Apa manfaat bagi customer jika product roadmap dipublikasikan ?


Beberapa startup atau perusahaan besar seperti facebook secara terbuka menjelaskan product roadmap mereka ke publik sehingga customer mereka akan mengetahui bagaimana produk mereka untuk kedepannya. Lalu manfaat apa yang didapat oleh customer dengan adanya product roadmap tersebut?

Product Roadmap suatu produk dapat dibuat dengan menggunakan bantuan tools / aplikasi untuk membutnya, karena sudah banyak sekali yang memanfaatkan aplikasi tersebut untuk dapat membuat product roadmap yang rapi dan dapat dipahami oleh stakeholder perusahaan.

Tentunya dengan pembuatan roadmap tersebut adalah untuk mendapatkan manfaat baik dari sisi perusahan maupun stakeholder yang berperan sepperti customer, investor dan lain sebagainya.

Salah satu manfaat yang diinginkan oleh perusahaan adalah untuk mendapatkan feedback dari customer terkait product roadmap mereka, sehingga feedback itu nantinya dapat dijadikan pertimbangan terkait productnya nanti, sehingga banyak sekali tips dan trick yang diterapkan perusahaan agar dapat membuat customer tertarik pada produk mereka sehingga feedback tersebut keluar dari opini customer.

Lalu, manfaat apa yang didapat oleh customer dengan adanya product roadmap ?

Jika dipelajari dari awal product roadmap itu sendiri, sebenarnya tujuan dibuatnya adalah untuk memudahkan perusahaan sendiri merangkai atau menyusun kebutuhan produk yang akan mereka kembangkan, sehingga fokusnya adalah untuk kepentingan perusahaan.

Namun, dalam hal ini apakah customer dirugikan? TIDAK.

Customer bukan hanya sekedar dapat memberikan feedback, karena hal ini bukanlah bersifat wajib bagi setiap customer untuk memberikan opini mereka terkait product roadmap tersebut. Selain itu customer juga akan mendapatkan keuntungan dengan adanya product roadmap yang dipublikasikan yaitu :

Mendapatkan Informasi

Hal ini sudah sangat jelas dapat dilihat dengan adanya share terkait product roadmap perusahaan maka otomatis customer juga akan mendapatkan informasi, tidak hanya customer produk saja namun customer diluar produk tersebut juga akan mendapatkan informasi ini.

Sehingga customer akan merasa bahwa produk yang sekarang Ia gunakan tidak hanya berhenti sampai disitu saja perkembangannya namun masih berkembang lagi untuk kedepannya.

Hal ini dapat juga membuat suatu pikiran pada individu masing – masing untuk menunggu inovasi yang akan datang tersebut sehingga selalu diingat dalam pikiran mereka.

Merasa Terlibat dengan Produk

Dengan adanya produk roadmap ini, jika customer berminat untuk memberikan feedback maka mereka akan merasa bahwa mereka dilibatkan dalam pembuatan produk mereka. Karena dalam hal ini customer dapat memberikan masukan seperti kekurangan produk ataupun lainnya.

Dengan adanya feedback ini, perusahaan merasa terbantu dengan adanya kesulitan yang dihadapi ketika membuat sebuah solusi permasalan, sehingga feedback terkadang menjadi pemecahan masalah.

sumber :


https://www.prodpad.com/blog/our-product-roadmap-is-public-and-people-love-it/