Apa lagu kebangsaan Negara Mozambik?

Republik Mozambik adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan yang berbatasan dengan Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, Malawi, Zambia dan Zimbabwe. Mozambik merupakan anggota Komunitas Negara-Negara Berbahasa Portugis dan Persemakmuran. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya ialah Maputo yang terletak di penghujung bagian selatan.

Mozambik merupakan salah satu negara misikin dan tertinggal di dunia. Mozambik memiliki kekayaan alam yang banyak dan luas. Perekonomian negara sebagian besar bergantung pada pertanian, namun industri, terutama makanan dan minuman, pabrik kimia, aluminium, dan produksi minyak bumi semakin bertambah, begitupun dengan sektor pariwisata.Negara ini menjalin kerja sama khusus dengan Afrika Selatan dalam hubungan perdagangan, sekaligus sebagai tempat bagi penanaman modal asing dari Afrika Selatan. Portugal, Brasil, Spanyol, dan Belgia juga merupakan rekan yang penting dalam kerja sama ekonomi. Sejak tahun 2001, rata-rata pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) Mozambik termasuk tinggi. Namun, peringkat negeri ini masih rendah dalam ukuran PDB per Kapita,Indeks Pembangunan Manusia, Kesenjangan Sosial, dan Usia Harapan Hidup.

Mozambik terbagi menjadi 11 provinsi: Cabo Delgado, Gaza, Inhambane, Manica, Maputo (kota), Maputo, Nampula, Niassa, Sofala, Tete, and Zambezia.

Lagu kebangsaan: Pátria Amada (Portugis) Tanah Air Tercinta