Apa manfaat air liur bagi kesehatan gigi?

Sehari – harinya air liur ini sering kita sebut dengan nama air ludah, iler ya sobat, namun secara medisnya air liur ini disebut dengan nama saliva

Berikut ini adalah manfaat air liur untuk gigi.

  1. Mencegah Kerusakan Gigi
    Manfaat air liur untuk gigi yang pertama dari air liur adalah untuk mencegah berbagai penyebab gigi rusak. Kandungan polin yang ada pada air liur adalah salah satu cairan yang mampu menjaga kesehatan gigi. Sebab polin ini merupakan salah satu protein yang berfungsi untuk melindungi enamel gigi.

  2. Melindungi Gigi Dan Mulut Dari Bakteri
    Manfaat yang kedua dari air liur ini adalah melindungi gigi dan mulut dari bakteri. Menurut ahli medis, air liur yang ada pada mulut kita bisa melindungi dan menjaga gigi serta mulut dari bakteri. Air liur yang melapisi seluruh gigi yang ada pada mulut kita mampu meluruhkan sisa makanan yang menyangkut dan bisa mengakibatkan berkembang biaknya bakteri yang dapat merusak gigi serta membuat mulut beraroma tidak sedap.

  3. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut
    Manfaat yang ketiga dari air liur adalah untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Nah sobat semua yang tidak kalah penting manfaat dari air liur ini adalah berperan sebagai cairan yang menjaga kebersihan gigi dan mulut kita. Hal ini dikarenakan zat antibody dan senyawa antimikroba yang terdapat pada air liur tersebut dapat mematikan sejumlah virus termasuk virus yang sangat berbahaya yaitu virus HIV yang masuk ke dalam mulut.

  4. Menjaga Mulut Dan Gigi Dari Kekeringan
    Manfaat yang keempat adalah sebagian cairan yang mampu menjaga mulut kering dan gigi dari kekeringan. Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, bahwasanya air liur yang diproduksi oleh kelenjar air liur dalam mulut kita dalam sehari bisa mencapai 2 samai 4 liter.

sumber: https://halogigi.com/