Apa keuntungan dari melakukan Identifikasi Risiko?

identifikasi risiko

Identify Risk atau mengidentifikasi risiko merupakan hal yang penting baik itu dalam organisasi ataupun sebuah proyek. Apa keuntungan dari menerapkan identify risk pada organisasi / proyek?

1 Like

Identifikasi risiko sejauh ini merupakan fase paling penting dalam proses manajemen risiko. Terdapat beberapa manfaat dari identifikasi risiko, yaitu :

  • Manfaat yang paling jelas adalah bahwa semua risiko yang diidentifikasi pada awal proyek dipertimbangkan dalam strategi mitigasi. Hal ini pada gilirannya, menyiratkan bahwa semua risiko yang teridentifikasi kemungkinan besar akan berpotensi dipecahkan dengan cara yang direncanakan tanpa mempengaruhi tujuan proyek dan hasil akhirnya.

  • Manfaat lain dari identifikasi risiko adalah bahwa semua asumsi diturunkan dan dianalisis. Analisis asumsi merupakan langkah penting dalam menghilangkan potensi ketidakakuratan dan ketidakkonsistenan di awal proses itu sendiri.

Risiko tidak selalu negatif. Resiko positif (peluang yang bukan merupakan bagian dari rencana proyek asli) sering kali tersandung pada tahap identifikasi dan Anda dapat melakukan tindakan yang tepat untuk memanfaatkan risiko “peluang” ini sebaik mungkin. Hal ini pada gilirannya akan berdampak positif terhadap keseluruhan proyek atau bisnis.

source :
https://www.buzzle.com/articles/benefits-of-risk-management.html