Apa kuliner yang unik di Jawa Tengah ?

Di Jawa tengah pasti ada banyak macam kuliner, baik itu kuliner yang familiar maupun tidak, namun apakah kuliner yang unik dari Jawa Tengah ?

Nasi gandul merupakan nasi uduk yang disajikan dengan daun pisang. Rasa gurih nasi gandul ini tentu lebih gurih dari nasi uduk pada umumnya. Nasi gandul biasanya disajikan dengan tambahan lauk berupa daging sapi dan kuah segar tentunya. Makanan khas daerah Pati ini sangat terkenal dengan wangi sedap daun pandannya dan akan lebih nikmat disantap saat masih hangat.

Nasi grombyang merupakan nasi yang disajikan dalam mangkuk kecil dengan lauk berupa daging kerbau dan kuahnya. Penamaan grombyang sendiri berasal dari kuahnya yang sangat banyak bahkan melebihi nasi dan lauknya, sehingga saat disajikan kelihatan bergoyang-goyang atau grombyang-grombyang. Nasi grombyang ini merupakan makanan yang berasal dari daerah Pemalang.

Sate klathak sebenarnya merupakan sate dengan bahan dasar daging kambing, namun bukan seperti sate kambing pada umumnya. Sate klathak ini dibuat dari daging kambing muda dan cara memasaknya pun juga berbeda, yaitu hanya dibakar dengan tambahan bumbu berupa garam saja. Penyajiannya pun juga hanya disajikan begitu saja tanpa tambahan bumbu kecap seperti sate biasanya. Sate klathak ini biasa dijumpai di daerah Bantul.