Apa makanan yang recomended jika kita berkunjung ke Kalimantan ?

Kalimantan adalah sebuah pulau besar di Indonesia, dan berada di atas pulau Jawa. Jika kita berkunjung ke Kalimantan makanan apa yang recomended ?

  1. Ketupat kandangan
    Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga punya rasa otentik. Kalau biasanya ketupat disajikan bersama ayam atau daging, ketupat kandangan ini disajikan bersama ikan. Ikan yang digunakan dalam ketupat kandangan adalah jenis ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah santan yang penuh bumbu.

  2. Chai kue
    Chai kue atau choi pan adalah snack dari Kalimantan yang banyak terpengaruh budaya Tiongkok. Makanan gurih dengan isian lobak dan ebi ini punya rasa unik. Apalagi kalau dimakan bersama sambalnya yang pedas plus asam. Rasanya kamu nggak akan pernah berhenti ngunyah.

  3. Manday
    Kalau Yogyakarta punya gudeg yang terbuat dari nangka, Kalimantan juga punya sajian khas yang terbuat dari buah cempedak yang mirip dengan buah nangka. Bedanya manday atau mandai ini terbuat dari kulit buah cempedak. Makanan alternatif ini dibuat dengan cara diasinkan selama beberapa hari. Manday bisa dikonsumsi dengan cara digoreng terlebih dahulu.

  4. Bubur pedas
    Bubur pedas masakan khas Kalimantan ini berbeda dengan bubur yang sering kamu makan. Walaupun namanya bubur pedas, rasa bubur ini sama sekali nggak pedas. Bubur ini sebenarnya hampir mirip dengan bubur manado yang di dalamnya banyak sayur-sayuran. Bubur pedas ini adalah sarapan khas di Kalimantan Barat, bubur ini paling enak disantap bersama ikan teri plus jeruk nipis.

  5. Pengkang
    Kue unik ini juga hanya bisa ditemukan di Kalimantan Barat saja. Pengkang terbuat dari ketan yang isiannya adalah udang ebi. Mirip lemper sih tapi bedanya pengkang ini bentuknya segita dan dimakan bersama saus kerang yang pedas.

  6. Hekeng
    Hekeng masakan khas Tiongkong-Pontianak ini juga wajib kamu coba. Biasnaya hekeng terbuat dari campuran berbagai macam daging mulai dari babi sampai udang. Rasanya mirip dengan siomay, bedanya hekeng biasanya digoreng kering dan disantap bersama kuah asam manis.

  7. Soto banjar
    Soto khas suku Banjar ini juga punya rasa unik dan berbeda dengan soto yang biasa kamu makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khusunya kayu manis. Biasanya soto nggak dimasak dengan kayu manis makanya rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasa kamu makan.

  8. Kalumpe
    Sayur daun singkong yang dimasa dengan santan mungkin bisa kamu temui juga di makanan Padang atau Sumatera. Kalau di Kalimantan sayur singkong dengan santan ini diberi nama kalumpe. Daun singkong di kalumpe ini biasanya diolah dengan cara ditumbuk lalu dimasak bersama dengan santan dan rempah-rempah.

  9. Bingka barandam
    Kue khas Kalimantan yang juga nggak boleh ketinggalan adalah bingka barandam. Kue manis asal Banjar ini sebenarnya nggak terlalu sulit untuk dibuat. Kamu hanya perlu tepung, telur, gula dan kayu manis. Dengan empat bahan sederhana ini kamu sudah bisa merasakan legitnya bingka barandam.

  10. Nasi bekepor
    Pengen merasakan sajian khas Raja Kalimantan? Salah satu masakan yang disukai raja-raja di Kalimantan adalah nasi bekepor. Nasi khas raja-raja ini rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging masak bumi hangus yang nggak kalah enak.

  11. Mie sagu
    Bukan hanya Indonesia bagian timur saja yang menjadikan sagu menjadi makanan pokok. Kalimantan ternyata juga punya masakan khas yang terbuat dari sagu yaitu mie sagu. Mie sagu ini biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dimasak dengan kuah.

  12. Juhu umbut sawit
    Sayur khas Kalimantan Tengah ini juga wajib kamu coba, juhu umbu sawit ini dibuat dengan menggunakan umbut atau pohon kelapa muda. Aneh kan? Bahan dasarnya ini mungkin sulit untuk ditemukan di daerah lain karena memang pohon kelapa nggak biasa digunakan untuk bahan masakan. Juhu umbu sawit ini biasanya dimasak dengan santan, biasanya juhu umbut sawit akan menjadi menu wajib di acara-acara pernikahan adat.

  13. Sate payau
    Sate payau ini sangat terkenal di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan menjadi makanan favorit warga Kutai Kartanegara. Sate payau ini sebenarnya adalah sate daging rusa yang dibumbui dengan bumbu kacang dan kecap. Penggunaan daging rusa ini memang nggak biasa dan pasti membuat kamu penasaran.

  14. Iwak pakasam
    Iwak pakasam terbuat dari ikan sungai yang difermentasi, biasanya ikan selalu dimasak dalam keadaan segar. Iwak pakasam ini punya cara pengolahan yang spesial yaitu diawetkan dengan garam dan beras ketan. Setelah digoreng kering iwak pakasam ini punya rasa yang menyegarkan.

  15. Amparan tatak
    Kue khas dari Banjar ini juga selalu hadir di acara-acara penting seperti pernikahan atau syukaran. Amparan tatak terbuat dari tepung beras dan santan, kue ini rasanya mirip dengan kue pisang yang dibungkus dalam daun pisang. Bedanya amparan tatak ini dibuatnya dengan porsi besar.

  16. Kerupuk basah
    Kerupuk basah ini akan mengingatkanmu pada pempek di Palembang. Sama-sama berbahan dasar ikan, kerupuk basah ini biasanya dimasak hanya dengan cara dikukus. Mungkin ini mirip dengan pempek yang belum digoreng rasanya pun mirip loh.

  17. Ayam cincane
    Ayam cincane adalah maskaan khas Kalimantan Timur yang biasnaya disajikan di acara-acara penting. Ayam cincane ini mempunyai ciri khas warna merah dan rasanya penuh bumbu rempah-rempah.