Apa keuntungan menggunakan Algoritma?

Algoritma adalah urutan langkah - langkah logis untuk penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Kata logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Melaksanakan Algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah di dalam Algoritma tersebut. Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya.

Lalu apa keuntungan dalam menggunakan algoritma?

Algoritma merupakan urutan langkah logis penyelesaian suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Dalam penggunaannya, algoritma sangat berguna karena sebagai langkah awal pembuatan sebuah program. Keuntungan dari penggunaan algoritma adalah sebagai berikut:

  1. Pemecahan masalah yang lebih baik karena algoritma memecahkan masalah secara rasional serta melibatkan identifikasi proses, poin keputusan utama, serta variabel yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah.

  2. Meningkatkan efisiensi karena algoritma bertindak seperti pengingat dan membantu memastikan semua variabel atau bagian kecil dari masalah atau tugas tertentu tidak diabaikan sehingga semua tugas berjalan lancar dan terpenuhi.

  3. Memberikan kejelasan. Algoritma dapat memberikan kejelasan dengan menyajikan proses solusi terperinci sehingga memungkinkan identifikasi kesalahan dan kelemahan dalam keseluruhan proses. Algoritma juga memberi kejelasan dan merupakan bagian penting dari evaluasi, kontrol, dan analisis.

  4. Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun. Penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang terlaksanakannya serta dapat diterjemahkan dalam berbagai bahasa pemrograman.

Sumber:

Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara sistematis dan berdasarkan logika ( benar/salah) untuk mencapai tujuan. Begitupun perkembangan teknologi komputer yang dimulai dari awal pembuatan menyesuaikan dengan algoritma kehidupan manusia bahkan kemampuan komputer terus ditingkatkan hingga menyamai atau mirip seperti kehidupan atau tingkah laku manusia yang lebih dikenal dengan artificial intelligence dan manchine learning.

Lalu keuntungan apa saja didapat dari menggunakan Algoritma? Simak berikut.

  1. Mudah untuk Dipahami
    Dengan menggunakan Algoritma, maka sesuatu menjadi lebih mudah dipahami, karena algoritma sendiri merupakan langkah-langkah yang terstruktur dimana setiap langkahnya merupakan alur dari algoritma itu sendiri, sehingga akan lebih mudah memahami jika mengikuti alurnya.

  2. Mudah untuk Diimplementasi
    Setelah mudah untuk memahami Algoritma, maka dalam mengimplementasikannya akan lebih mudah, karena sudah sesuai dengan urutan yang jelas dan kemungkinan kesalahan kecil. Urutan dapat ditampilkan dalam bentuk flowchart agar lebih mudah diikuti.

  3. Mudah untuk Diubah
    Dengan menggunakan Algoritma, kesalahan-kesalahan dapat langsung diatasi dengan mudah. Dengan memperhatikan urutan-urutan langkah dengan benar, dan mengubah kesalahan yang ada, tidak perlu mencoba menjalankan program dulu, namun dengan melihat alur algoritma dengan seksama maka akan bisa menemukan kesalahan yang sekiranya bakal terjadi.

  4. Tidak Terikat dengan Bahasa Pemograman Apapun
    Pembuatan Algoritma bebas dibuat dalam bentuk apa pun. Algoritma sendiri terdapat 2 jenis dalam bentuk tulis (Pseudocode) dan dalam bentuk diagram (flowchart) dan bentuknya masih belom dalam bentuk program sehingga tidak perlu menggunakan bahasa pemograman khusus untuk membuat algoritma.

Istilah algoritma sekarang diterapkan pada berbagai jenis pemecahan masalah yang menggunakan urutan langkah mekanis, seperti dalam menyiapkan program komputer. Urutannya dapat ditampilkan dalam bentuk flowchart agar lebih mudah diikuti. Pada perangkat komputasi dengan logika mikrokomputer built-in, logika ini adalah suatu bentuk algoritma seiring bertambahnya kerumitan komputer, dengan semakin banyak algoritma perangkat lunak yang menggunakan perangkat lunak keras.

Ini berarti bahwa algoritma semakin menjadi bagian dari sirkuit dasar komputer, serta berdiri sendiri di perangkat khusus. Banyak aplikasi algoritma yang sekarang tersedia berbeda, dan sistem yang sangat canggih seperti algoritma kecerdasan buatan mungkin umum akan terjadi kedepannya.

Sumber: