Apa keuntungan dan kekurangan yang bisa kita dapat dalam penggunaan aplikasi onlineshop?

Dengan adanya toko Online atau yang sering di sebut dengan Ol Shop memudahkan kita untuk belanja barang yang kita inginkan. Tidak perlu keluar rumah barang yang kita inginkan bisa kita miliki. Ol Shop memang sangat berperan bagi kita yang tidak sempat mengunjungi toko karena sibuk sekali dengan kerjaan yang kita punyai. Meskipun Ol Shop begitu membantu kita ternyata mempunyai kelebihan dan kekurangan. lalu apa saja kekurangan dan kelebihan aplikasi tersebut ?

Online shop, hampir semua orang saat ini mengenal dan familiar dengan kata online shop, apalagi untuk para wanita. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Hanya dengan membuka internet atau hape saja kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah. dalam aplikasi ini selain ada keuntungan dalam transaksi atau membeli suatu barang , ada juga kekuranganya . contoh kelebihan aplikasi ini

    • Tidak perlu menunggu waktu luang untuk pergi ke toko. jadi kita tidak perlu repot repot mondar mandir untuk memilik suatu barang , cukup melihat t dari ponsel pintar dan selesai .
    • Lebih hemat waktu dan tenaga, kita tidak perlu pergi dan mengelilingi mal untuk membeli barang yang kita butuhkan, cukup mengakses internet dan tidak perlu macet – macetan di jalan raya , apalagi bagi orang yang sibuk yang tak punya banyak waktu luang , pastinya sangat membantu .
    • banyak varian type yang ada , jadi kita tidak perlu untuk beralih ke toko toko yang lain untuk menemukan pakaian yang pas . dalam aplikasi ini sudah tersedia bermacam2 pakaian segala jenis , tiggal cari dan pilih.
      Shopping-Cart

lalu kekuranganya

    • Banyak kejadian setelah kita melakukan pembayaran ternyata barang yang kita pesan tidak di kirim. Hal ini yang membuat kualitas OL Shop menjadi turun dan kita juga harus hati – hati dalam melakukan Ol Shop.
    • Biaya cukup mahal karena di kenakan biaya jalan biasanya di sebut “ongkir” ongkos kirim. jadi di online shop kita dikenakan tambahan biaya untuk jasa pengiriman masing2 dengan harga sesuai jarak .
    • Kita tidak bisa mencoba barang yang kita pesan, seperti membeli pakaian kita hanya bisa memesan ukuran yang kita inginkan.

Di zaman milenial ini, kebutuhan sesorang tidak bisa terlepas dari internet. Segalnya dilakukan dengan internet. Bahkan kegiatan jual beli yang dulunya dilakukan dengan cara bertemu langsung dan bertukar uang untuk bertransaksi, kini bisa dilakukan hanya dengan satu klik melalui layar smartphone atau laptop kita. Dengan maraknya kegiatan traksaksi online ini kita harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bila menggunakan online shop di era modern ini.

Kelebihan yang kita dapat bila bertransaksi secara online adalah :

  1. Akses mudah, transkaksi cepat.
    Kalau dulu jual beli harus dilakukan dengan cara mendatangi toko konvensional, kemudian tawar menawar untuk mendapatkan barang, belum lagi bila antrian panjang, tentu membuat waktu kita tidak efisien. Selain harus mengeluarkan banyak tenaga untuk mencapai empat jual beli, transaksi secara tradisional terasa masih sangat tidak efisiein waktu, Wasting time, Sekarang hanya dengan mengklik layar smarthphone atau pc, kita bisa membeli barang tanpa harus kemana- mana bahkan transaksi tidak sampai berjam-jam. hanya beberapa menit dibandingkan harus antri di tempat penjualan.

  2. Range Marketing lebih luas
    Internet membaut segalnya menjadi lebih sempit. Segalanya dapat dicapai dengan mudah walau sebenarnya jaraknya hingga ratusan kilometer. Hal ini juga berdampak pada kegiatan e-commerce yang memanfaatkan internet. Kita tidak hanya bisa menargetkan pangsa satu daerah lokal saja, misal pasar tradisional. Namun, kita bisa menjangkau ke berbagai daerah hanya dengan sekali klik. Mudah bukan ?

  3. Irit Ongkos Jualan
    Tidak memeiliki toko fisik menyebabkan penjual bisa menghemat ongkos mereka dan memfokuskan pada sektor usaha mereka. Ini berdampak pada tingkat perkembanga usaha yang lebih cepat.

Selain beragam Kelebihan, Online shop juga memiliki kekurangan, yaitu :

  1. Ketergantungan pada koneksi internet
    Koneksi internet menjadi tumpuan wajib bagi online shop untuk menjaga transaksinya. Tanpa internet, sama saja jalan menuju mereka toko mereka tidak dapat dilalui. Akibatnya beragam tranksaksi akan terhambat. Karena itu, online shop butuh internet yang stabil.

  2. Kualitas barang tidak terjamin
    Keuntungan lain dari pembelian secar tradisional adalah kita bisa mengecek langsung kondisi barang yang kita beli dan memastikan kualitasnya. kalu barang jelek, kita bisa komplain pada pemilik toko dan meminta mengganti barang degan kualitas yang bagus. Pada online shop, hal ini tidak bisa dilakukan. Karena ketika kita sudah membeli dan mentransfer uang, kemudian barang yang kita terima cacat atau tidak sesuai dengan foto yang terpampang, pasti akan ada rasa kecewa.

  3. Adanya Ongkos tambahan yaitu ongkos kirim barang
    Bagi para penjual hal ini sedikit banyak berpengaruh. Apalagi bila jarak yang ditempuh semakin jauh, maka biaya akan semakin besar.

  4. Rawan Penipuan
    Tidak sedikit pula kasus peniupan berkedok online shop banyak terjadi. Contohnya, beberapa bulan kemarin ada pembeli yang memesan iPhone 7 Plus namun setelah barang sampai, pembeli mendapat dalam kardus kemasan hanta batu dan daun saja. Dalam oline shop keamanan menjadi faktor besar yang amat rentan dieksploitasi oleh para kriminal. Untungnya, para vendor aplikasi olshop telah meningkatkan keamanan mereka sehingga tidak terjadi lagi kasus-kasus penipuan di kemudian hari.