Apa lensa kamera yang terbaik untuk fotografer portrait?

foto portrait

Lensa, kamera, dan fotografer adalah tiga hal yang tidak dapat dipisahkan. Kamera bagus tetapi tidak didukung dengan lensa yang memadai akan menghasilkan foto yang membosankan. Sama halnya dengan fotografer dengan teknik yang bagus tetapi tidak menggunakan lensa dan kamera yang menunjang hasil fotonya akan standart.

Apal ensa kamera yang terbaik untuk fotografer portrait ?

1 Like

Berikut ini lensa kamera yang terbaik untuk fotografer portrait:

1. Zeiss 135mm f2 | $2,122.00

image

Lensa ini banyak direkomendasikan oleh banyak fotografer. Tidak hanya diciptakan dengan konstruksi super tetapi lensa ini mampu menghasilkan foto yang sangat tajam dan menakjubkan karena kompresi dan keajaiban khususnya. Keajaiban khususnya adalah mikro – kontras, membuat fokus subjek menjadi lebih indah dan jernih.

Zeiss mampu menhasilkan warna yang tajam pada foto dan membuat warna kulit sang model menjadi lebih mulus. Selain itu juga Zeiss mampu menghasilkan gambar yang sempurna. Memang lensa ini tergolong lensa mahal yang tidak semua orang bisa menggunakannya. Jika kamu ingin mencoba lensa ini, cobalah untuk menyewa dan gunakan mode manual jangan autofocus.

2. Rokinon 85mm f1.4 | $298.95

image

Ronikon adalah lensa low budget yang bisa kamu miliki. Foto yang dihasilkan Ronikon tergolong cukup tajam. Dengan hanya menggunakan mode AF kamu sudah bisa menghasilkan ketajaman warna, resolusi dan kualitas foto yang baik. Perlu diingat, meskipun lensa ini memadai untuk menggunakan AF, tetapi ada baiknya kamu berlatih untuk setting secara manual.

3. Samsung 85mm f1.4 | $849.00

image

Ketika pertama kali diluncurkan, lensa ini menuai banyak kritikan. Tetapi kemampuan lensa ini tetap mampu membuat kita terperangah. Tak hanya karena ketajamannya, tetapi juga teknologi terkini yang diusungnya menghasilkan warna apik seperti yang dihasilkan kamera Canon pada umumnya.

Lensa ini cukup bagus, apalagi jika kamu menambahkan lensa kecil untuk sesi foto headshot. Samsung menawarkan focal length 85mm dengan aperture 1,4 untuk potrait single atau couple dan Supersonic Accuator (SSA)

4. Olympus 75mm f1.8 | $799

image

Mungkin adalah lensa terbaik untuk Micro Four Thirds system dengan depth of field sekitar f3.5-3.7 pada full frame kamera. Lensa ini sangat direkomendasikan untuk Micro Four Thirds Potrait fotografer.

Sensor Olympus sangat baik dan menghasilkan warna yang tajam. Resolusi? Tak perlu ditanya karena hasilnya menakjubkan. Kamu tak perlu mengeluhkan hasil foto potrait dan wedding dengan lensa ini.

5. Sigma 85mm f1.4 | $969.00

image

Lensa ini memang cukup besar, tetapi mampu menghasilkan foto yang sangat cantik. Posisi lensa ini cukup menarik dalam daftar kali ini, mengingat lensa ini adalah satu-satunya yang bisa dipasangkan di Nikon dan Canon dengan harga yang cukup bersaing. Tetapi jangan diragukan soal performa, hasil foto lensa keluara Sigma yang satu ini mendekati kualitas foto yang dihasilkan Canon f1,2 dan Nikon f1,4.

6. Canon 85mm f1.2 L USM II | $2,199

Canon seri ini adalah lensa legendaris. Canon 85mm F1.2 L USM II menjadi andalan bagi para fotografer potrait hingga sekarang. Meskipun dengan aperture f1.2 foto yang dihasilkan sangat solid. Fotografer potrait dan wedding masih mengandalkan lensa ini hingga sekarang. Selain itu lensa ini menghasilkan foto yang sangat sangat jernih dengan resolusi gambar yang amazing. Lensa ini cukup berat hampir untuk semua DSLR kecuali untuk seri 5D atau 7D yang memiliki pegangan vertikal.

7. Nikon 85mm f1.8 | $589

image

Lensa ini mampu menangkap fokus yang lebih cepat dan bekerja dengan baik untuk Nikon D800. Dengan harga yang relatif terjangkau lensa ini mampu menghasilkan warna yang cukup baik. Terutama untuk tone warna kulit. Jika dibandingkan dengan Canon, lensa ini jauh lebih baik dari Canon dilihat dari segi saturasi dan kontrasnya.

Jika sudah membaca semua jenis lensa yang kita rekomendasikan, sekarang saatnya kamu memutuskan mana lensa yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Jika masih merasa bingung dan ragu untuk membeli lensa, menyewa adalah salah satu pilihan yang menghemat kantong. Dengan menyewa kamu bisa mencoba berbagai jenis lensa, barulah kemudian memutuskan membeli yang mana. Save your wallet for one of this lens

Lensa zoom close-up yang cepat (mis. Canon EF 24-70mm F2.8L USM [Canon USA; Lake Success, NY]; Nik-kor 28-70mm f / 2.8D ED-IF AF-S lens [Nikon Inc.] ; Melville, NY]; atau equiv-alent) adalah yang terbaik untuk potrait photography.

Semakin dekat Anda dengan subjek Anda, semakin tajam sudut pengambilan gambar. Lensa yang lebih pendek juga akan memungkinkan subkjek untuk berdiri lebih jauh dari latar belakang sehingga flash tidak muncul di latar belakang. Berhati-hatilah agar tidak menyebabkan distorsi gambar dengan terlalu dekat ke wajah dengan lensa Anda; atur pada 30 mm atau menjadi rendah. Menggunakan lensa yang lebih pendek dapat menciptakan tampilan “Fish eye”. Jaga pengaturan lensa zoom antara 45 mm dan 70 mm.

Referensi

Fondriest, J. 2008. Improving Your Portrait Photography. The Journal of Cosmetic Dentistry. Vol. 24 (1) : 66-73.