Apa makna dibalik simbol Hati sebagai ungkapan Cinta?

image

Simbol hati adalah simbol yang sejak lama digunakan untuk menunjukkan spiritualitas, emosi, moral, dan pada masa lalu, juga sebagai pusat kecerdasan manusia. Meskipun dalam bahasa Indonesia hati (simbolis) memiliki nama yang sama dan sering diasosiasikan dengan hati (biologis) atau liver, namun sebenarnya bentuk simbol hati ini menurut sebagian besar pendapat berasal dari bentuk jantung, dan di dunia barat (tempat simbol ini berasal), emosi disimbolkan berasal dari jantung alih-alih di hati seperti di Indonesia.

Simbol hati banyak digunakan sebagai ekspresi cinta dan kasih saying. Di banyak negara, simbol hati digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang jatuh cinta. Simbol ini juga muncul dalam judul film Huckabees dan permainan video We Katamari.

Sebagai lambang cinta, simbol hati sering digunakan pada Hari Valentine, biasanya simbol ini terdapat pada kartu ucapan, kotak permen, dan lain lain. Sementara simbol hati yang retak atau patah biasanya melambangkan kesedihan atau rasa sakit akibat cinta.

Pertama lambang hati diambil dari sepasang burung angsa yang sedang bermesraan. Saat dua angsa tersebut saling berhadapan, maka leher mereka terlihat membentuk simbol hati. Selain itu, angsa juga dianggap sebagai hewan yang melambangkan cinta, kesetiaan, dan antusiasme. Fakta juga menunjukkan jika sepasang angsa biasanya saling bersama hingga salah satu dari mereka mati.

Versi kedua, lambang cinta dikatakan sebagai representasi seorang wanita. Lambang ini berasal dari tulang punggul wanita yang memiliki bentuk hampir sama. Bahkan orang-orang pada zaman Yunani Kuno banyak yang menggunakan bagian anatomi wanita ini sebagai persembahan untuk Dewi Aphrodite.

Versi sejarah ketiga, simbol ini dianggap bersumber dari daun ivy. Orang Yunani biasanya menyertakan daun ivy padan lukisan Dionysus, dewa anggur, dan pesta.