© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa Makna Dari Kata Agama atau Sien?

Agama

Agama, berdasarkan arti katanya, merupakan ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Lalu apa maknanya ?

Jangan sampai kalian mengaku beragama, ber-dien tapi tidak tahu apa itu dien?..

Saya akan terangkan huruf perhuruf dari kata dien, sehingga membentuk sebuah kesatuan makna dari dien

Yang pertama adalah huruf dal… Dalam tubuh kita huruf dalam ini ada simbol dari telapak kaki kita, dimana fungsinya adalah tempat pijakan, pondasi bagi tubuh agar bisa berdiri dengan tegak… Jadi dal itu memiliki makna sesuatu yang bersifat fundamental, yang mendasar bagi ruhani/jiwa manusia.

Huruf ya… Itu adalah penyambung/penghubung yang maksudnya bahwa fundamen dari ruhani itu memiliki sebuah hubungan atau tujuan atas sesuatu…

Huruf nun… Itu adalah simbolik dari nur/cahaya Tuhan…

Jadi dien itu maknanya adalah suatu pondasi/fundamen dasar bagi ruhani/jiwa manusia yang akan membawa mereka dari gelap gulita menuju terang cahaya Tuhan. Inilah dien atau agama itu.

Tapi hati-hati karena nun itu ada dua, yang satu nur (cahaya), yang satu lagi nar (api)… Jangan salah nun… Ono filme iki ==> The Nun… heuheuheu

:man_with_turban:‍♂Abah FK