Apa keuntungan dari adanya jaringan komputer?

jaringan_komputer

(act11) #1

Jaringan komputer merupakan jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer dapat berkomunikasi dengan bertukar data. Lalu apa saja manfaat atau keuntungan dari adanya jaringan komputer?


(Muhammad Ilham Maksum) #2

Jaringan Komputer adalah sebuah system yang memungkinan 2 atau lebih komputer / user untuk bertukar informasi dan data. Tujuan adanya jaringan computer adalah untuk memudahkan koordinasi antar user dalam bekerja. Berikut keuntungan adanya jaringan computer :

1. Kemudahan berkomunikasi
Dengan adanya Jaringan Komputer, seseorangan tidak perlu lagi harus berkumpul disuatu tempat untuk bertukar informasi, data, atau melakukan rapat. Karena dengan jaringan komputer, seseorangan dapat berkomunikasi dimana saja dan kapan saja secara real-time.

2. Hemat
Hemat disini mempunyai berbagai macam. Yang pertama adalah hemat waktu, jaringan komputer bisa dikatakan menghemat waktu karena tidak perlu secara langsung untuk bertukar informasi atau data, cukup dengan drag and drop data yang ingin kita berikan kepada seseorang sangat menghemat waktu yang kita miliki. Lalu untuk bertukar informasi dapat dilakukan dengan cara komunikasi via media sosial, yang hampir sama caranya yaitu dengan menulis pesan yang ingin kita sampaikan ke seseorangan baik pesan teks, gambar, maupun video. Yang kedua adalah hemat tenaga, ketika hemat waktu sudah diperoleh otomatis tenaga yang kita keluarkan juga berkurang karena tidak perlu bersusah payah kesana kemari untuk bertukar data dan informasi.

3. Murah
Untuk menginstall jaringan komputer di device kita cukuplah mudah dan tidak memerlukan biaya jutaan. Kita dapat membeli aplikasi yang terbilang cukup murah atau bahkan kita dapat langsung mengakses aplikasi yang opensource seperti Google Drive, Dropbox, Whatsapp, Line, dan banyak lagi.

4. Fleksibel
Dengan jaringan komputer kita dapat mengeksplorasi apapun sesuatu yang penting. Siapapun juga dapat mengakses segala informasi yang dibutuhkan dan dibagikan.

5. Keamanan data
Data dapat kita simpan di penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, One Drive dan banyak sebagainya. Penyimpanan data ke penyimpanan online atau cloud meminimalisir kehilangan data akibat human error atau musibah seperti kebakaran, gempa bumi, dll. Karena cloud dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Referensi :


(Aruf Rachman Hakim) #3


Sumber Gambar : www.inspiredtechs.com.au

Jaringan Komputer adalah sistem yang saling berhubungan antara perangkat komputer, telepon, atau komunikasi lain sehingga dapat berkomunikasi dengan satu sama lain dan berbagi aplikasi dan data. Terdapat berbagai macam jenis jaringan komputer, yaitu WAN, MAN, LAN, PAN dan HAN. Jaringan Komputer juga memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :

1. Jaringan komputer dapat membantu bisnis untuk berkembang
Dengan adanya jaringan komputer, perusahaan lebih mudah untuk menawarkan produk dan layanan mereka melalui internet. Hal ini dibilang cukup efektif karena dengan adanya jarigan komputer, penawaran produk dan layanan bisa berjalan cepat dengan waktu yang efisien.

2. Meningkatkan efisiensi volume penyimpanan
Jaringan komputer menggabungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Sehingga kita mendapatkan volume penyimpanan tambahan dari semua komputer yang terhubung di jaringan. Sebagai contoh, terdapat 10 komputer yang masing-masing penyimpanannya 2 terabyte. Jika dihubungkan dengan jaringan komputer, maka kita sekarang mempunyai 20 terabyte penyimpanan gabungan.

3. Bebas memilih metode jaringan komputer terbaik
Dengan hal ini, kita dapat memiliki sistem operasi yang berbeda pada berbagai jenis perangkat. Kita dapat menghubungkan smartphone Android, komputer Windows, Mac dan Tablet IOS dalam satu jaringan.

4. Fleksibilitas Akses
Dengan ada fleksibilitas akses, satu pekerjaan dapat dikerjakan dimana pun dan kapan pun. Jaringan komputer memudahkan kita untuk mengakses satu file dibeberapa perangkat. Sehingga ketika kita tidak membawa file, kita dapat mengakses diperangkat lain.

5. Menjadikan biaya perangkat lunak menjadi lebih murah
Kita dapat membeli satu perangkat lunak yang berlisensi dan menjalankannya di komputer pusat. Komputer Individu dalam jaringan tersebut mampu menjalankan contoh perangkat lunak tanpa memasang lisensi terpisah.

6. Adanya Database Terpusat
Kita dapat membuat database pusat yang dapat diakses oleh semua orang di semua perangkat mereka.

7. Mengamankan informasi yang bernilai
Adanya cloud storge seperti Dropbox, Google Drive, dan lain sebagainya dapat mengamankan data data kita dari kejahatan. Karena data-data tersebut tersimpan disuatu tempat dimana seseorang yang ingin mengakses data tersebut harus login terlebih dahulu.

Itulah beberapa manfaat dari jaringan komputer yang dapat kita manfaatkan penggunaanya dengan baik.

Referensi :


(A.PutraBangsawaan) #4

Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Masing-masing nodes berfungsi sebagai stasiun kerja (workstations). Salah satu nodes sebagai media jasa atau server, yaitu yang mengatur fungsi tertentu dari nodes lainnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri merupakan perpaduan anatara tenologi komputer dan juga teknologi komunikasi.

Keuntungan Adanya Jaringan Komputer

  1. Meningkatkan komunikasi dan ketersediaan informasi
  2. Berbagi perangkat seperti printer menghemat uang.
  3. Lisensi situs (perangkat lunak) cenderung lebih murah daripada membeli beberapa lisensi mandiri.
  4. File dapat dengan mudah dibagi antar pengguna.
  5. Pengguna jaringan bisa berkomunikasi melalui email dan instant messenger.
  6. Keamanan itu baik - pengguna tidak dapat melihat file pengguna lain tidak seperti pada mesin yang berdiri sendiri.
  7. Data mudah dicadangkan karena semua data tersimpan pada file server.

(Indrihana K. L.) #5

Saat ini untuk berinteraksi antar individu di dunia sangatlah mudah. Bahkan hanya sepersekian detik saja. Kemudahan ini tak lepas dari peran penting adanya jaringan komputer di seluruh dunia. Yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain bahkan lintas negara. Berikut adalah keuntungan yang didapat dari adanya jaringan komputer :

  1. Mudah diakses dari banyak perangkat
    Adanya jaringan komputer memudahkan banyak orang dalam mengakses suatu data tertentu/sama di waktu yang bersamaan dari tempat yang berbeda. Contoh dari penggunaannya adalah akses ke website atau world wide web.

  2. Video Conference
    Dalam beberapa perusahaan atau instansi, sering kali melakukan rapat melalui video calling. Kecanggihan ini juga memanfaatkan jaringan komputer berupa LAN dan WN. Sehingga memungkinkan adanya komunikasi antar pihak bahkan dari negara yang berbeda.

  3. Media Center Server
    Server ini digunakan untuk menyimpan file/media berdasarkan yang sering digunakan dalam suatu area. Di mana, server tersebutlah yang akan diakses oleh pengguna dan memungkinkan dapat diakses dengan cepat karena sudah terpusat.

  4. Menambah Kapasitas Penyirmpanan
    Dengan memiliki banyak komputer yang terhubung dalam satu jaringan, dan memanfaatkan kemudahan berbagi dalam jaringan, yang memungkinkan seseorang dapat menyimpan di komputer manapun.

  5. Dapat Diandalkan
    Sebuah komputer dalam satu jaringan akan berhubungan satu sama lain. Begitu pula dengan data-data yang ada. Sehingga jika salah satu komputer terserang virus, maka pengguna masih dapat mengakses data-data pada komputer tersebut melalui komputer lain yang tak terkena virus.

**Referensi : **