Apa Keuntungan mempelajari Sistem Informasi?

Pada Zaman yang serba teknologi pasti akan sangat dibutuhkan ilmu-ilmu di bidang IT untuk kedepanya,dimana Sistem informasi adalah salah satunya,Apa saja sih keuntungan mempelajari SI?

Dalam mempelajari berbagai hal, kita pasti akan memperoleh hal-hal yang bermanfaat, sama halnya dengan kita mempelajari sistem informasi manajemen kita dapat memperoleh berbagai manfaat, manfaat mempelajari sistem informasi manajemen, diantaranya :

  1. Dapat mengetahui berbagai macam informasi dengan lebih cepat dan akurat
    Dengan mempelajari bagaimana sistem informasi manajemen maka kita akan lebih memahami bagaimana jalannya informasi dan penyaluranya, dengan begitu kita akan mudah dalam memperoleh informasi. Selain itu, jika kita mengetahui bagaimana sistem informasi tersebut maka kita akan memperoleh lebih banyak informasi dan dapat memperoleh informasi yang lebih akurat.

  2. Menambah pengetahuan kita terkait dengan teknologi informasi
    Di masa ini kita dituntut untuk mengerti dan mengikuti perkembangan informasi, perkembangan informasi saat ini terkait dengan perkembangan teknologi. Dengan kita mengetahui sistem informasi maka kita juga akan lebih mengerti teknologi dan perkembanganya.

  3. Mempermudah kita dalam memanajemen berbagai hal
    Misalkan saja kita seorang manajemen dalam perusahaan, jika kita mengetahui bagaimana kita dapat memperoleh informasi beserta sumber - sumbernya, maka kita dapat memperoleh data-data yang berperan penting dalam pengambilan keputusan. Selain itu dalam keseharian kita juga membutuhkan pengetahuan dalam sistem informasi manajemen, sebab dengan melakukan berbagai hal kita perlu memperoleh sumber-sumber informasi guna mengambil keputusan yang benar, misalkan saja bagaimana penghasilan kita bulan ini, dan apa-apa saja yang kita butuhkan bulan ini, dengan begitu kita dapat mengatur anggaran untuk pengeluaran kita.

  4. Menambah pengalaman tentang pentingnya informasi yang tersistem baik
    Informasi memang merupakan sesuatu yang abstrak akan tetapi juga bukan berarti kita sembaranga dalam mencari sumber informasi, kita harus mengetahui bagaimana informasi tersebut disusun. Informasi yang tersistem akan memudahkan kita dalam memperoleh data yang kita butuhkan, selain itu kita juga dapat mengetahui keakuratan informasi tersebut. Pentingnya informasi yang tersistem tidak hanya dalam segi manajemen, tetapi juga dari berbagai hal, bahkan dari hal yang paling sederhana, misalkan saja mengenai urutan mahasiswa dalam absen, dosen membutuhkan informasi yang tersistem agar memudahkanya dalam memposting nilai untuk mahasiswanya, dan lain sebagainya.

  5. Kita dapat memperoleh kemudahan dalam menangkap informasi
    Karena jika kita telah mempelajari bagaimana sistem informasi manajemen maka kita akan mengetahui bagaimana itu sistem, informasi dan manajemen. Dengan begitu kita dapat lebih mudah dalam menggunakan informasi yang disajikan, karena akan sia-sia saja jika kita disuguhkan dengan berbagai macam informasi akan tetapi kita tidak dapat memanfaatkanya secara tepat dan maksimal karena kita tidak begitu mengetahui mengenai sistem informasi manajemen.

  6. Mempermudah dalam memanajemen berbagai hal
    Terutama bagi manajer yang sangat membutuhkan informasi sebagai inputnya maka dia wajib mengetahui berbagai hal terkait sistem informasi manajemen. Dengan mengetahui bagaimana sistem informasi manajemen maka seorang manajer dapat memperoleh dasar-dasar dalam penggunaan maupun penyampaian informasi, selain itu jika informasi yang dia peroleh berasal dari sumber yang tersistem dengan baik, maka berbagai keputusan yang dihasilkan juga akan berjalan dengan baik, karena apapun yang di hasilkan dari keputusan seorang manajer selain dari kehandalanya sebagai manajer tetapi juga terkait dengan bagaimana informasi-informasi yang diolahya.

Sumber :

Mengapa mempelajari sistem informasi?
Mendapatkan latar belakang pendidikan di SI adalah hal yang sangat cerdas untuk dilakukan, karena sebagian besar manajer sistem informasi dan komputer memerlukan setidaknya gelar sarjana di bidang ilmu komputer atau informasi untuk pekerjaan. Pengalaman kerja juga merupakan nilai tambah, jadi mendapatkan magang sebelum memulai studi Anda akan membantu mendorong Anda ke posisi yang lebih tinggi setelah lulus dari program SI.

Dalam empat tahun gelar sarjana Anda akan mempelajari topik penting yang dibutuhkan di dunia profesional SI termasuk, namun tidak terbatas pada:

  • Pemrograman komputer
  • Pengembangan perangkat lunak
  • Matematika
  • Pengelolaan
  • Bisnis

Gelar sarjana juga direkomendasikan oleh banyak organisasi SI, dan pendidikan tinggi akan mendorong Anda ke posisi yang lebih tinggi di dalam departemen IT. Master of Business Administration (MBA) adalah salah satu tingkat atas tingkat yang lebih umum yang profesional SI memilih untuk belajar.

Sistem Informasi Job Outlook:
Alasan positif lainnya untuk mendapatkan gelar di IS adalah karena lapangan kerja diproyeksikan tumbuh sempurna dari tahun 2010 sampai 2010, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja . Pada tahun 2020 harus ada 363.700 pekerjaan yang terbuka di bidang IS dan CIS.

Teknologi komputer hanya akan terus berkembang sepanjang perjalanan waktu, terutama karena perusahaan beralih ke jaringan yang lebih baru, lebih cepat, dan lebih mobile. Selain itu, keamanan cyber akan menjadi lebih memprihatinkan. Industri lain seperti perawatan kesehatan juga akan berinvestasi di departemen TI karena teknologi dan peralatan mereka menjadi lebih maju. Artinya akan ada lebih banyak posisi manajemen yang terbuka, yang seringkali membutuhkan gelar.

kita simpulkan SI memiliki :

Keuntungan

Komunikasi - dengan bantuan teknologi informasi, pesan instan, email, suara dan video call menjadi lebih cepat, lebih murah dan efisien.

Globalisasi dan kesenjangan budaya - dengan menerapkan sistem informasi kita dapat menurunkan batasan-batasan linguistik, geografis dan beberapa budaya. Berbagi informasi, pengetahuan, komunikasi dan hubungan antara berbagai negara, bahasa dan budaya menjadi lebih mudah.

Ketersediaan - sistem informasi telah memungkinkan bisnis dibuka 24 × 7 di seluruh dunia. Ini berarti bisnis bisa dibuka kapanpun dimana saja, melakukan pembelian dari berbagai negara lebih mudah dan nyaman. Ini juga berarti Anda dapat mengirimkan barang Anda ke depan pintu Anda dengan harus memindahkan satu otot.

Pembuatan jenis pekerjaan baru - salah satu keuntungan terbaik dari sistem informasi adalah penciptaan pekerjaan baru dan menarik. Pemrogram komputer, penganalisis Sistem, pengembang Perangkat Keras dan Perangkat Lunak dan perancang Web hanyalah beberapa dari banyak peluang kerja baru yang diciptakan dengan bantuan IT.

Efektivitas dan produktivitas biaya - aplikasi SI mempromosikan operasi perusahaan yang lebih efisien dan juga meningkatkan pasokan informasi kepada para pengambil keputusan; Penerapan sistem semacam itu juga dapat memainkan peran penting dalam membantu perusahaan memberi penekanan lebih besar pada teknologi informasi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. SI memiliki dampak positif terhadap produktivitas, namun ada beberapa frustrasi yang dapat dihadapi oleh pengguna sistem yang terkait langsung dengan kurangnya pelatihan dan kinerja sistem yang buruk karena penyebaran sistem.

Source:
http://masterofinformationsystems.net/why-study-information-systems/
https://blogs.deusto.es/master-informatica/advantages-and-disadvantages-of-information-systems/

Apakah keuntungan anda mempelajari Sistem Informasi? apakah ilmu tersebut akan bermanfaat dikehidupan anda? Jawabannya adalah Ya. Dan bahkan akan sangat berguna, dikarenakan kehidupan manusia di era zaman sekarang sudah serba digital dan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Sistem Informasi ( Information System ) adalah sistem yang terorganisir untuk pengumpulan, pengorganisasuan, penyimpanan dan komunikasi. Lebih khusus lagi adalah, studi mengenai jaringan pelengkap yang digunakan orang dan organisasi untuk mengumpulkan, menyaring, memproses, membuat dan mendistribusikan data.

Lalu mengapa hal tersebut menjadi sesuatu yang sangatlah berguna dan bermanfaat? orang-orang bilang "What’s the benefit learning all those kind of information?" Alasan untuk mempelajari Sistem Informasi tidaklah lain adalah peluang karir yang melesat tinggi.

1. Complementary Majors ( Jurusan Pelengkap )
Sebuah jurusan yang dibentuk dengan menggabungkan dua bidang studi spesialis sehingga meningkatkan prospek kerja anda. Kombinasi Sistem Informasi meliputi :

a) Accounting
b) Management
c) Marketing
d) Operation and Supply Chain Management

Selain mempelajari teknologi, Sistem Informasi juga diselingkan dengan bagian berbisnis sehingga dapat mengimplementasikan prodak teknologi dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

2. Areas of Study ( Bidang Studi )

  • Sistem Informasi melibatkan analisis dan perancangan sistem, termasuk bidang-bidang seperti jaringan komputer, keamanan informasi, manajemen basis data, dan sistem pendukung keputusan.
  • Manajemen Informasi menangani masalah praktis dan teoritis untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi di area fungsi bisnis. Topik meliputi alat produktivitas bisnis, pemrograman aplikasi dan implementasi, perdagangan elektronik, produksi media digital, data mining, dan dukungan keputusan.

Dari keterangan diatas, Sistem Informasi dapat berkorelasi dengan berbagai macam bidang dan lebih fleksibel sehingga membantu anda untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai yang anda inginkan. Disamping itu, ilmu yang diajarkan dapat membangun anda untuk lebih produktif dan komunikatif. Berikut adalah hal-hal yang menjadi keuntungan pribadi bagi anda, ialah :

  1. Dapat mengetahui berbagai macam informasi dengan lebih cepat dan akurat. Dengan mempelajari bagaimana sistem informasi manajemen maka anda akan lebih memahami bagaimana jalannya informasi dan penyaluranya, dengan begitu kita akan mudah dalam memperoleh informasi, selain itu jika anda mengetahui bagaimana sistem informasi tersebut maka anda akan memperoleh lebih banyak informasi dan dapat memperoleh informasi yang lebih akurat.

  2. Menambah pengetahuan anda terkait dengan teknologi informasi. Di masa ini anda dituntut untuk mengerti dan mengikuti perkembangan informasi, perkembangan informasi saat ini terkait dengan perkembangan teknologi. Dengan anda mengetahui sistem informasi maka anda juga akan lebih mengerti teknologi dan perkembanganya.

  3. Mempermudah anda dalam memanajemen berbagai hal. Misalkan saja anda seorang manajemen dalam perusahaan, jika anda mengetahui bagaimana anda dapat memperoleh informasi beserta sumber-sumbernya, maka anda dapat memperoleh data-data yang berperan penting dalam pengambilan keputusan. Selain itu dalam keseharian anda juga membutuhkan pengetahuan dalam sistem informasi managemen, sebab dengan melakukan berbagai hal anda perlu memperoleh sumber-sumber informasi guna mengambil keputusan yang benar, misalkan saja bagaimana penghasilan anda bulan ini, dan apa-apa saja yang anda butuhkan bulan ini, dengan begitu anda dapat mengatur anggaran untuk pengeluaran anda .

  4. Menambah pengalaman anda dalam memahami bagaimana pentingnya informasi yang tersistem baik dalam manajemen maupun hal lainya. Informasi memang merupakan sesuatu yang abstrak akan tetapi juga bukan berarti anda sembarangan dalam mecari sumber informasi, anda harus mengetahui bagaimana informasi tersebut disusun. Informasi yang tersistem akan memudahkan kita dalam memperoleh data yang anda butuhkan, selain itu anda juga dapat mengetahui keakuratan informasi tersebut. Pentingnya informasi yang tersistem tidak hanya dalam segi manajemen, tetapi juga dari berbagai hal, bahkan dari hal yang paling sederhana, misalkan saja mengenai urutan mahasiswa dalam absen, dosen membutuhkan informasi yang tersistem agar memudahkanya dalam memposting nilai untuk mahasiswanya, dan lain sebagainya.

  5. Anda dapat memperoleh kemudahan dalam menangkap informasi. Karena jika anda telah mempelajari bagaimana sistem informasi manajemen maka kita akan mengetahui bagaimana itu sistem, informasi dan manajemen. Dengan begitu kita dapat lebih mudah dalam menggunakan informasi yang disajikan, karena akan sia-sia saja jika anda disuguhkan dengan berbagai macam informasi akan tetapi anda tidak dapat memanfaatkanya secara tepat dan maksimal karena anda tidak begitu mengetahui mengenai sistem informasi manajemen.

  6. Mempermudah dalam memanajemen berbagai hal. Terutama bagi manajer yang sangat membutuhkan informasi sebagai inputnya maka dia wajib mengetahui berbagai hal terkait sistem informasi manajemen. Dengan mengetahui bagaimana sistem informasi manajemen maka seorang manajer dapat memperoleh dasar-dasar dlam penggunaan maupun penyampaian informasi, selain itu jika informasi yang dia peroleh berasal dari sumber yang tersistem dengan baik, maka berbagai keputusan yang dihasilkan juga akan berjalan dengan baik, karena apapun yang di hasilkan dari keputusan seorang manajer selain dari kehandalanya sebagai manajer tetapi juga terkait dengan bagaimana informasi-informasi yang diolahya.

Source :


https://www.dundee.ac.uk/esw/research/resources/learninginformationsystems/
https://www.business.auckland.ac.nz/en/for/future-postgraduates/study-options-7/postgraduate-programmes-1/disciplines-and-courses/information-systems/why-study-information-systems-1.html#641dace446ff8d93f7d3a465ff2ffdb4