Apa maksud lukisan untitled 2 karya Eddie Hara?

Eddie Hara merupakan salah satu pelukis kontemporer di Indonesia. Salah satu karyanya berjudul ‘untitled 2’. Apa makna dibalik lukisan ini?

Eddie Hara menghadirkan tokoh imajinatif komik dalam lukisannya. Teknik penggambaran ini dalam seni rupa kontemporer sering disebut dengan Lowbrow. Ia bisa berkarya di mana saja dalam bentuk apa saja.

Karyanya hadir dalam semangat liar yang pop, dengan menampilkan dimensi kedataran dan bagian demi bagian cerah-kontras meniadakan satu titik fokus utama atau satu pokok bercerita. Menghadapinya, kita digugah untuk membedah keriuhan familiaritas di antara unsur gambar anak, citra figuratif komik, atau juga seni jalanan.

Makna hewan-hewan itu adalah untuk memberikan unsur keprimitifan namun dengan taste kontemporer. Pilihan pada gaya street art, graffiti, komik, mengacu pada kehidupan sub kultur yang berbicara tentang suara kebebasan, suara urban, kehidupan kota, budaya pop, kisah anak muda yang mencari identitas diri, tidak secara serta merta ia pilih. Gaya lukisan ini memang membuat banyak orang mengira bahwa ia memang masih muda – selain mengingatkan bahwa dorongan kebebasan itu tidak lepas dari dirinya.

Karya Eddie Hara bisa jadi hadir sebagai semacam counternarrative atas kedataran arus utama seni rupa sendiri di tengah paparan budaya populer global—menjadi sikap perlawanan dan identifikasi dengan bersifat berbatas selagi juga tidak tertata.

image