Apa Manfaat Belajar Algoritma?

Konsep penggunaan algoritma sudah dipakai berabad - abad bahkan sebelum masehi sekalipun. Hal itu menunjukkan bahwa ilmu ini adalah ilmu yang terus berkembang dan menjadi bagian penting dalam kehidupan karena tidak menunjukkan sama sekali bahwa akan menjadi invalid seperti halnya beberapa keilmuan lainnya. Terlepas dari itu, untuk mendalami konsep Algoritma dibutuhkan pemahaman dan pembelajaran yang mendetail, yang saya tanyakan adalah Apa sebenarnya manfaat dari belajar Algoritma itu sendiri?

Algoritma sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Mungkin jika kita mendengar kata Algoritma yang kita pikirkan adalah bahasan rumit mengenai ilmu komputer, tetapi sebenarnya, kita sehari - harinya dalam melakukan sesuatu paling tidak selalu menetapkan konsep Algoritma itu sendiri. Esensi dari algoritma sendiri adalah pemecahan suatu masalah besar dan menyelesaikannya dengan langkah - langkah kecil yang sistematis dalam waktu terbatas.

Sumber: https://image.slidesharecdn.com/8-131008032711-phpapp01/95/82-approach-in-problem-solving-9-hour-28-638.jpg?cb=1381203078

Jadi misalkan sebagai contoh, anda besok ada ujian, dalam menyikapinya anda bisa menggunakan algoritma. Hal pertama yang bisa lakukan adalah bertanya kepada diri sendiri, apakah anda sudah menguasai materi yang akan diujikan? jika belum anda bisa memulai dari 0 untuk belajar dan jika belum anda bisa misalnya untuk mengulang materi atau beristirahat dengan cukup. Syarat sebuah algoritma adalah harus terbatas, sebuah algoritma yang tidak mempunyai akhir akan menjadi tidak berguna karena tidak menyelesaikan apapun. Selain itu sebuah algoritma juga harus mempunyai bahasa yang jelas dan tidak ambigu dan yang terpenting adalah efisien.

Hal yang disebutkan diatas adalah fungsi belajar algoritma secara umum, namun apakah ada manfaat belajar algoritma dengan penerapannya dalam pemrograman? Jawabannya tentu saja ada. Banyak sekali program - program dengan permasalahan yang walaupun bisa dilakukan dengan pemikiran sederhana, namun butuh pemahaman akan algoritma untuk bisa melakukannya dengan efisien dan tidak membuang - buang waktu. Apalagi jika berhubungan dengan programming kompetitif dimana waktu adalah bagian paling krusial, contohnya adalah membuat program yang mencari jalan tercepat dari suatu titik ke titik lain. Memang permasalahan tersebut bisa diselesaikan hanya dengan mencari satu persatu atau biasa dinamakan brute force tetapi akan jauh lebih cepat jika kita memahami algoritmanya yaitu yang biasa dinamakan Algoritma Dijkstra

Sumber: http://images.slideplayer.com/23/6918334/slides/slide_22.jpg

Sumber:

  1. https://dzone.com/articles/is-cracking-the-coding-interview-the-only-benefit
  2. https://www.quora.com/What-are-the-benefits-of-learning-algorithms-and-data-structures-in-Data-Engineering

Sebenarnya beberapa post telah menjelaskan tentang sejarah, fungsi, dan pengertian algortima itu sendiri. Kali ini kita akan membahas manfaat dari algoritma. Algoritma sendiri dibagi menjadi dua hal yaitu prosedur dan fungsi dari Algoritma. Fungsi dari algoritma sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan prosedur dari algoritma. Hanya saja yang menjadi perbedaan disini jika fungsi algoritma lebih memiliki output dengan tipe variable yang berbeda. Algoritma menjadi satu bagian penting dalam komputer dimana algoritma sangat dibutuhkan untuk menjadi satu pengolah data yang ada pada komputer. Secara mudahnya, Fungsi algoritma bisa dikatakan untuk membuat software ataupun perangkat menjadi lebih bagus dan bisa berfungsi dengan lebih maksimal.

Ada berbagai alasan kenapa fungsi alogritma sangat dibutuhkan pada komputer, berikut alasan penting kenapa penggunaan fungsi alogirtma sangat penting;

  1. Menggunakan fungsi algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit

  2. Menggunakan fungsi algorita bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana

  3. Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan

  4. Memudahkan dalam pembuatan program

  5. Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut

  6. Menggunakan fungsi algoritma bisa melakukan pendekatan top-down dan juga divide and conquer

  7. Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang

  8. Program yang ada menjadi lebih terstuktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan

  9. Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah karena dengan fungsi algoritma bisa mendapatkan alur yang jelas

  10. Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain

  11. Dokumentasi yang lebih mudah

Dan yang dapat saya simpulkan dari manfaat belajar algoritma adalah :

  1. Memperkuat cara berfikir kita agar dapat menyelesaikan suatu masalah

  2. Membantu otak agar berfikir jangka panjang

  3. Memperkuat analisis ketika pembuatan program

  4. Memperluas space berpikir

Sumber

https://www.topcoder.com/community/data-science/data-science-tutorials/the-importance-of-algorithms/

https://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/fungsi-algoritma

Algoritma adalah urutan instruksi yang memastikan penyelesaian tugas tertentu. Kita, sebagai manusia, menerapkan algoritma untuk mengambil tindakan dalam setiap aspek kehidupan kita. Dan dalam algoritma ada banyak manfaatnya.

image

Berikut beberapa manfaat mempelajari algoritma :

  1. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

  2. Untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan pada pola pikirnya masing-masing

  3. Memperkuat otak kita untuk berpikir panjang

Jadi, pengetahuan algoritma bisa menjadi aset dalam meningkatkan kehidupan kita atau bahkan kehidupan orang lain! kita dapat mengubah sesuatu yang membutuhkan banyak waktu untuk memutuskan ke dalam algoritma yang membantu kita dalam proses pengambilan keputusan. Kita dapat membuat algoritma untuk memprioritaskan tugas kita alih-alih melakukannya dengan daftar tugas sederhana. Tidak ada batas untuk apa yang kita bayangkan dan dapat membuat nyata dengan menerapkan algoritma!

Sumber :