Apa keuntungan dengan adanya VR dan AR?

Sekarang masyarakat dari semua kalangan disibukkan dengan game berkonsep AR (Augmented Reality). Dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa juga sering menggunakan alat ini. Jadi sebenarnya apakah keuntungan dengan adanya VR dan AR tersebut?

apakah keuntungan dengan adanya VR dan AR tersebut?

  • AR
    Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

  • VR
    Virtual Reality (VR) adalah suatu teknologi yang memungkinkan kita dapat merasakan suasana 3D yang nyata.Dengan simulasi yang ditampilkan dengan VR dapat menghemat biaya dan waktu.

Benefits adanya VR dan AR dari beberapa perusahaan binsis ,contohnya dari sebagai berikut.

Top 5 Manfaat VR & AR untuk Real Estat

  • Di Arsitektur & Real Estate , Pemasaran
    Setelah tahun yang sangat besar untuk Virtual Reality, banyak industri masih bisa memahami bagaimana mereka dapat menggunakan VR. Beberapa bisnis memberi kemudahan terutama pada teknologi Realitas Virtual dan Augmented Reality. Real Estate dan Arsitektur ada di antara mereka, dan inilah mengapa.

  • 1.Biaya Turun
    Virtual Reality memungkinkan pengembang mengganti rumah pertunjukan mahal, model skala, dan jaminan cetak - yang semuanya perlu didesain ulang dan dibuat ulang saat konsep berubah. Entah Anda sedang menunggu untuk memutuskan atau mencapai pasar tradisional Anda untuk menjual inventaris terakhir Anda, VR adalah cara yang efektif dan efisien untuk terhubung ke prospek baru.
    Augmented atau Mixed Reality memungkinkan pengembang untuk mempertahankan jaminan cetak, namun menambahkan opsi untuk mewujudkannya. Sebagai pengganti model skala dengan biaya dan keterbatasan yang terkait, AR adalah kombinasi cerdas dari tablet, aplikasi, dan brosur khusus. Tonton video di bawah ini untuk melihat cara kerjanya.

  • 2. Mencapai Prospek di Mana Saja
    VR memiliki kekuatan untuk menjangkau siapapun di dunia dalam hitungan menit. Dan tidak dengan PDF yang bisa diunduh, namun dengan pengalaman mendalam yang bermakna dan mengesankan. Sampaikan kualitas pekerjaan Anda dan manfaat produk Anda seperti seharusnya dilihat tanpa memerlukan prospek untuk melakukan perjalanan ke rumah pertunjukan Anda dalam jam operasional Anda.
    AR & MR dapat melintasi jarak yang jauh juga, menjangkau pengguna dengan kombinasi PDF dan aplikasi cetak yang membawa gambar datar dari halaman dan menjadi kenyataan.

  • 3. Buat Koneksi Emosional
    Karena VR menempatkan pengguna di dalam dunia baru, pengalamannya adalah salah satu yang diangkut. Bayangkan kesan rumah pertunjukan terbaik Anda saat dilihat untuk pertama kalinya. Sekarang bayangkan memunculkan reaksi itu secara virtual. Anda akan terkejut betapa takjubnya menerjemahkan dalam dunia maya.
    AR mencapai hubungan emosional juga, dimulai dengan kegembiraan, memicu kreativitas, dan sampai pada rasa puas akan sebuah keputusan yang dibuat dengan baik.

  • 4. Sesuaikan Setiap Permukaan
    VR lebih dari sekedar jalan-jalan. Interaktivitas meliputi perubahan pada dinding, lantai, kain, penghitung, dan bahkan model dan tata letak mebel. Berikan prospek Anda pengalaman hands-on yang menyenangkan untuk membuat rumah sendiri.
    AR memungkinkan kustomisasi, namun bisa bekerja sama dengan show suite atau display yang mungkin sudah Anda miliki. Gambar bisa mengubah kain dan selesai secara real time, tepat di show suite Anda, cukup dengan melihat ruang melalui tablet.

  • 5. Tangkap Setiap Angle Inside & Out
    VR dapat membawa pengguna berkeliling properti Anda, termasuk interior dan eksterior. Ingat, ini adalah media yang dengan mudah membuat pengguna terbang seperti burung. Terapkan fungsi itu ke rumah pertunjukan Anda dan Anda akan menawarkan pengalaman yang mengubah penjualan rumah menjadi perjalanan ajaib.
    AR mungkin tidak dapat meluncurkan pengguna ke tampilan udara orang pertama proyek Anda, namun dapat menggunakan brosur datar atau iklan majalah dan mengubahnya menjadi objek 3D. Pengguna memiliki model skala pribadi instan (dan hemat biaya) dimanapun, kapan saja.

source:


https://www.kaskus.co.id/thread/51ac750120cb179658000008/apa-sih-augmented-reality-itu/

AR (Augmented Reality) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan (memperlihatkan) benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata atau disebut juga siarannya berupa langsung yang berjalan secara interaktif dan adanya integrasi (penggabungan) antarbenda tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.

Kelebihan dari Augmented Reality adalah teknologi tersebut bisa menambahkan elemen elemen yang bisa diaplikasikan untuk semua panca indera kita. Untuk itu Augmented Reality digunakan dalam berbagai banyak bidang, diantaranya ialah bidang kesehatan, militer, industri manufaktur, serta Realitas Tertambah (Augmented Reality) juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam (handphone). Berikut ini adalah salah satu contoh Aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality pada smartphone ialah Layar.

VR (Virtual Reality) adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan atau keadaan yang disimulasikan oleh komputer atau dibuat lingkungan yang menyerupai atau tiruan dari lingkungan nyata atau asli dalam bentuk maya oleh komputer (Computer-simulated-environment) dan suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi seseorang yang tidak ada di lingkungan nyata.

Kelebihan dari Realitas Maya (Virtual Reality) sama dengan kelebihan Realitas Tertambah (Augmented Reality), tetapi pada VR tidak bisa diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam (handphone).

Kelebihan VR dan AR :

  1. Kelebihan utama augmented reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah sehingga augmented reality merebak secara cepat di berbagai bidang.

  2. Kelebihan lain dari augmented reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media.

  3. Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang dari susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung, hotel dan rancangan denah rumah.

  4. Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator.

  5. Dan game - game virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas, misal seperti Second Life, the sims , dan fable

Sumber :