Apa Keuntungan Face to Face pada Bisnis Era Digital Sekarang ini?

Pada kemajuan dunia Digital sekarang ini yang serba canggih, banyak keuntungan yang bisa kita pergunakan contohnya mengirim pesan lebih cepat, membeli barang melalui online-shop. Namun, tidak semua kemajuan tersebut menimbulkan dampak positif. Dampak negatif dari kemajuan ini yaitu berkurangnya komunikasi antar sesama , banyak masyarakat berkomunikasi melalui kirim pesan saja. Dalam dunia bisnis berkomunikasi melalui pesan sangatlah dihindari karena bisa menimbulkan salah paham, contohnya orang menrima pesan lalu berfikir nada pesan yang disampaikan kesannya marah, padahal tidak, semacam itulah kenapa dalam bisnis komunikasi melalui pesan harus dihindari. Banyak pebisnis lebih cenderung bertemu langsung atau Face to Face. Apa sajakah Keuntungan Face to Face pada Bisnis pada jaman sekarang ini ??

Di era digital modern ini, teknologi telah mengubah cara kita bekerja dan berkomunikasi. Rekan kerja dapat berkolaborasi tanpa mempedulikan lokasi mereka, karyawan dapat bekerja dari rumah, dan para pemimpin dapat mengirimkan pesan penting kepada staf secara efisien. Namun, terlepas dari keuntungan dari adanya teknologi komunikasi , ada banyak batasan yang masih ada, dan akan menjadi salah untuk anggapan bahwa komunikasi tatap muka di tempat kerja bisa kehilangan valuenya. Jadi lebih baik melakukan komunikasi secara face to face, ini adalah kelebihan apabila melakukan tatap muka

1. Hubungan kerja yang lebih kuat

Rasa kekeluargaan akan hadir dengan kemampuan untuk berinteraksi dan bersosialisasi, dan ini merupakan dasar untuk kepercayaan, dan akhirnya hubungan kerja antar individu akan lebih baik.

2. Persepsi Pikiran dan perasaan

Isyarat non-verbal sangat penting saat berkomunikasi seperti kata-kata yang kita ucapkan. Segala sesuatu dari bahasa tubuh dan ekspresi wajah terhadap perhatian dan keterlibatan dapat menunjukkan pemikiran dan perasaan yang berbeda tergantung lawan bicara yang menangkap, komunikasi yang harmonis dan nyaman akan meningkatkan pikiran dan perasaan pada lawan bicaranya tersebut.

3. Keterlibatan dan inovasi

Maksudnya Komunikasi tatap muka juga membantu membangun lingkungan kolaboratif yang memberi inspirasi dan memberi energi kepada lawan bicara untuk berpartisipasi dalam pertemuan, sesi brainstorming dan banyak lagi. Lingkungan tersebut dapat mendorong keterlibatan dan inovasi.

4. Komunikasi yang jelas dan singkat

Berapa kali email disalahpahami, salah baca atau dianggap oleh pihak lain bersikap kasar padahal bukan maksudnya? Percakapan tatap muka meminimalkan risiko miskomunikasi, mempromosikan praktik bisnis yang lebih efektif.

5. Dapat menangani masalah sensitif

Dengan percakapan langsung reaksi ekspresi muka akan terlihat apakah sedang marah atau sedang gembira. Hal ini dapat membantu mengubah percakapan yang menantang menjadi interaksi pengembangan kepercayaan.

Pentingnya percakapan nyata, bertemu langsung dan bertatap muka, tidak boleh diremehkan.