Apa Makna Kesejatian yang Membebaskan?

makna kesejatian

Bila Anda adalah seorang pendamba kebenaran, kesejatian atau apapun sebutan untuk itu mestilah seorang yang jagoan, berani, bukan pengecut yang masih melekat dan terikat pada otoritas tertentu semisal atau bukan sekedar seorang pendamba yang mendambakan kebebasan, lantaran sebentuk pelarian karena melekat yang adalah suatu penderitaan misal. Jagoan atau berani mestilah seorang yang sadar bahwa sesungguhnya ia telah bebas dan selalu sendiri. Hingga titik tertentu, yang berasal dari orang lain, siapapun itu adanya, hanya akan membatasi, bahkan menghalangi langkah-langkahnya di dalam menapaki kebebasan.

Kelak akan tiba saatnya bahwa Anda harus sendiri guna menapakinya, beranikah Anda? Karena Kesejatian lah yang membebaskan Anda, bukan upaya Anda untuk bebas. Ragam ilusi manapun hanyalah akan mengencangkan Anda akan keterikatan padanya.

Kemelekatan-kemelakatan Anda, keterikatan-keterikatan Anda, ketergantungan, belenggu telah membuat Anda takut sendirian, takut berdiri bebas, sebab tanpa nya Anda hanyalah zombie-zombie hidup, merasa hidup seperti hampa, merasa tidak berarti. Ilusi-ilusi inilah yang mengelabui Anda selama ini. Dengan demikian untuk berjalan sendiri, melenggang dengan bebas butuh nyali sebesar samudera, butuh seorang jagoan sejati. Keberanian disini bukan sekedar keberanian untuk melawan yang diluar, melainkan melepas, melampaui semua penghalang yang adalah di dalam diri Anda sendiri dan ini tentu saja butuh kekuatan.

Keberanian itu sendiri sudah merupakan kekuatan, begitu pula tawakal, keimanan, kesabaran, kejujuran, ketabahan, kesungguhan, kebulatan tekad, daya juang, pemahaman dan kearifan. Tanpa mereka, jangankan untuk berhasil bebas dari semua itu, untuk sebaliknya tak menambah lebih banyak penghalang kebebasanpun kita tak sanggup. Jelasnya … Membebaskan diri bukanlah mencari kebebasan, seperti yang Anda sangka dengan pergi ke tempat-tempat yang dianggap suci, mengasingkan diri ke tempat-tempat sunyi. Kebebasan selalu ada, disini dan saat ini, dimanapun dan kapanpun, kalau kekuatan-kekuatan tadi menyertai Anda. Anda tak perlu memupuk kekuatan-kekuatan itu, yang Anda perlukan hanyalah membiarkannya bekerja sebagaimana mestinya, tanpa menghalang-halanginya, tanpa merekayasanya.

writed by Made Budiadnyana

Love U All

1 Like