Apa Makanan Terunik yang Pernah Kalian Makan?

Bicara tentang makanan pasti tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada jenis makanan baru yang dikreasikan oleh manusia, bahkan beberapa di antaranya ada yang terkesan aneh dan unik. Selama hidup ini, ada 3 makanan unik yang menurut saya tidak terlalu lazim untuk dikonsumsi. Saya pernah makan daging cicak (untuk obat biduran), daging banteng yang dimasak rawon dan sate, serta belalang goreng.

Nah, buat temen-temen makanan unik apa yang pernah kalian makan? Yuk sharing!

Makanan terunik yang pernah saya makan itu Ares. Ares itu kalau kami bilang dimedan debok pisang atau batang daun pisang. Jujur saya baru pertama kali memakan makanan seperti itu. Yang umumnya dimedan sendiri Debok atau batang daun pisang selalu dibuang atau dijadikan pakan ternak. Tetapi ini diolah menjadi makanan contohnya semur Ares.

1 Like

berdasarkan pengalaman saya ada beberapa:

  1. pisang goreng pakai sambal roa khas Manado, awalnya menurut saya ini suatu hal yang aneh tetapi setelah saya coba ternyata enak. oh iya, Fun Fact di Balikpapan pisang goreng disebut dengan nama Sanggar.

  2. Mina Sarua, dari Bima karena kebetulan bapak saya orang Bima jadi saat mengunjungi nenek saya mencicipinya. Mina serua merupakan jamu tradisional tetapi berbeda dengan jamu kunyit/sirih/beras kencur yang biasanya saya minum. Jamu mina serua sendiri menggunakan tape ketan dengan beragam rempah yang diolah menjadi jamu, jadi saat seperti memakan bubur ketan dengan kuah jamu. tetapi rasanya sangat full rempah, jadi biasanya saya hanya memakannya sedikit.

  3. Asinan Betawi, karena setau saya asinan buah itu ada yang manis dan asin serta pedas bagi yang suka pedas dan wujudnya seperti acar. berbeda dengan asinan betawi yang isinya sayur dengan tahu dan kerupuk, tetapi ternyata enak banget dan bikin ketagihan.

1 Like

Kalau saya sendiri mungkin sama seperti pada foto, yaitu belalang goreng sewaktu di Yogyakarta. Tapi menurut saya itu sangat enak dan gurih.

Lalu karena saya anak seorang penjual daging sapi, sering mencoba bagian-bagian yang tidak umum konsumsi seperti mata sapi atau penis sapi. Dan keduanya enak :laughing:

1 Like

Beberapa pengalaman saya,

  1. Pisang goreng dengan sambal. Ketika berada di kampung halaman ayah saya, yaitu Makassar, saya mencoba makanan ini. Anehnya, enak. Tidak saya sangka kalau pisang goreng yang manis akan cocok dengan sambal.
  2. Pisang epek atau pisang bakar. Lagi-lagi ketika saya berada di kampung halaman ayah saya, saya memakan ini. Mungkin karena tidak cocok dengan penjualnya atau bagaimana, saya benar-benar tidak menyukai rasa den teksturnya yang keras. Begitu pula dengan toping coklatnya, terasa aneh di mulut saya.
  3. Brokoli digoreng tepung. Mungkin saya saja yang aneh karena menganggap hal ini unik, tapi saya benar-benar tidak pernah melihat brokoli yang dijadikan gorengan kecuali hari itu ketika saya selesai LDKS dan berada di Air Terjun Coban Rondo kalau tidak salah. Rasanya enak, rasa sayurnya tidak terlalu terasa.
1 Like