Apa Manfaat Air Cucian Beras bagi Kecantikan?

air cucian beras

Saya pernah mendengar bahwa air cucian beras berguna untuk merawat wajah. Apa manfaatnya? Dan bagaimana cara menggunakan air cucian beras untuk merawat wajah?

2 Likes

Manfaat air cucian beras untuk mengontrol kelebihan minyak di kulit ini juga sama ampuhnya seperti halnya membersihkan wajah. Cara penggunannya pun sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak.

1 Like

air cucian beras

1. Kulit Bercahaya dan Memudarkan Flek Hitam

Biasanya para wanita menggunakan kosmetik siap pakai untuk mendapatkan kulit yang bercahaya serta untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Tidak semua orang cocok menggunakan krim kecantikan tersebut. Alih-alih mempercantik tampilan wajah, malah mendapatkan kulit wajah yang semakin rusak. Mencuci muka dengan air beras secara teratur dapat mencerahkan dan mencegah masalah kulit. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam pun akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein didalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

2. Pembersih Wajah

Air cucian beras bisa Anda manfaatkan sebagai pembersih wajah, loh! Caranya sangat mudah. Pertama, ambillah satu cangkir beras. Kedua, cucilah beras tersebut dengan cepat sehingga debu dan kotoran menghilang, lalu buang airnya. Ketiga, tambahkan air bersih baru, lalu aduk-aduk beras menggunakan tangan. Rendam beras selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras mengalir ke dalam air. Keempat, saring air dari beras, lalu basuh wajah dengan air tersebut sambil dipijat lembut dengan jari-jari selama sekitar 6 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut sambil. Cara mengeringkan wajahnya jangan digosok, ya, tapi ditepuk-tepuk.

Atau, Anda bisa juga membersihkan wajah menggunakan air cucian beras dengan cara ini. Ambilah bola kapas, celupkan ke dalam air cucian beras, lalu pijat ke wajah Anda dengan gerakan memutar. Biarkan air di wajah Anda mengering dengan sendirinya, lalu bilas wajah dengan air dingin segar.

3. Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Air cucian beras bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah Anda. Air cucian beras dapat membantu mengontrol wabah jerawat pada wajah dan juga membantu memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit. Air cucian beras juga dapat mengencangkan pori-pori, yang selanjutnya dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Caranya: siapkan air cucian beras yang sudah bersih (air terakhir sebelum beras akhirnya ditanak). Kemudian, endapkan air beras tersebut selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Balurkan tepung beras tadi ke seluruh bagian wajah yang memiliki flek atau bekas jerawat.

Referensi

https://bacaterus.com/manfaat-air-cucian-beras-untuk-wajah-dan-kulit/

1 Like

Tidak hanya dapat menjadi cara memutihkan wajah secara alami, air beras juga dapat memberikan manfaat seperti berikut:

  • Memudarkan noda hitam pada wajah โ€“ Air beras dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam di pipi dengan efektif.

  • Mengatasi Jerawat โ€“ Cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat salah satunya bisa dilakukan menggunakan air beras, yang juga dapat mengurangi rona kemerahan akibat jerawat.

  • Mengatasi Komedo โ€“ Menggunakan air beras untuk mencuci muka juga dapat menjadi cara menghilangkan komedo di dagu.

  • Menenangkan Kulit โ€“ Air beras dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari dan perlahan memudarkan warnanya yang menjadi kecoklatan.

  • Mengencangkan Kulit โ€“ Cara mengencangkan kulit wajah yang kendur bisa dilakukan dengan rutin menggunakan air beras untuk merawat kulit, karena air beras bisa berfungsi sebagai toner kulit yang efektif. Kulit akan menjadi lembut, kencang dan bersinar.

  • Mengurangi Keriput โ€“ Air beras juga dapat menjadi cara mengatasi kerutan di wajah secara alami.

  • Melembabkan Kulit โ€“ Air cucian beras dapat menghidrasi kulit yang kering sehingga kembali lembab alami dan menghindarkan kulit dari kekeringan yang menyebabkan kulit bersisik.

  • Meratakan Warna Kulit โ€“ Seringkali warna kulit wajah tidak merata karena terpaan sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi belang. Air beras bisa menjadi cara meratakan warna kulit wajah sehingga tampak seimbang dan tidak bebercak โ€“ bercak.

  • Mengecilkan Pori โ€“ Khasiat air beras juga dapat menciutkan pori โ€“ pori wajah atau cara mengecilkan pori โ€“ pori besar sehingga membuat wajah tampak lebih mulus dan halus.

  • Mengurangi Sebum โ€“ Mencuci wajah dengan menggunakan air beras dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah yang membuat wajah terlihat mengkilap. Kulit wajah akan terasa lebih segar dan bebas minyak dengan air beras yang dapat menjadi cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami.

  • Membersihkan Wajah โ€“ Mencuci wajah dengan air beras dapat memberikan manfaat untuk menghilangkan berbagai kotoran dan debu dari wajah yang bisa menyebabkan wajah kusam dan berjerawat.

  • Merawat Kulit yang Iritasi โ€“ Menurut sebuah penelitian, kulit yang teriritasi yang berwarna kemerahan dan meradang dapat dirawat dengan menggunakan air beras selama lima belas menit pada wajah setiap dua hari sekali.

Sumber: https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/kulit/cara-memutihkan-wajah-dengan-air-beras

Air cucian beras atau air leri merupakan air yang diperoleh dalam proses pencucian beras. Air cucian beras mudah didapatkan karena sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan beras sebagai makanan pokok. Beras tergolong makanan pokok dengan kandungan karbohidrat tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi. Selama ini air cucian beras belum banyak dimanfaatkan dan biasanya hanya dibuang begitu saja. Sebenarnya didalam air cucian beras masih mengandung senyawa organik seperti karbohidrat dan vitamin seperti thiamin yang masih bisa dimanfaatkan (Moeksin, 2015).


Sumber: hipwee.com

Saat ini air cucian beras sudah mulai dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang lebih bermanfaat (Susilawati, 2016). Salah satu pemanfaatan air cucian beras sebagai produk perawatan kulit.

Hasil penelitian oleh Annisa et al (2017) menunjukan bahwa konsentrasi optimal formula masker gel peel-off yang diperoleh yaitu 7% untuk ekstrak ampas daun teh dan 5% untuk ekstrak air cucian beras berdasarkan uji pendahuluan

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa air cucian beras berpotensi sebagai anti aging karena adanya starch atau pati halus yang dapat merontokkan debu dan sel kulit mati pada wajah, asam amino esensial yang terdapat dalam air cucian beras dapat meregenerasi sel-sel kulit (Samahah et al, 2015). Selanjutnya pernyataan tersebut selaras dengan temuan Annisa et al (2017) bahwa hasil aktivitas antioksidan sediaan masker gel peel-off kombinasi ekstrak ampas daun teh dan air cucian beras lebih baik dari produk (X) yang beredar di pasaran yaitu dengan nilai IC50 20,38 ยตg/mL.

Bagi Kadics yang ingin mencoba menggunakan air cucian beras lebih direkomendasikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum diaplikasikan keseluruhan. Caranya dengan menempelkan air cucian beras pada kulit belakang telinga, apabila terdapat iritasi maka jangan melanjutkan perawatan kulit dengan air cucian beras.

Referensi
  1. Annisa, A.N., Amalia, N., Khaerunnisa, T.A., Amalia, M, Nugraha, I. 2017. Camorys For Anti Aging: MAsker Wajah dari Air Cucian Beras
  2. Moeksin, R., (2015). Pembuatan Bioetanol Dari Air Limbah Cucian Beras Menggunakan Metode Hidrolisis Enzimatik Dan Fermentasi. Jurnal Universitas Brawijaya.
  3. Susilowati dan Kuspriyanto. 2016. Gizi dalam Daur Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.