Apa lagu kebangsaan Negara Selandia Baru?

Selandia Baru merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di barat daya Samudera Pasifik. Negara ini terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau lainnya yang lebih kecil. Ibu kota negara ini adalah Wellington.

God Defend New Zealand (bahasa Indonesia: Tuhan, lindungi Selandia Baru) adalah salah satu dari dua lagu kebangsaan Selandia Baru. Selandia Baru memiliki dua lagu kebangsaan, yaitu: God Defend New Zealand dan God Save the Queen. Keduanya memiliki posisi yang sama di dalam hukum. Tapi, kebanyakan orang lebih merujuk “God Defend New Zealand” sebagai lagu kebangsaan Selandia Baru, mengingat God Save the Queen juga lagu kebangsaan Britania Raya dan banyak negara persemakmuran lainnya.

Pada awalnya, lagu ini adalah sebuah puisi yang ditulis oleh Thomas Bracken sekitar tahun 1876, kemudian puisi tersebut digubah menjadi lagu dalam suatu perlombaan yang dimenangkan oleh John Joseph Woods. Pada tahun 1940, perdana menteri Peter Fraser mengadopsi lagu God Defend New Zealand sebagai Himne Nasional, dan menteri dalam negeri Selandia Baru, David Allan Highet, menyatakan bahwa lagu ini diadopsi menjadi lagu kebangsaan pada tanggal 21 November 1977.