Apa lagu kebangsaan Negara Swedia?

Swedia atau Kerajaan Swedia merupakan sebuah negara Nordik yang berada di Skandinavia, Eropa Utara. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di sebelah barat dan Finlandia di sebelah timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di sebelah barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di sebelah timur. Ibu kota negara ini adalah Stockholm.

1 Like

Du gamla, Du fria (“Kau Tua, Kau bebas”) merupakan lagu kebangsaan Swedia. Walaupun undang-undang dasar Swedia tidak meyinggung tentang lagu kebangsaan, lagu ini dikenal oleh seluruh orang Swedia dan digunakan pada acara umum, sebagai contohnya seperti perlombaan olahraga. Hanya dua bait pertama yang biasanya dinyanyikan dan pada acara olahraga international sering kali hanya bait pertama yang dinyanyikan dan berakhir sebelum refren terakhir. Lebih lanjut, banyak rekaman alat musik memainkan baris ke empat dan ke lima yang dilang sebagai intro sebelum memainkan lagu yang sebenarnya. Praktik ini adalah sesuatu yang tidak dilakukan pada lagu kebangsaan lainnya.

Syair dari Du gamla, Du fria ditulis oleh Richard Dybeck pada tahun 1844 dan nadanya berasal dari lagu traditional VĂ€stmanland. Kadang awal dari syair Du gamla, Du fria dikacaukan dengan “Du Gamla, Du Friska” (Kau tua, Kau sehat).

“Du gamla, du fria”, (dalam bahasa Inggris: “Thou kuno, Thou free”) adalah lagu kebangsaan de facto nasional Swedia. Awalnya berjudul “SĂ„ng till Norden”, tetapi incipit sejak itu diadopsi sebagai judul.

Lirik lagu Du gamla, du fria :

Du gamla, Du fria, Du fjÀllhöga nord
Du tysta, Du glÀdjerika sköna!
Jag hÀlsar Dig, vÀnaste land uppÄ jord,
Din sol, Din himmel, Dina Àngder gröna.

Du tronar pĂ„ minnen frĂ„n fornstora da’r,
dÄ Àrat Ditt namn flög över jorden.
Jag vet att Du Àr och Du blir vad Du var.
Ja, jag vill leva, jag vill dö i Norden.

Jag stÀds vill dig tjÀna, mitt Àlskade land,
dig trohet till döden vill jag svÀra.
Din rÀtt skall jag vÀrna med hÄg och med hand,
din fana, högt den bragderika bÀra.

Med Gud skall jag kÀmpa för hem och för hÀrd
för Sverige, den kÀra fosterjorden.
Jag byter Dig ej, mot allt i denna vÀrld
Nej, jag vill leva jag vill dö i Norden.

Referensi

“NationalsĂ„ngen”. Sveriges Kungahus. Retrieved 2020-04-20.