Apa lagu nasional dari negara Rusia?

Federasi Rusia (Rusia: Росси́йская Федера́ция, tr. Rossiyskaya Federatsiya; IPA: [rɐˈsʲijskəjə fʲɪdʲɪˈratsɨjə] ( simak)), atau Rusia (Rusia: Росси́я, tr. Rossija; IPA: [rɐˈsʲijə] ( simak)), adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km², Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi, penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016). Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah. Dari barat laut sampai ke tenggara, Rusia berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania dan Polandia (keduanya berbatasan dengan Kaliningrad Oblast), Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, China, Mongolia, dan Korea Utara. Negara ini berbatasan laut dengan Jepang di Laut Okhotsk dan negara bagian Alaska, Amerika Serikat di Selat Bering. Apa ya lagu nasional dari negara ini?

Sumber

Lagu Kebangsaan Federasi Rusia (bahasa Rusia: Госуда́рственный гимн Росси́йской Федера́ции, Gosudartsvenny gimn Rossiyskoy Federatsii) adalah lagu kebangsaan Federasi Rusia. Lirik lagu ini diciptakan oleh penyair Sergey Mikhalkov pada 2000. Musiknya diadopsi dari musik Lagu Kebangsaan Uni Soviet, yang diciptakan oleh komposer Alexander Vasilyevich Alexandrov pada 1939.

Lagu ini diadopsi pada bulan Desember 2000 di masa pemerintahan Presiden Vladimir Putin, menggantikan lagu kebangsaan sebelumnya, Patrioticheskaya Pesnya (Lagu Patriotik), sebuah lagu yang diciptakan oleh komposer Mikhail Glinka. Patrioticheskaya Pesnya sendiri mulai diadopsi pada 1990 sebagai lagu kebangsaan bagi RSFS Rusia dengan tanpa lirik resmi, dan tetap dipakai oleh Federasi Rusia setelah bubarnya Uni Soviet, di bawah pemerintahan Presiden Boris Yeltsin.

Masyarakat Rusia memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap lagu ini, berkenaan dengan kesamaan melodi antara lagu ini dengan Lagu Kebangsaan Uni Soviet. Lagu ini membuat sebagian orang teringat akan masa kejayaan Rusia (Uni Soviet) dan pengorbanan yang besar pada masa itu (khususnya pada masa Perang Dunia II), namun di sisi lain mengingatkan sebagian orang lainnya akan kekejaman yang terjadi pada masa pemerintahan Stalin.