Apa keuntungan yang didapat dari penggunaan jaringan nirkabel?

jaringan_komputer

(anon17544827) #1

Kemajuan teknologi saat ini begitu pesat, terlebih tentang jaringan komputer. Dahulu seseorang harus bertemu untuk bertukar informasi dan data, kemudia ditemukan jaringan kompuer dengan kabel, dan saat ini ditemukan lagi jaringan nirkabel. Lalu, apa keuntungan penggunaan jaringan nirkabel tersebut?


(Indrihana K. L.) #2

Jarikan nirkabel atau wireless atau bisa juga didefinisikan sebagai jaringan tanpa kabel. Yang mana dalam proses pengiriman data tidak melalui perantara atau media seperti kabel. Penggunaan yang paling sering kita jumpai saat ini seperti WIFI. Lalu apa sajakah manfaat atau keuntungan dari penggunaan jaringan nirkabel?

  1. Lebih Mobile
    Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya jaringan nirkabel kegiatan atau aktivitas dapat dilakukan di manapaun dan kapanpun. Misalnya, dahulu sebelum ada WIFI, untuk menyambung ke internet salah satunya melalui kabel telepon. Yang artinya, connecting ke internet tidak dapat dilakukan di manapun karena bergantung pada panjang maksimal kabel. Berbeda dengan adanya teknologi seperti WIFI. Dengan adanya teknologi WIFI, pengguna hanya perlu menyambungkan perangkat ke WIFI dengan aplikasi yang sudah tersedia di ponsel. Dan hanya perlu memperhatikan radius sinyal WIFI. Artinya, dapat dilakukan di manapun selama masih masuk ke radius sinyal WIFI.

  2. Anggaran yang Murah dan Efektif
    Maksud dari poin ini adalah ketika sebuah perusahaan memiliki banyak karyawan yang harus terhubung satu sama lain, atau harus mengakses internet, perusahaan tidak perlu menambah banyak kabel atau telepon lagi. Karena hanya dengan jaringan nirkabel, perusahaan dapat menyediakan layanan internet dengan cakupan yang lebih luas. Maka dari itu dengan adanya jaringan nirkabel, anggaran yang dikeluarkan tak sebanyak ketika masih memakai telepon.

  3. Pemasangan Mudah
    Untuk jaringan nirkabel pemasangannya jauh lebih mudah. Karena jaringan nirkabel dapat menembus tembok yang artinya masih dapat terhubung walau terhalang tembok tanpa perlu membuat lubang seperti ketika menggunakan kabel.

  4. Konfigurasi Mudah
    Seperti jaringan nirkabel LAN yang dapat dikonfigurasikan dengan jenis topologi manapun untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Bahkan dapat diubah dari jaringan peer to peer ke jaringan yang lebih luas, Karena hanya perlu merubah setting nya saja tanpa perlu menambah kabel atau peralatan lain.

Referensi :
http://www.rfwireless-world.com/Terminology/Advantages-and-Disadvantages-of-wireless-communication.html



(Muhammad Ilham Maksum) #3

Didalam Jaringan Komputer terdapat 2 tipe jaringan yaitu Jaringan dengan kabel dan tanpa kabel. Saat ini jaringan menggunakan kabel sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan karena berbagai macam alasan salah satunya mobilitas. Seiring berkembangnya teknologi, jaringan tanpa kabel (nirkabel) mulai merambah ke dunia pendidikan seperti sekolah dan kampus dan rumah tangga, dari yang dahulu jaringan komputer hanya ada di perkantoran. Hal ini menunjukkan bahwa jaringan nirkabel cocok digunakan di segala kondisi oleh siapapun dan dimanapun. Berikut keuntungan jaringan nirkabel yang dapat memperkuat alasan mengapa jaringan nirkabel ada dimana-mana :

1. Lokasi yang fleksibel
Lokasi pemasangan jaringan nirkabel dan penggunaan jaringan nirkabel seperti Wi-Fi dapat dipasang dimanapun yang diinginkan, di dinding, atap, meja, dimana saja bisa. Jaringan nirkabel hanya membutuhkan perangkat router sebagai pemancar jaringannya, itulah mengapa jaringan nirkabel dapat dipasang dimana saja.

2. Mobilitas mudah
Selain jaringan nirkabel dapat dipasang dimana saja, jaringan nirkabel juga dapat diakses dimanapun asal sesuai skala cakupan router. Mobilitas ini bisa dikatakan mudah karena untuk mengakses jaringan tidak diperlukan kabel yang panjang agar bisa dibawa kemana-mana. Jaringan dapat diakses di meja kerja, sofa kantor, kantin kantor, kelas, dapur rumah, dan lain sebagainya.

3. Jangkauan
Selanjutnya adalah jangkauan dari jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel dapat diakses ditempat yang mungkin jaringan kabel sulit menjangkaunya. Karena prinsip dari jaringan nirkabel adalah gelombang radio yang menyebar ke segala arah.

4. Cakupan
Apabila tadi jangkauan, sekarang adalah cakupan. Jaringan nirkabel dapat mencakup skala yang besar seperti Hotel, Kantor, Sekolah, Museum dan banyak lagi. Dengan cakupan skala yang besar tadi, jaringan nirkabel juga dapat diakses oleh users yang banyak juga karena cakupannya yang luas.

5. Posisi
Posisi dari pengguna jaringan nirkabel dapat di monitoring dengan mudah karena adanya gelombang radio yang terus terpancar. Hal ini memudahkan untuk menemukan barang yang hilang dan masih tersambung dengan jaringan.

6. Keamanan
Jaringan nirkabel mempunyai keamanan yang tinggi karena adanya teknologi enkripsi. Jaringan nirkabel juga dapat mendeteksi, melacak, bahkan mem-Block perangkat yang tidak diketahui atau perangkat yang berpontensi melakukan kejahatan.

Referensi :

http://wireless-head.net/advantages.html

http://www.advantages-disadvantages.co/wireless-networks-advantages-and-disadvantages/


(Aruf Rachman Hakim) #4


Sumber Gambar : http://www.quadratek.net

Jaringan nirkabel atau wireless adalah salah satu media atau sistem transmisi data yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Jaringan nirkabel pada saat ini telah banyak digunakan, salah satu contohnya adalah Wi-Fi. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari adanya jaringan nirkabel ini, beberapa diantaranya :

1. Meningkatkan Mobilitas
Mobilitas yang meningkat adalah daya tarik terbesar yang dimiliki jaringan nirkabel bagi kebanyakan bisnis. Jadi seseorang tidak hanya dapat mengakses informasi dari server namun mereka juga dapat berkolaborasi dan berbagi informasi dengan orang lain.

2. Adanya BYOD (Bring Your Own Device)
Masyarakat bebas membaw alaptop, tablet dan smartphone milik mereka ke tempat kerjanya dan diberi hak akses ke jaringan nirkabel. Selain untuk memudahkan karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka, Adanya BYOD ini juga meminimalisir biaya untuk mendanai biaya perangkat keras untuk perusahaan mereka.

3. Meningkatkan Produktivitas
Memungkinkan karyawan untuk berkolaborasi di dunia kerjanya, hal tersebut dapat membawa kebebasan beroperasi dan mempercepat proses kerja. Selain itu dengan membawa pulang perangkat mereka, mereka mampu melanjutkan kerjanya dirumah. Sehingga produktivitas semakin meningkat.

4. Skalabilitas
Salah satu masalah yang melekat pada jaringan nirkabel adalah mengatasi ekspansi. Setelah menambahkan kabel tambahan, dan mengganti kabel yang ada, bisa menjadi proses yang mengganggu dan mahal. Sementara setiap perusahaan harus merencanakan ke depan saat memasang jaringan nirkabel, hampir tidak mungkin untuk memperkirakan persyaratan masa depan secara akurat kecuali jika perencanaan yang baik dilakukan.

5. Penggunaan Oleh Tamu
Memberi kemampuan untuk bekerja dan mengakses informasi yang mereka butuhkan saat berada di kantor kita. Serta membuat sharing informasi menjadi lebih mudah, menawarkan kemudahan bagi tamu yang berkunjung ke kantor kita. Ini juga memberi akses Internet kepada pelanggan dan pemasok yang berkunjung.

6. Adanya VOIP (Voice Over Internet)
Salah satu keuntungan jaringan nirkabel yang sering kali digunakan adalah VOIP. Jaringan nirkabel dapat melakukan pangigilan tekepon menggunakan protokol Voice Over Internet. Panggilan VOIP ini gratis namun terkadang tidak stabil tergantung sinyal yang ada. VOIP jauh lebih murah dari pada menggunakan telepon biasa yang mungkin dapat menghabiskan banyak pulsa.

7. Biaya Wi-Fi Lebih Murah
Penggunaan jaringan nirkabel dibanding jaringan kabel jauh lebih murah. Semakin besar jaringan, baik dari sisi area dan pengguna, maka akan semakin mahal kabel yang akan dipasang. Dengan adanya jaringan nirkabel, semua dapat dilakukan lebih mudah dan aman.

Referensi :


(A.PutraBangsawaan) #5

Wireless sendiri mengacu pada sebuah teknologi yang memungkinkan sesuatu diteransmisikan tanpa menggunakan kabel sebagai penghantar. Wireless yang merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer guna syarat utama dalam perangkat untuk mengakses internet ini menjadi alternatif nomor satu untuk user.Dalam hal ini, yang ditransmisiskan adalah paket data di dalam sebuah jaringan komputer. Jaringan wireless atau nirkabel menggunakan udara sebagai penghantar transmisi data, sehingga bisa dibilang bahwa jaringan wireless secara kasat mata berada di sekeliling kita, dan menjadi bagian di dalam ruang udara yang kita tempati saat ini.

Jaringan wireless memang saat ini sudah banyak sekali dimanfaatkan dan diaplikasikan untuk berbagai macam keperluan. Meskipun demikian, sebagai sebuah teknologi yang terus berkembang, tentu saja teknologi jaringan wireless ini memiliki beberapa keunggulan, dan juga kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari sebuah jaringan wireless, dan juga kekurangna dari sebuah jaringan wireless.

Kelebihan Jaringan Wireless

  1. Tidak membutuhkan instalasi kabel yang panjang
    Kelebihan pertama dari penggunaan jaringan wireless adalah tanpa perlu menggunakan kabel. Bayangkan ketika anda harus menghadapi serangkaian kabel yang masuk ke dalam komputer anda agar bisa terhubung ke dalam jaringan. Sudah pasti hal ini akan sangat merepotkan dan sangat menyulitkan bagi iuser. Terutama bagi yang memiliki space yang cukup sempit, sehingga nantinya kabel akan terlihat sangat berantakan.

    Selain itu, biaya pemasanagan kabel pun bisa dihemat, meskipun harga kabel tidak terlalu tinggi, namun tetap saja hal ini dapat mengehmat biaya instalasi kabel. Hal ini berlaku dengan jenis-jenis jaringan komputer apa saja, sesuai dengan implementasi cakupan, namun lebih banyak untuk jangkauan yang tidak terlalu luas seperti LAN.

  2. Cocok untuk digunakan pada jaringan yang luas cakupan areanya
    Minus kabel, itu artinya jaringan wireless akan sangat mudah untuk diaplikasikan pada sebuah jaringan yang cakupan areanya sangat luas, bahkan hingga mendunia. Tentu saja, apabila anda menggunakan kabel, jaringan ini akan sangat sulit untuk dibangun, karena membutuhkan jumlah kabel yang tidak sedikit.

    Maka dari itu, dengan adanya wireless network ini, siapapun yang berada di belahan dunia mana pun akan tetap dapat terhubung ke dalam jaringan tanpa perlu repot mengurusi masalah perkabelan. (baca juga: prinsip kerja wide area network)

  3. Kecepatan transfer data yang cenderung stabil
    Banyak yang mengatakan bahwa kecepatan transfer data antara jaringan kabel dan jaringan wireless, adalah lebih baik pada jaringan kabel. Namun demikian ternyata, hal ini tidak terlalu berpengaruh. Terlebih dengan penerapan topologi jaringan komputer yang cukup baik.

    Apabila kita menggunakan patokan keceptan transmisi data, maka pada dasarnya kedua jenis jaringan ini baik kabel maupun wireless tidaklah jauh berbeda dari segi kecepatan transmisi datanya. Jadi, dengan menggunakan jaringan wireless, anda tidak perlu khawatir kecepatan transmisi data anda menjadi memburuk.

  4. Kompatibel hampir dengan berbagai jenis perangkat, seperti smartphone dan laptop
    Saat ini penggunaan jaringan wireless sudah sangat umum dan banyak dikenal. Hal ini membuat sudah banyak sekali perangkat, baik itu perangkat elektronik biasa dan perangkat telekomunikasi yang mampu untuk terhubung ke dalam jaringan wireless.

    Contohnya adalah handphone, yang sejak dulu sudah memanfaatkan jaringan telekomunikasi wireless. Begitu pula dengan laptop, yang secara umum juga kebanyakan sudah terdapat wireless network adapter di dalam setiap unit. Sehingga penggunaan wireless sudah sangat mudah, dan kompatibel dengan banyak perangkat elektronik dan komunikasi, terlebih jaringan LAN, MAN, dan WAN.

  5. Memungkinkan sebuah hardware bekerja di dalam jaringan secara portable
    Dengan tidak adanya kabel pada sebuah perangkat elektronik, maka tentu saja alat elektronik tersebut akan lebih mudah untuk dibawa-bawa atau biasa di kenal dengan portable. Anda tidak perlu membawa kabel untuk handphone anda. Hal ini tentu saja akan sangat meningkatkan kepraktisan dan utilitas dari sebuah perangkat elektronik yang biasa kita gunakan sehari-harinya.

  6. Kekuatan sinyal masih bisa diperkuat dengan menggunakan alat bantu khusus, seperti antenna dan penguat sinyal
    Anda mungkin sering mengeluh tentang kekuatan sinyal wireless pada perangkat telekomunikasi anda yang jelek dan juga menyedihkan. Namun demikian, penggunaan sistem jaringan wireless masih bisa diakali dengan beberapa cara mudah.

    Ketika anda mengalami deficit sinyal untuk perangkat anda, maka anda bisa menggunakan beberapa peralatan tambahan, seperti antenna tambahan, ataupun peralatan penguat sinyal lainnya, yang dapat membantu anda untuk memperoleh sinyal wireless yang lebih baik, dan dapat memecahkan masalah persinyalan pada perangkat wireless anda.