Apa manfaat Alpha Alburtin bagi kulit?

Arbutin adalah ektrak dari buah bearberry. Fungsi arbutin sendiri untuk menekan pertumbuhan tyrosinase atau warna pigment cokelat yang dihasilkan sel melanosit. Apa manfaat sebenarnya dari Alpha Alburtin?

Kandungan arbutin dikenal sebagai pencerah wajah. Yang pertama kali mengenalkan kandungan ini adalah Shiseido dalam rangkaian produk Whitess Essence. Kalau kamu pengguna produk skincare dari Jepang pasti sudah sering melihatkan tulisan arbutin, alpha arbutin atau beta arbutin di kemasan-kemasannya, salah satunya yang familiar di Indonesia adalah Hada Labo.

Arbutin adalah ektrak dari buah bearberry. Fungsi arbutin sendiri untuk menekan pertumbuhan tyrosinase atau warna pigment cokelat yang dihasilkan sel melanosit. Jika sel ini terkena papran sinar UV, maka akan menjadi bintik hitam atau freckles. Jadi disaat kulit terpapar sinar UV, di situlah arbutin bekerja untuk memblok terjadinya melanin dan penggelapan warna kulit.

Jadi memang fungsi utama arbutin adalah sebagai kandungan yang bisa mencerahkan dan meratakan kulit secara efektif, namun lebih aman dibandingkan saudaranya yaitu hydroquinon. Yes, arbutin adalah turunan dari hydronquinon, yang jika digunakan dalam jangka waktu panjang bisa merusak kulit. Sedangkan arbutin, hanya mencegah pertumbuhan tyrosinase, jadi memang cara bekerjanya tidah seagresif hydroquinon.

Arbutin yang ada di pasaran dibagi menjadi dua yaitu Alpha Arbutin dan Beta Arbutin. Alpha Arbutin memang terbukti bekerja lebih ampuh dalam masalah mencerahkan, meratakan warna kulit dan lebih stabil dibandingkan Beta Arbutin.

Sumber: