Apa konsep membuat produk menggunakan MVP, dan apa contoh yang dihasilkan dari MVP ?

1

Apa konsep membuat produk menggunakan Minimum Viable Product (MVP), dan apa contoh yang dihasilkan dari Minimum Viable Product (MVP) ?

3

Produk Mini bukan berarti produk yang dikecilkan namun dapat juga berarti MVP (Minimum Viable Product) dari produk tersebut. Sebagai contoh apabila Anda memutuskan berjualan kue, maka sediakan beberapa potongan kue atau yang berukuran lebih kecil untuk melihat respon dari calon pembeli. Hal yang sama juga berlaku untuk suatu layanan / piranti lunak. Ingat yang dicari adalah feedback dari user atau pembeli.

Bagi yang belum pernah mendengar apa itu MVP. MVP adalah sebuah produk dengan fitur minimum yang digunakan untuk mempelajari timbal balik pengguna dan memvalidasi ide untuk kemudian dilakukan pengembangan fitur berikutnya berdasarkan timbal balik pengguna tersebut.

1

Contoh MVP yang paling bagus bisa dibilang Snapchat. Snapchat hanya memiliki satu fokus khas, kamu dapat melihat dan mengirim gambar ke user yang lain, namun gambar yang kamu kirimkan hanya dapat dilihat sebentar. Snapchat merupakan produk yang sederhana dengan sebuah fokus. Mereka mencoba konsep inti aplikasi di pasaran dan berhasil. Hanya setelah peluncuran perdana dan pengesahan produk, baru setelah itu tim merasakan mereka membutuhkan fitur-fitur lainnya.

Referensi :