Apa lagu nasional dari negara Italia?

Italia, resminya Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica Italiana, adalah sebuah negara kesatuan republik parlementer di Eropa, Terletak di jantung Laut Mediterania. Italia berbatasan dengan Prancis, Swiss, Austria, Slovenia, San Marino dan Vatikan. Italia mencakup area seluas 301.338 km² (116.347 mi²), dan dipengaruhi oleh iklim sedang dan iklim mediterania. Dilihat dari bentuknya, peta Italia berbentuk seperti sepatu bot atau di Italia sering disebut lo Stivale. Dengan jumlah penduduk mencapai 61 juta jiwa, Italia merupakan negara anggota UE keempat yang paling banyak penduduknya. Apa lagu nasional dari negara ini?

1 Like

Il Canto degli Italiani (Bahasa Italia: Lagu Bangsa Italia) adalah lagu kebangsaan negara Italia.Masyarakat Italia menyebut lagu ini sebagai Inno di Mameli (Bahasa Italia: Himne Mameli) atau Fratelli d’Italia (Bahasa Italia: Persaudaraan Italia).

“Il Canto degli Italiani” (pengucapan bahasa Italia: [il ˈkanto deʎʎ itaˈljaːni]; “The Song of Italyians”) adalah canto yang ditulis oleh Goffredo Mameli dan diatur menjadi musik oleh Michele Novaro pada tahun 1847 , dan merupakan lagu kebangsaan Italia saat ini. lagu ini terkenal di kalangan orang Italia sebagai Inno di Mameli (Nyanyian Mameli), setelah penulis lirik, atau Fratelli d’Italia dari baris pembukaannya. Potongan 4/4 dalam B-flat utama, terdiri dari enam bait dan sebuah refrain yang dinyanyikan di akhir setiap bait. Kelompok ayat keenam, yang hampir tidak pernah dilakukan, mengingat teks bait pertama.

Lagu ini sangat populer selama penyatuan Italia dan dalam beberapa dekade berikutnya, meskipun setelah proklamasi Kerajaan Italia (1861) Marcia Reale (Royal March), himne resmi House of Savoy disusun pada tahun 1831 atas perintah Raja Charles Albert dari Sardinia, terpilih sebagai lagu kebangsaan Kerajaan Italia. Il Canto degli Italiani pada kenyataannya dianggap terlalu sedikit konservatif sehubungan dengan situasi politik saat itu: Fratelli d’Italia, dari konotasi republik dan Jacobin yang jelas, sulit untuk berdamai dengan hasil penyatuan Italia, yang sebuah monarki.

Setelah Perang Dunia Kedua, Italia menjadi republik, dan Il Canto degli Italiani dipilih, pada tanggal 12 Oktober 1946, sebagai lagu kebangsaan sementara, sebuah peran yang kemudian dilestarikan sambil tetap menyanyikan lagu de facto Republik Italia. Selama beberapa dekade berbagai prakarsa parlemen telah dilakukan untuk menjadikannya lagu kebangsaan resmi, hingga Undang-Undang No. 181 tanggal 4 Desember 2017, yang memberi Il Canto degli Italiani status lagu kebangsaan nasional.

Lirik lagu Il Canto degli Italiani :

Fratelli d’Italia,
L’Italia s’è desta,
Dell’elmo di Scipio
S’è cinta la testa.
Dov’è la Vittoria?
Le porga la chioma,
Ché schiava di Roma
Iddio la creò.

Fratelli d’Italia,
L’Italia s’è desta,
Dell’elmo di Scipio
S’è cinta la testa.
Dov’è la Vittoria?
Le porga la chioma,
Ché schiava di Roma
Iddio la creò.

Stringiamci a coorte,
Siam pronti alla morte.
Siam pronti alla morte,
L’Italia chiamò.
Stringiamci a coorte,
Siam pronti alla morte.
Siam pronti alla morte,
L’Italia chiamò!

Referensi
  1. It alludes to the flag of Italy and to the cockade of Italy, both symbols of the battle for the unification of Italy.
  2. The Italians belong to a single people and are therefore “brothers”.