Apa Keuntungan Developer menggunakan Android Jetpack?

Sumber Gambar

https://www.raywenderlich.com/7032631-jetpack-compose-tutorial-for-android-getting-started

Apa keuntungan Developer menggunakan Android Jetpack ?

Jetpack adalah kumpulan library, arsitektur, dan alat untuk membuat pilihan termudah dan tercepat untuk membangun Aplikasi Android. Android Jetpack memiliki fitur yang menyediakan kode infrastruktur umum untuk fokus membuat aplikasi unik. Komponen Android Jetpack yang digunakan untuk pengembangan dan aspek arsitektur dirancang dari koleksi library. Android Jetpack tersedia untuk Android Studio 3.2 dan di atasnya dan telah dirancang serta dioptimalkan untuk Kotlin. Android Jetpack terinspirasi oleh library Android. Android Jetpack memiliki kompatibilitas ke belakang yang ditentukan dengan tingkat API Android spesifik yang sangat canggih. Biasanya, Pemrograman ini terutama cocok untuk asimilasi dukungan dalam kode. Jetpack bergantung pada berbagai platform dari berbagai versi yang ditargetkan untuk aplikasi bersama dengan penggunaan API.

Arsitektur komponen Android Jetpack dirancang berdasarkan pada kelas-kelas yang membantu mengelola siklus hidup komponen UI dan lebih mudah menangani persistensi data. Komponen Perilaku Android Jetpack sangat membantu dalam merancang aplikasi yang kuat, dapat dipelihara, dan dapat diuji. Komponen UI terutama cocok untuk membuat aplikasi untuk digunakan dengan fitur-fitur yang ramah. Komponen Android Jetpack sangat berguna untuk pengembangan aplikasi android dengan menambahkan dengan mudah memperbarui lebih banyak fitur dalam aplikasi.

Keuntungan menggunakan Android Jetpack:

  • Izinkan aplikasi berjalan di semua versi platform Android
  • Fungsionalitas independen
  • Kompatibilitas terbalik
  • Google menampilkan teknik desain terkini
  • Fitur produktivitas
  • Testabilitas yang lebih baik
  • Meningkatkan proses pengembangan aplikasi
  • Terintegrasi untuk menyelesaikan masalah
  • Berfungsi dengan baik

Komponen Utama Dengan Android Jetpack:

Work manajemen
Komponen kuat yang baru diperkenalkan adalah WorkManager oleh Google dan menawarkan solusi terbaik untuk tugas latar belakang berbasis kendala. WorkManager dijalankan terutama dengan mengganti kebutuhan lengkap untuk SyncAdapters.

Paging
Biasanya, setiap aplikasi populer menggunakan lebih banyak jumlah data dan itu bisa membuat pengguna jengkel hingga tingkat yang paling ekstrem. Komponen paging telah diperkenalkan oleh Google untuk dengan mudah memuat atau menyajikan sejumlah besar data dalam aplikasi. Paging meningkatkan kecepatan pengguliran tanpa akhir menggunakan RecyclerView yang akan memuat data paging berdasarkan jaringan dengan mudah melakukan pembaruan konten.

Navigasi
Pengembang menghadapi lebih banyak masalah di zaman modern ketika mengembangkan Navigasi dalam aplikasi sehingga sebagian besar pengembang android menggunakan Navigasi yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Google untuk menyusun lebih banyak Antarmuka Pengguna.

KTX Android
KTX Android secara resmi dinyatakan oleh Google untuk meningkatkan dukungannya untuk Bahasa Kotlin untuk mengembangkan aplikasi terbaik. Android Jetpack telah dirilis dengan mudah meningkatkan produktif serta mengubah kode lebih mudah terutama dengan kehadiran KTX Android

Android Jetpack adalah seperangkat komponen, fitur dan panduan untuk membuat aplikasi Android yang menakjubkan. Komponen Android Jetpack menyatukan Support Library dan Architecture Components yang ada dan menyusunnya menjadi empat kategori:

Komponen Android Jetpack disediakan sebagai library “unbundled” yang bukan merupakan bagian dari platform Android dasar. Ini berarti Anda bisa mengadopsi setiap komponen dengan kecepatan Anda sendiri, pada waktu yang Anda tentukan. Ketika fungsionalitas Android Jetpack yang baru sudah tersedia, Anda bisa menambahkannya ke aplikasi, menerapkan aplikasi Anda ke Play Store dan memberikan pengguna semua fitur-fitur baru dalam satu hari (jika Anda cepat)! Library Android Jetpack unbundled telah dipindahkan ke namespace androidx.* yang baru

Selain itu, aplikasi Anda bisa berjalan pada berbagai versi platform karena komponen Android Jetpack dibangun untuk menyediakan fungsionalitasnya secara independen dari versi tertentu, memberikan kompatibilitas mundur.

Selanjutnya, Android Jetpack dibangun menggunakan praktik desain modern seperti pemisahan kepentingan dan kemampuan uji serta fitur produktivitas seperti integrasi Kotlin. Hal ini sangat mempermudah Anda dalam membangun aplikasi berkualitas tinggi dan kuat menggunakan lebih sedikit kode.

Meskipun komponen Android Jetpack dibangun untuk bekerja bersama, mis. pengetahuan siklus hidup dan data langsung, Anda tidak perlu menggunakan semuanya – Anda bisa mengintegrasikan bagian-bagian Android Jetpack yang dapat menyelesaikan masalah Anda sembari mempertahankan bagian-bagian aplikasi Anda yang sudah bekerja dengan baik.

Yang Baru

Android Jetpack hadir dengan lima komponen baru:

  • Rilis alfa WorkManager
  • Rilis alfa Navigation
  • Rilis stabil Paging
  • Rilis alfa Slices
  • Rilis alfa Android KTX (Kotlin Extensions)

itulah kelebihan Android Jetpack yang bisa digunakan oleh Android Developer. Lowongan IT Jakarta

Sumber: developers-id.googleblog.com