© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa makna huruf Alif dalam kehidupan?

Alif

Alif (bahasa Arab ﺍ ) adalah huruf pertama dalam abjad Arab. Huruf ini melambangkan fonem /a:/. Alif termasuk salah satu dari 22 huruf Arab yang diwarisi dari huruf Fenisia. Huruf alif juga berkerabat dengan huruf Aleph (Ibrani), α (Yunani), dan A (Latin).

Alif ا itu adalah tegak, kokoh, berdiri sendiri, tanpa penopang dan sekutu, Laa syarikalahu (tiada berserikat)

Alif inilah Sang Hidup, inilah Sang Tuhan. maka jadilah seperti alif itu, yaitu tegak, teguh pendirian, kokoh tak tergoyahkan lagi dalam prinsip-prinsip keyakinanmu…

:man_with_turban:‍♂Abah FK

Huruf alif melambangkan gerakan sholat (posisi doa yang paling utama di agama Islam). Ilmu huruf (‘ilm al-huruf) menyatakan huruf Alif yang tertulis terisolasi atau terpisah menadakan bahwa hal itu tidak dapat ditulis terhubung dengan surat berikutnya. Huruf Alif yang demikian itu melambangkan transenden, esensi wajar tanpa pengecualian. Tekanan ke bawah huruf Alif melambangkan manifestasi universal mulai dari bagian tertinggi menjadi yang terendah.

Huruf saja tidaklah memiliki makna, sebab pengertian tidak terdapat padanya. Makna dalam dari Alif ibarat nyawa, sedangkan bentuk huruf adalah ibarat raga. Ibarat pohon yang di belah sampai ke akar, dari akar di belah sampai ke biji asalnya. Lalu dari biji asalnya di belah sehingga tiada sesuatu apapun.

sumber: https://www.selipan.com/life/opini/yukngaji-ternyata-ini-lho-rahasia-huruf-alif-yang-gak-pernah-diajarin-guru-ngaji/