Apa keuntungan mengidentifikasi risiko dan menciptakan daftar risiko ?

manajemen_risiko

(Klasika Honesty) #1


Ada banyak manfaat untuk mengidentifikasi risiko dan membuat daftar risiko. Apa saja keuntungan mengidentifikasi risiko dan membuat daftar risiko ?


(Frydo Tio Fernando) #2

  1. Pertama, manajer proyek dapat berkolaborasi dengan anggota tim dan pemangku kepentingan untuk memahami sifat seluruh binatang yang sedang diatasi oleh organisasi.
    Tidak ada orang yang sepenuhnya memahami kejadian dan kondisi di masa depan yang dapat mempengaruhi proyek. Pemangku kepentingan dapat menyinari tempat-tempat gelap untuk mengungkapkan jebakan, ranjau darat, dan bahaya yang terbentang di depan. Mereka juga dapat membantu mengidentifikasi hal-hal yang dapat membantu organisasi untuk memajukan proyek.

  2. Kedua, daftar risiko membantu dalam membuat keputusan yang bijaksana. Contohnya, dengan mengidentifikasi risiko, organisasi bisa mengetahui jika ada sebuah daftar yang berisi risiko paling signifikan yang dievaluasi dan diprioritaskan. Sehingga organisasi mengetahui di mana menginvestasikan waktu, energi, dan anggaran yang terbatas.

  3. Ketiga, project managers can quickly provide others with an orientation to their projects.
    Contoh kasus:
    Nando, merupakan anggota tim baru, ditambahkan ke tim proyek Tio, empat bulan setelah proyek dimulai. Salah satu dokumen yang dibicarakan Tio dengan Nando adalah daftar risiko. Tio menyoroti risiko teratas dan meminta Nando untuk meninjau yang lain.

  4. Keempat, manajer proyek dapat mengambil informasi yang tepat dari daftar untuk melaporkan risiko ke berbagai pihak. Pelaporan dari repositori umum memastikan integritas dalam informasi yang mengalir ke berbagai individu, kelompok, atau organisasi.

  5. Kelima, tindakan sederhana untuk mengidentifikasi risiko membuat segalanya lebih transparan. Saat hal-hal di tempat terbuka, orang merasa lebih aman dan saling percaya satu sama lain. Anggota tim lebih percaya diri dalam memenuhi misi mereka.

Referensi :