Apa makna dari lukisan "Marathon" karya I Nyoman Masriadi?

Lukisan “Marathon” karya I Nyoman Masriadi

image

Lukisan Marathon merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, I Nyoman Masriadi pada tahun 1999 dengan menggunakan media Mixed Media On Canvas serta berukuran 400 cm x 145 cm. Lukisan ini merupakan lukisan animasi, narative, imajinative dengan gaya kontemporer dan Pop. Lukisan ini menggambarkan tentang marathon. Terlihat beberapa orang sedang berlari dan saling mengejar.

Maraton adalah ajang lari jarak jauh sepanjang 42,195 km yang dapat ditempuh sebagai lomba di jalan raya maupun luar jalan raya (offroad). Nama maraton berasal dari legenda Pheidippides, seorang prajurit Yunani, yang dikirim dari kota Marathon, Yunani ke Athena untuk mengumumkan bahwa bangsa Persiatelah dikalahkan pada Pertempuran Marathon. Dikisahkan bahwa ia berlari tanpa berhenti tetapi meninggal begitu berhasil menyampaikan pesannya tersebut.

Apa makna dari lukisan “Marathon” karya I Nyoman Masriadi?

Makna dari lukisan “Marathon” karya I Nyoman Masriadi:

Lukisan Nyoman Masriadi sering menggambarkan sosok manusia super. Narasi bergambarnya, yang seringkali berakar dari sejarah budaya Indonesia yang menawarkan komentar sosial yang penuh warna tentang kehidupan kontemporer dan budaya pop. Melalui kontrolnya terhadap cahaya, bayangan dan volume. Terkadang karakter-karakternya muncul dalam peran pola dasar pahlawan buku komik, koboi, tentara dan atlet, namun seringkali, mereka hanya dibangun terlihat kuat dan terlibat dalam saat-saat pribadi yang rentan.

Sesuatu yang menjadi fenomena, karirnya adalah cerita rags-to-rich yang menggabungkan jenius kreatif, kepekaan budaya, dan penolakan untuk menyesuaikan diri. Kosakata visual Masriadi terus menyegarkan dan relevan secara kontemplatif. Karya Masriadi yang ditandai dengan kualitas tinggi yang konsisten. Bijaksana dalam menyampaikan pesan yang tercipta dari adegan dan tokoh-tokoh dunia bergambar, dan rinci dalam eksekusi penyelesaiannya. Kualitas ini telah membuatnya diterima secara positif dalam dunia seni.