Apa makna dari lagu Zombie yang dibawakan oleh The Cranberries?

zombie2

Ada yang pernah dengan lagu zombie yang dibawakan oleh band bernama the cranberries? Lirik lagu tersebut memuat lirik-lirik yang multitafsir. Apa makna sebenarnya dari lirik tersebut?

Menurut Dolores, ia terinspirasi untuk menulis lagu tersebut setelah ia menyaksikan peristiwa pemboman Warrington, suatu peristiwa peledakan bom oleh kelompok bersenjata Provisional IRA di Chesire, Inggris, yang menewaskan 2 orang anak kecil. Kemungkinan karena korban tewasnya adalah anak kecil, lirik & video klip dari lagu “Zombie” pun banyak menampilkan anak-anak sebagai salah satu tema utamanya.

lagu ini sebenarnya ingin bercerita soal masalah kemanusiaan di Irlandia Utara yang dikenal sebagai “The Troubles”. Bagian awal dari lagu ini ingin menunjukkan semacam rasa penyesalan atau rasa terhina atas perbuatan para pelaku The Troubles dalam menghilangkan nyawa orang lain.

Bagian “anak-anak yang terambil secara perlahan-lahan” (child is slowly taken) bisa diartikan sebagai 2 hal. Anak-anak itu satu per satu tewas akibat konflik, atau mereka perlahan-lahan mulai terseret arus konflik hingga akhirnya menjadi salah satu pelaku konflik itu sendiri.

Setiap kali terjadi konflik, setiap kali itu pula selalu timbul korban dari kalangan rakyat sipil yang tidak ada hubungannya dengan konflik. zombie sendiri ingin memvisualisasikan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh para pelaku konflik. Dengan memakai aneka persenjataan (tank, bomb, gun) para pelaku konflik saling membunuhi satu sama lain. Jika dilihat lagi, kata “dengan bom” (and their bombs) diucapkan sebanyak 2 kali. Menurut saya, bagian ini merupakan semacam penengah bahwa milisi loyalis & nasionalis tidak ada bedanya karena sama-sama memakai ledakan bom dalam konflik. Kata “milik mereka” & “mereka” (their, they) juga sekali lagi ingin menekankan, ini perang mereka, jadi jangan melibatkan penduduk sipil.

Seperti yang kita tahu, di karya-karya fiksi zombie sering digambarkan sebagai makhluk yang sudah mati & tidak punya akal sehingga selalu bertindak tanpa berpikir. Kurang lebih itulah makna sindiran yang diberikan pada para pelaku konflik yang terus membunuhi orang lain, seolah-olah mereka tidak memikirkan tindakannya yang tidak manusiawi itu. Apa isi kepalamu? Apa yang kau pikirkan, dasar zombie!? (what’s in your head, zombie?) Atau kalau mau lebih kasar & terang-terangan, bagian ini juga bisa ditulis seperti “masih bisa mikir nggak sih?” atau “apa sih yang kamu pikirkan sampai bisa sekejam itu?”

sumber : http://www.re-tawon.com/2010/11/makna-lirik-lagu-cranberries-zombie.html