Apa makanan Ikan Mas alami yang paling disukai ?

Ikan mas

Ikan mas memiliki pangsa pasar yang sangat luas, baik untuk kebutuhan rumah tangga, usaha rumah makan, maupun pabrik pengolahannya. Apa makanan Ikan Mas alami yang paling disukai ?

  1. Cacing Tanah
    Hampir semua ikan menyukai cacing tanah sebagai makanannya. Apalagi ikan mas yang merupakan binatang omnivora dan mempunyai kebiasaan makan yang rakus sekali. Cacing tanah banyak mengandung protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan mas. Anda bisa menemukan cacing tanah di tempat sampah dan kebun. Sebelum ditebarkan ke kolam, cacing tanah perlu dicuci bersih terlebih dahulu.

  2. Cacing Sutera
    Cacing sutera juga sangat disukai oleh ikan mas. Cacing ini biasanya banyak terdapat di perairan yang kotor dan tergenang. Ukurannya sangat halus dan berwarna merah muda. Sayangnya cacing sutera kerap membawa bibit penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkan cacing ini terlebih dahulu lalu merendamnya di air bersih selama 3 hari berturut-turut.

  3. Kroto
    Kroto merupakan telur semut yang berjenis rang-rang. Ukurannya yang cukup besar membuat telur semut rang-rang juga berukuran lebih besar daripada jenis semut yang lain. Kroto mengandung protein yang sangat tinggi. Saat ini sudah banyak peternak kroto sehingga Anda bisa membelinya dengan mudah. Kalau ingin yang gratis, Anda bisa mencarinya di pepohonan yang rimbun. Kroto yang sudah didapatkan bisa langsung disebar ke kolam ikan mas.