Apa lagu kebangsaan Negara Belanda?

Belanda merupakan sebuah negara peserta Kerajaan Belanda, yang terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat Laut, dan tiga pulau di Karibia. Belanda Eropa berbatasan dengan Laut Utara di sebelah utara, dan barat, Belgia di sebelah selatan, dan Jerman di sebelah timur, dan berbagi perbatasan bahari dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya. Ibu kota negara ini adalah Amsterdam.

Wilhelmus adalah Lagu Kebangsaan Belanda. Lagu ini terdiri dari 15 bait yang sama-sama membuat sebuah akrostikhon: pada varian yang lama, huruf-huruf pertama dari ke 15 bait semuanya membentuk nama Willem van Nassov.

Biasanya hanya bait pertama dan keenam, atau bait pertama saja yang dinyanyikan.

Wilhelmus menjadi lagu kebangsaan Belanda sejak tanggal 10 Mei 1932. Meskipun tidak secara resmi diakui sebagai lagu kebangsaan Belanda sampai tahun 1932, Wilhelmus adalah lagu yang tertua di dunia.[1] Lagu ini pertama kali ditulis pada tahun 1574,[2] membuatnya sudah berusia lebih dari 437 tahun. Dulu di Hindia Belanda (Indonesia) pernah ada pula terjemahan (resmi) dalam Bahasa Melayu yang suka dinyanyikan.