Apa manfaat baking soda bagi kesehatan?


Baking soda biasanya digunakan dalam pembuatan kue. Natrium bikarbonat di dalam baking soda bekerja dengan menghasilkan gas karbon dioksida, sehingga adonan kue dapat mengembang. Tetapi konon, manfaat baking soda tidak sebatas itu saja.

Selain untuk membuat kue, baking soda juga memiliki berbagai kegunaan bagi kesehatan, apa saja itu?

Mengatasi Keluhan Akibat Penyakit Asam Lambung
Penyakit asam lambung seringkali menimbulkan gejala utama berupa rasa sakit dan sensasi terbakar yang terasa pada area lambung hingga kerongkongan. Selain itu, penderitanya juga bisa mengalami keluhan lain seperti kesulitan menelan, bau mulut, mual, dan muntah.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, kamu dapat menggunakan baking soda. Natrium bikarbonat yang bersifat basa pada baking soda dapat membantumu mengatasi berbagai keluhan tersebut dengan cara menetralkan asam lambung.

Caranya, cukup larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin lalu minum secara perlahan dalam jangka waktu 2 jam.

Tapi, kamu cukup mengonsumsinya sampai gejalanya berkurang, ya! Karena kondisi lambung yang terlalu basa justru dapat memperberat gejala penyakit asam lambung.

Memutihkan Gigi
Ada banyak penyebab gigi mengalami perubahan warna menjadi kekuningan, di antaranya adalah akibat konsumsi makanan yang meninggalkan noda di gigi, merokok, atau karena pengikisan email gigi seiring pertambahan usia.

Jika kamu mengalami masalah dengan warna gigi, kamu mungkin bisa menjadikan baking soda sebagai alternatif pasta gigi. Caranya, cukup campurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air hingga membentuk pasta. Lalu, gosokkan ke gigimu. Lakukan selama beberapa kali dalam seminggu sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda sebagai pengganti pasta gigimu sekarang. Pasalnya, pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif dalam menghilangkan noda dan plak dari gigi dibandingkan pasta gigi biasa.

Memelihara Kesehatan Mulut
Menyikat gigi tidak menjamin kebersihan mulutmu secara menyeluruh. Karena itulah, kamu juga perlu memelihara kesehatan mulutmu dengan berkumur.

Selain menggunakan obat kumur, kamu bisa membuat obat kumur sendiri dengan menggunakan baking soda. Cukup campurkan setengah sendok teh baking soda dengan segelas air sebagai obat kumur sehari-hari.

Berkumur dengan baking soda tidak hanya akan membersihkan sisa-sisa makanan di area yang tidak terjamah sikat gigi, tapi juga menyediakan perlindungan bagi mulutmu dari bakteri penyebab bau mulut.

Sebagai Deodoran Alami
Keringat yang dikeluarkan tubuh sebetulnya tidak memiliki bau. Namun, bau badan akan timbul begitu keringat bercampur dengan bakteri yang ada pada permukaan kulit, khususnya pada bagian lipatan kulit seperti ketiak dan selangkangan.

Bakteri-bakteri tersebut akan memecah molekul keringat menjadi produk residu yang bersifat asam dan mengeluarkan bau khas. Untuk mengurangi bau yang timbul, kamu perlu mencegah kondisi tersebut dengan menggunakan deodoran.

Baking soda dapat menjadi bahan deodoran alami karena sifatnya yang basa mampu menetralisasi asam akibat percampuran bakteri dan keringat. Cobalah memakai bubuk baking soda pada area yang kamu perlukan. Perlahan-lahan, bau badanmu dipercaya dapat berangsur hilang.

Mengurangi Bau Tidak Sedap pada Kulkas
Manfaat baking soda dalam mengurangi bau tidak terbatas pada anggota tubuh saja, karena kamu juga bisa menggunakannya untuk mengurangi bau tidak sedap pada kulkas.

Bau tidak sedap pada kulkas biasanya berasal dari bahan-bahan makanan yang bersifat asam atau bahan makanan yang telah lama disimpan. Dengan menggunakan baking soda, kamu dapat menghilangkan bau yang menyengat di kulkas akibat asam.

Cobalah dengan cara meletakkan wadah terbuka berisi baking soda di dalam kulkas. Perlahan tapi pasti, bau tidak sedap pada kulkasmu akan mulai berkurang.