkembang, dinamis dan menyempurna. Rasulullah Saw dalam hal ini bersabda,

“Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina (titik terjauh dunia). Lantaran setiap Muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu.”

Layanan yang diberikan oleh teknologi kepada dunia dewasa ini baik pada kehidupan material atau pemikiran dan kultural adalah hal yang tidak dapat diingkari. Salah satu contohnya, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kedokteran memberikan pelayanan yang sangat berguna bagi kesehatan dan pengobatan. Demikian juga internet, sebagaimana Anda hari ini dengan mengakses internet dalam jangkuan ribuan kilometer dapat memenuhi kebutuhan pikiran dan kebudayaan Anda sebagai indikasi dari kegunaan dan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia.

Ilmu pengetahuan duniawi ini apabila disertai dengan motivasi Ilahi maka manfaat spiritualnya akan dapat dirasakan oleh manusia; karena itu manusia membutuhkan ilmu dan pengembangannya bagi kehidupannya. Kegunaannya bagi dunia manusia tentu sedemikian jelas sehingga tidak lagi memerlukan penalaran dan argumentasi untuk menetapkannya. Setiap ilmu dan pengetahuan serta aktivitas yang tidak menghalangi manusia untuk sampai kepada Tuhan serta menyebabkan mudahnya kehidupan manusia, adalah hal-hal yang diterima dalam Islam.

Al-Quran menyatakan,

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan Kami telah melunakkan besi untuknya. Kami berfirman kepadanya), “Buatlah baju-baju besi yang besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Saba [34]:10-11)

Sumber : PERANAN IPTEK DALAM ISLAM UNTUK MENINGKATKAN IMAN MANUSIA | Belajar Ekonomi Manajemen ^_^