Apa manfaat akuntansi didalam sebuah organisasi?

Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik.

Apa manfaat akuntansi didalam sebuah organisasi ?

Terdapat beberapa manfaat yang dirasa dengan adanya informasi akuntansi sebagai berikut :

  • Sebagai alat ukur suatu keberhasilan ataupun kegagalan usaha dengan cara menilai harta ataupun hutang yang ada di perusahaan. Nilai uang dicatat dan dilaporkan menggunakan proses akuntansi. Sehingga akuntansi memang merupakan language of business. Apapun kegiatannya apabila terlibat dalam kegiatan usaha maka akan terasa manfaat dengan adanya ilmu akuntansi.

  • Akuntansi juga merupakan penghasil informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas operasional usaha.

  • Menyajikan informasi ekonomi (economic information) dari suatu kesatuan ekonomi (economi entity=badan usaha) kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi berguna bagi pihak di dalam perusahaan itu sendiri maupun pihak- pihak di luar perusahaan.

Definisi ini mengandung beberapa pengertian, yakni :

  • Bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.

  • Bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.

Sumber :
Hendry Adam, Dasar Akuntansi, Universitas Kebangsaan